x

Membandingkan Jim Croque dan Bagus Kahfi, Siapa yang Cocok Jadi Penyerang Timnas Indonesia?

Jumat, 27 Maret 2020 19:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jim Croque dan Bagus Kahfi, sepertinya suatu saat nanti bakal berebut status sebagai penyerang masa depan Timnas Indonesia.

INDOSPORT. COM - Jim Croque dan Bagus Kahfi, sepertinya suatu saat nanti bakal berebut status sebagai penyerang masa depan Timnas Indonesia.

Berbicara soal Timnas Indonesia, memang akan selalu dihadapkan pada persoalan menggunakan pemain keturunan atau naturalisasi. Kehadiran pemain-pemain seperti ibarat dua sisi mata pisau, yakni menambah kekuatan Timnas Indonesia, atau memperkecil peluang berkembangnya produk lokal.

Lihat saja kiprah Timnas Indonesia beberapa tahun terakhir. Sektor penyerang, Timnas Indonesia tampak lebih sering bertumpu kepada penyerang naturalisasi yang usianya sudah tak muda lagi, Beto Goncalves.

Baca Juga
Baca Juga

Padahal kalau mau, sejatinya ada penyerang-penyerang lokal yang lebih muda dan layak diberi kesempatan. Namun entah kenapa pilihan tetap jatuh kepada nama Beto Goncalves.

Persaingan seperti ini rasanya berpotensi terulang kembali suatu saat nanti. Apalagi belakangan ada nama Jim Croque, penyerang remaja Eropa milik Vitesse Arnhem yang memiliki darah Jawa dan siap membela Timnas Indonesia.

Kehadiran Jim Croque bisa menimbulkan persaingan dengan wonderkid Timnas Indonesia, Bagus Kahfi. Seperti yang kita ketahui, Bagus Kahfi usianya masih sangat muda, namun sudah meraih banyak pencapaian manis di level junior.

Andai benar Jim Croque bakal bersaing dengan Bagus Kahfi untuk posisi penyerang Timnas Indonesia, siapa kira-kira yang bisa memenangkannya? Mari kita menakarnya lewat ulasan berikut.

Baca Juga
Baca Juga

Level Klub

Sektor pertama yang bakal diulas ialah mengenai karier Jim Croque dan Bagus Kahfi pada level klub. Perbandingan dari sektor ini, diyakini bisa memberikan gambaran lebih jauh.

Jim Croque, usianya kini masih 15 tahun. Begitu belia, karier sepak bola Jim Croque tengah dijalani bersama klub amatir Belanda, BFC Youth.

Meski demikian, Jim Croque musim depan dipastikan mengalami peningkatan karier. Pasalnya, Jim Croque telah menjalin kesepakatan untuk hijrah ke klub profesional sekaligus raksasa Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Beralih ke Bagus Kahfi, data Transfermarkt menuliskan status klubnya masih menjadi bagian skuat Barito Putera. Bagus Kahfi sendiri belakangan lebih sibuk membela Garuda Select di Inggris, dan sekarang sedang dibekap cedera.

Kalau membedah reputasi klub, Barito Putera jelas kalah dengan Vitesse Arnhem. Barito Putera hanya klub lokal Indonesia, sementara Vitesse tenar dengan label raksasa Eredivisie Belanda.

Akan tetapi, Bagus sejatinya beberapa kali diincar klub-klub Eropa. Salah satunya tim elite Liga Inggris, Arsenal, yang sempat ingin memboyong Bagus, namun terhalang masalah ranking FIFA.

Perbandingan level klub Jim Croque dan Bagus tergolong menarik. Masing-masing pemain punya nilai plus minus.

Jim Croque masih di klub amatir, tapi sudah pasti gabung raksasa Eropa. Sedangkan Bagus yang sudah mendapatkan klub profesional Indonesia, kariernya belum benar-benar mampu menembus pentas sepak bola Benua Biru.

Prestasi Internasional

Sektor lain yang perlu dibahas perbandingannya ialah karier Jim Croque dan Bagus Kahfi di level internasional. Siapa salah satu dari mereka yang lebih mentereng?

Jim Croque, merupakan pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia. Bila melihat data Transfermarkt, tak ada rekam jejak Jim Croque di level internasional.

Nama Jim Croque belum pernah diandalkan Timnas Belanda. Begitu pula dengan Timnas Indonesia, pengalaman Jim Croque masih nihil.

Sedangkan Bagus Kahfi, pencapaiannya di level internasional tergolong sudah cukup banyak. Ia pernah membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018.

Bahkan pada ajang itu, Bagus juga mampu menyabet penghargaan individu top skor. Capaian yang cukup cemerlang untuk ukuran penyerang muda Timnas Indonesia.

Berkaca dari segala penjabaran di atas, terlihat jelas bahwa reputasi Bagus terkait prestasi level internasional, lebih mentereng ketimbang Jim Croque.

BelandaTimnas IndonesiaBola InternasionalBagus KahfiSepak BolaJim Croque

Berita Terkini

Berita Terpopuler