x

Selamat Ulang Tahun Robbie Fowler, Sang Dewa Anfield

Kamis, 9 April 2020 17:39 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Robbie Fowler, mantan penyerang andalan Liverpool di dekade 1990-an dan 2000-an merayakan ulang tahunnya yang ke-45 pada hari Kamis (09/04/20) ini.

Fowler diketahui bergabung di Liverpool sejak remaja, sebelum kemudian menerima kontrak profesional pada usia 17 tahun. Ketajaman sang penyerang langsung terlihat ketika ia mencetak hattrick pada pemampilan kelimanya bersama The Reds.

Secara total ia berhasil mencetak 183 gol sejak tahun 1993 hingga 2002 sebelum ia kemudian meninggalkan Liverpool untuk hijrah ke Leeds United. Dari Leeds kemudian Fowler berkarier bersama Manchester City sebelum pulang ke Liverpool pada Januari 2006.

Baca Juga
Baca Juga

Meski tak pernah berhasil membawa The Reds menjuarai Liga Inggris, Fowler meraih kesuksesan bersama Liverpool dengan meraih tiga gelar sekaligus pada musim 2000-2001 yakni Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA.

Pada masanya, Fowler memang terkenal sebagai penyerang yang mematikan bahkan sejak usia mudanya. Ia bahkan mencatat rekor sebagai pemain termuda (19 tahun) yang mencetak lebih dari 20 gol dalam satu musim.

Sepanjang kariernya ia telah mencetak total 163 gol di Liga Primer, yang menempatkannya di peringkat ketujuh pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi tersebut. Tak pelak, para penggemar Liverpool pun menjulukinya sebagai God––Dewa.

Hebatnya lagi, catatan gol itu bahkan tak mampu dikejar oleh para pemain legendaris Liverpool yang aktif setelah era Fowler seperti Steven Gerrard dan Michael Owen. Gerrard hanya mampu mengumpulkan 120 gol sementara Owen 150.

Namun meski memiliki kemampuan yang mumpuni, Fowler juga dikenal sebagai sosok yang bengal. Salah satu ulahnya yang paling terkenal adalah ketika ia merayakan gol dengan berpura-pura menghirup narkoba.

Baca Juga
Baca Juga

Aksi itu dilakukan sebagai tanggapan atas tuduhan yang dilontarkan berbagai pihak bahwa ia adalah seorang pencandu narkoba. Fowler kemudian dijatuhi hukuman larangan bertanding 4 laga akibat aksinya itu, tapi kelakuan itu justru semakin membuatnya dicintai fans Liverpool

Fowler kemudian meninggalkan Liverpool untuk kedua kalinya pada Juli 2007 untuk bergabung dengan Cardiff City. Dari situ kemudian ia melanglang buana bahkan meninggalkan Eropa untuk tampil di Liga Australia, sebelum akhirnya mengakhiri kariernya di Liga Thailand bersama Muangthong United.

Fowler kini melanjutkan kariernya di dunia sepak bola dengan menjadi pelatih utama di klub A League Australia, Brisbane Roar, yang merupakan milik pengusaha Indonesia yakni Grup Bakrie.

Selamat ulang tahun, Dewa Anfield!

LiverpoolManchester CitySteven GerrardMichael OwenRobbie FowlerBrisbane RoarLegenda OlahragaLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini