x

3 Mantan Pemain Asing Arema FC Kini Berstatus Bebas Transfer

Kamis, 2 April 2020 22:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Sedikitnya ada 3 mantan pemain asing Arema FC yang pernah berkiprah di Liga 1 kini berstatus bebas transfer.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 mantan pemain asing Arema FC yang pernah berkiprah di Liga 1 kini berstatus bebas transfer.

Setiap musim pentas Liga 1 kerap dihadiri oleh pemain asing yang baru saja berkarier di Indonesia. Bukan tanpa sebab mereka bisa didatangkan.

Pasalnya operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menetapkan aturan dimana setiap kontestan kasta tertinggi sepak bola nasional boleh mengontrak pemain asing.

Baca Juga
Baca Juga

Namun ada batas yang ditetapkan, yakni tiga pemain asing bebas dan satu dari kawasan Asia (3+1). Namun bisa saja klub mengontrak dua legiun Asia dan asing bebas atau lainnya.

Kehadiran pemain asing dinilai bisa berdampak pada persaingan dengan legiun lokal. Tak hanya itu para pemain nasional juga bisa belajar dari asing.

Skuat Arema FC jelang laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Persebaya Surabaya.

Kedatangan legiun luar negeri ini juga bisa mendongkrak pemasukan klub lewat penjualan pernak-pernik serta menggaet sponsor yang ada.

Sejak bernama Liga 1 pada 2017 lalu, klub asal Jawa Timur, tepatnya Malang, yakni Arema FC kerap mendatangkan pemain asing tiap edisinya.

Pos-pos yang kerap diisi ialah bek, gelandang, hingga striker. Meski begitu tak jarang performa pemain asing justru melempem.

Sehingga di pertengahan musim, beberapa pemain asing dinilai gagal dan akhirnya digantikan dengan legiun luar negeri yang baru.

Baca Juga
Baca Juga

Sejauh ini Arema FC telah mendaratkan cukup banyak pemain asing di era Liga 1. Namun beberapa di antara mereka ada yang masih berstatus bebas transfer.

1. Pavel Smolyanchenko

Jersey latihan yang dipakai Pavel Smolyachenko dianggap menjiplak desain aparel lain

Winger kanan asal Uzbekistan Pavel Smolyanchenko diketahui saat ini masih bersatus bebas transfer pasca dilepas Arema FC usai hanya tampil empat kali saja.

Pavel sempat didatangkan Arema FC pada awal Liga 1 2019 lalu. Namun performanya yang kalah dengan pemain lokal membuat manajemen tak ragu melepasnya.

Pada awal 2020, Pavel sempat menjalani seleksi di klub promosi Persiraja Banda Aceh. Akan tetapi dirinya tak jadi dikontrak dan kini tak memiliki klub.

2. Juan Pablo Pino

Mantan pemain Arema FC Juan Pablo Pino.

Berikutnya ada winger kanan kelahiran Kolombia Juan Pablo Pino yang juga berstatus bebas transfer usai tak diperpanjang Arema FC.

Pino pernah membela Arema FC pada pagelaran Liga 1 2017 lalu. Ada tiga gol dan satu assist dari 19 penampilan Pino bersama Singo Edan.

Usai dilepas, Pino sempat membela Barito Putera di Liga 1 2018. Namun kala tak diperpanjang lagi, Pino kini belum mendapatkan klub baru.

3. Srdan Ostojic

Srdjan Ostojic, mantan kiper Arema FC.

Terakhir ada kiper berpaspor Serbia berusia 37 tahun, yakni Srdan Ostojic yang sempat membela Arema FC di pentas pertengahan Liga 1 2018.

Ostojic hanya bermain sebanyak empat kali saja dengan menorehkan tujuh kebobolan dan satu nirbobol (clean sheet) kala berseragam Singo Edan.

Performanya yang jauh di bawah kiper-kiper milik Arema FC, membuat manajemen tanpa ragu melepasnya. Kini diketahui kalau Ostojic masih berstatus bebas transfer.

Liga IndonesiaArema FCLiga 1Juan Pablo Pino PuelloTRIVIASrdjan OstojicPavel SmolyachenkoBola IndonesiaShopee Liga 1Berita Liga 1

Berita Terkini