x

Legenda PSMS Ini Ternyata Pemain Indonesia Pertama yang Berkarier di Luar Negeri

Selasa, 7 April 2020 07:45 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
Kakak-beradik legenda PSMS Medan dan Timnas Indonesia era 1950-an, Ramli (kiri) dan Ramlan Yatim (kanan).

INDOSPORT.COM - Sebelum invasi Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman berkarier di Eropa, ternyata jauh-jauh hari sudah ada talenta muda Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Nama-nama pemain legenda seperti Ricky Yacobi, Rochi Putiray, hingga Kurniawan Dwi Yulianto, ternyata sudah lebih dulu menjajal kompetisi di luar Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, tahukah Anda bahwa selain nama-nama di atas, ada seorang pemain Indonesia yang diklaim sebagai perantau pertama ke luar negeri, yakni Ramlan Yatim.

Dia adalah pemain legendaris PSMS Medan di era tahun 1950-an atau di awal-awal klub berdiri. Bahkan dia adalah salah sosok pemain penting di timnas Indonesia pada era 1950-an dan awal 1960-an.

Sebelum merumput bersama PSMS, pemain kelahiran 1922 itu diketahui lebih dulu berkarier di luar negeri, tepatnya negeri tetangga dengan memperkuat tim Pahang dan tim Singapura dalam Piala Malaya (kini Malaysia).

"Yah, tahun itu kan Singapura masih bagian dari Malaysia. Jadi Ramlan Yatim main di sana kalau tidak salah 1948 dan 1949, sebelum akhirnya bermain di PSMS era 1950-an," kata pengamat dan pemerhati PSMS Medan, Indra Efendi Rangkuti, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (6/4/20).

Lanjut Indra, sang legenda juga memiliki prestasi saat mengikuti kompetisi ISNIS (Ikatan Sepak bola Negara Indonesia Serikat) dengan menjadi pemain terbaik di kompetisi ISNIS tahun 1950.

Baca Juga
Baca Juga

"Ramlan menjadi bagian dari timnas Indonesia di Olimpiade Melbourne 1956. Dia juga bagian dari skuat Timnas di Pra Piala Dunia 1958 dan saat timnas menjadi juara ketiga atau meraih medali perunggu Asian Games 1958 silam di Tokyo," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Ramlan merupakan saudara dari Ramli Yatim yang juga sesama legenda PSMS Medan dan Timnas Indonesia. Mereka berdua dan pemain PSMS lainnya dulu dijuluki 'The Killers'.

OlimpiadePSMS MedanRicky YacobiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaEgy Maulana VikriWitan SulaemanBola Indonesia

Berita Terkini

Berita Terpopuler