x

3 Kerugian Jika Robert Rene Alberts Rangkap Jabatan di Persib Bandung

Sabtu, 29 Februari 2020 20:09 WIB
Editor: Coro Mountana
3 Kerugian Jika Robert Rene Alberts Rangkap Jabatan di Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Dengan mundurnya Umuh Muchtar membuka peluang Robert Rene Alberts untuk merangkap jabatan sebagai pelatih dan manajer Persib Bandung.

Umuh Muchtar, merupakan sosok yang sangat ikonik bagi Persib Bandung dalam beberapa tahun ke belakang. Sepak terjang dan jasanya untuk Persib Bandung begitu sulit dilupakan oleh bobotoh yang memang tahu kalau Umuh Muchtar bekerja dengan hati.

Tidak adanya Umuh Muchtar, membuat posisi di kursi manajer Persib Bandung pun lowong menjelang bergulirnya Liga 1 2020. Akan tetapi, tampaknya Robert Rene Alberts bakal mengisi posisi itu sehingga mengharuskannya untuk rangkap jabatan.

Baca Juga

“Di Eropa ini hal yang normal, karena pada prinsipnya di Eropa, pelatih itu merangkap manajer. Tapi di Asia memang berbeda karena ada manajer tim dengan peran yang spesifik dan pelatih juga dengan peran yang spesifik," jelas Robert Rene Alberts ketika ditanya mengenai rangkap jabatan. 

Memang pada dasarnya di Eropa, rangkap jabatan sebagai pelatih dan manajer adalah hal yang lumrah. Akan tetapi di Indonesia, hal itu jarang terjadi sehingga bisa saja itu akan merugikan bagi Persib Bandung dan Robert Rene Alberts, apa saja itu?

Kurang Fokus

Pertama jelas bisa saja Robert Rene Alberts jadi kurang fokus karena terpecah konsentrasi dalam mengasuh Persib Bandung. Ketika biasanya ia hanya mengatur taktik dan susunan pemain saja, nanti juga harus mengatur bagaimana hal-hal non teknis tim.

Baca Juga

Memang Robert Rene Alberts bisa saja menjalankan kedua hal itu di Persib Bandung, tapi namanya juga manusia, bisa saja akan ada masanya mulai kehilangan fokus. Sekarang tinggal bagaimana Robert Rene Alberts mengatur fokusnya saja.

Kinerja Robert Rene Albert Tak Mengalami Check and Balance

Dengan tidak adanya manajer seperti Umuh Muchtar yang vokal terhadap tim, dapat membuat kerja Robert Rene Alberts di Persib Bandung jadi tidak ada check and balance. Alias, tidak ada yang bisa benar-benar memberikan pengawasan dan masukan terhadap Robert Alberts.

Seperti yang kita tahu selama ini, Umuh Muchtar selalu memberikan masukan dan pandangannya kepada pelatih agar Persib Bandung bisa berkembang. Dengan rangkap jabatan, jelas Robert Rene Alberts akan kehilangan sosok yang peduli dengan masukan briliannya.

Peran Umuh Muchtar Tak Tergantikan

Umuh Muchtar pastikan mundur jadi manajer Persib.

Pada akhirnya peran Umuh Muchtar rasanya tidak ada yang benar-benar bisa menggantikannya. Pak haji yang begitu dicintai oleh bobotoh dan pemain Persib Bandung itu memiliki kharisma yang tak bisa digantikan oleh siapapun.

Seandainya Robert Rene Alberts mampu menjalankan tugasnya sebagai manajer, tetap saja rasanya akan berbeda ketika posisi itu diisi oleh Umuh Muchtar.

Pada akhirnya kerugian-kerugian itu bisa diubah jadi keuntungan asalkan seluruh pendukung dan pemain Persib Bandung mendukung dan membantu Robert Rene Alberts demi memenuhi target juara Liga 1.

Persib BandungUmuh MuchtarBobotohRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABerita Liga 1

Berita Terkini