x

Corona Mewabah, Karateka Sulsel Jaga Kebugaran Fisik untuk 2 Event Nasional

Selasa, 31 Maret 2020 04:25 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Karateka provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tetap menjaga kebugaran fisik di tengah pandemi virus corona di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Karateka provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tetap menjaga kebugaran fisik di tengah pandemi virus corona di Indonesia. Pasalnya, mereka tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti dua event nasional.

Ada pun kedua event yang dimaksud ialah Seleksi Nasional (Seleknas) yang seyogyanya dihelat pada Maret ini. Namun, event tersebut harus ditunda akibat Indonesia berada dalam status darurat bencana nasional non-alam.

Rencananya, jadwal terbaru Seleknas akan dihelat di Jakarta selepas Idul Fitri atau sekitar Juni nanti. Untuk itu, selama masa penundaan ini dimanfaatkan para karateka Sulsel untuk menjaga kebugaran fisik.

Baca Juga
Baca Juga

"Dalam menjaga kebugaran fisik, para atlet melakukannya di rumah masing-masing. Kami hanya memantau dan memberikan imbauan dengan berkomunikasi satu per satu dengan mereka," ungkap pelatih kepala Karate Sulsel, Mursalim Badoo, kepada INDOSPORT, Minggu (29/3/20).

Sementara event nasional kedua tentu saja pesta olahraga multicabang, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 pada Agustus mendatang. Sulsel meloloskan 10 atlet yang akan bertarung pada tujuh kelas.

Namun, Mursalim tak hanya fokus kepada ke-10 karateka yang lolos ke PON XX Papua, melainkan juga tetap mempersiapkan seluruh atlet Sulsel untuk bertarung di ajang Seleknas nanti yang akan menyeleksi 18 kelas.

Salah seorang karateka Sulsel, Krisda Putri, merasa lebih diuntungkan dengan latihan yang dilakukan di rumah. Sebab, karateka langganan tim nasional ini bisa lebih tenang dan fokus menjaga kebugaran fisiknya.

Baca Juga
Baca Juga

"Menjelang PON dan beberapa event nasional lain, saya membutuhkan hal yang bisa lebih meningkatkan fokus. Meski dilaksanakan di rumah, upaya ini bisa lebih maksimal karena teman-teman dari daerah sudah lumayan matang persiapannya," ucap peraih medali emas SEA Games 2019 ini.

Sulsel memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil karateka berkualitas di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan konsistensi mengisi tiga besar juara umum cabang olahraga (cabor) karate dalam dua edisi terakhir PON.

Pada PON XIX Jabar 2016, Sulsel menjadi juara ketiga umum cabor karate dengan koleksi dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Sedangkan PON XVIII Riau 2012, Sulsel menyabet status juara umum berkat raihan enam emas, dua perak, dan satu perunggu.

KaratePekan Olahraga Nasional (PON)Liga IndonesiaSulawesi SelatanBerita OlahragaVirus Corona

Berita Terkini