x

Vitesse Arnhem, Surganya Pemain Keturunan Indonesia di Belanda

Selasa, 26 Mei 2020 05:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
Vitesse Arnhem, klub Belanda ini jadi surganya pemain keturunan Indonesia di Belanda, mulai dari Messi Maluku hingga Jayden Houtriet.

INDOSPORT. COM - Vitesse Arnhem, klub Belanda ini jadi surganya pemain keturunan Indonesia di Belanda, mulai dari Messi Maluku hingga Jayden Houtriet.

Fenomena pemain keturunan Indonesia memang sudah sering terjadi. Terutama bila berbicara pentas sepak bola Belanda, mungkin masih banyak pemain keturunan yang belum terdeteksi identitasnya.

Maklum saja, sejarah menuliskan bahwa Belanda 350 tahun menjajah Indonesia. Rentang waktu masa kolonial yang sangat lama itu, lantas turut menghasilkan peranakan blasteran Indonesia-Belanda, yang kini berdampak pula terhadap ranah sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Kalau dilihat lebih detail lagi, ternyata ada satu klub Eredivisie Belanda yang terbilang jadi surganya para pemain keturunan. Klub yang dimaksudkan itu ialah Vitesse Arnhem.

Merangkum data Transfermarkt, Vitesse setidaknya mempunyai tiga pemain keturunan Indonesia, yakni Jim Croque, Xiamaro Thenu, dan Jayden Houtriet. Ketiganya sama-sama berusia belasan tahun, sehingga masih bermain untuk Vitesse level junior.

Jim Croque

Jim Roberto Croque pemain keturunan Indonesia.

Jim Croque merupakan penyerang blasteran yang memiliki darah Jawa. Posisinya sebagai penyerang, dan baru mulai musim depan gabung Vitesse U-17.

Bomber berusia 15 tahun ini diboyong Vitesse dari klub amatir, BFC Bussum. Vitesse pun akan jadi klub profesional pertama Jim Croque sebagai pesepak bola.

"BFC hanya tim amatir, tapi musim depan saya pindah ke Vitesse, klub profesional. Saya mendapat kesepakatan bermain satu tahun bersama Vitesse," ungkap Croque, kepada INDOSPORT.

Baca Juga
Baca Juga

Xiamaro Thenu

Xiamaro Thenu

Selanjutnya, Xiamaro Thenu, kisah pemain berdarah Maluku ini kurang lebih mirip-mirip seperti Jim Croque. Xiamaro Thenu juga baru musim depan akan gabung Vitesse U-17.

Agak berbeda, Xiamaro lebih berposisi sebagai penyerang sayap atau winger. Banyak yang menyebut Xiamaro punya gaya permainan mirip Lionel Messi. 

"Saya pernah bermain FC Utrecht selama lima tahun, selanjutnya pindah ke SV Houten dua tahun terakhir ini, dan musim depan gabung Vitesse," tutur Xiamaro Thenu kepada INDOSPORT.

Jayden Houtriet

Jayden Houtriet, Pemain Keturunan Indonesia di Vitesse

Terakhir ada nama Jayden Houtriet. Ia gabung Vitesse sejak 2011, perlahan mengembangkan diri dari jenjang akademi, hinggga sekarang ke level U-19.

Identitas Jayden Houtriet sebagai pemain asal Indonesia, terlihat dari akun Instagram pribadinya. Bagian bio, Jayden Houtriet memasang gambar bendera Indonesia, bersanding dengan bendera Belanda.

Hal itu tampak menjelaskan bahwa Jayden Houtriet punya darah keturunan Indonesia. Jika benar, mungkin suatu saat nanti Jayden Houtriet bisa turut membela Timnas Indonesia, entah lewat jalur naturalisasi terlebih dahulu atau tidak.

BelandaVitesse ArnhemBola Internasional

Berita Terkini

Berita Terpopuler