x

Juga Gonzales, Intip Nilai Transfer 4 Striker Sepak Bola Tertua Dunia

Rabu, 27 Mei 2020 13:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Tak ada salahnya mengintip nilai transfer 4 striker sepak bola tertua dunia, termasuk di dalamnya eks Timnas Indonesia Cristian Gonzales.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya mengintip nilai transfer 4 striker sepak bola tertua dunia, termasuk di dalamnya eks Timnas Indonesia Cristian Gonzales.

Striker sepak bola secara umum memiliki usia yang cukup pendek mulai dari 17 sampai 34 tahun dalam berkarier di berbagai kompetisi sejauh ini.

Hal luar biasa ketika bisa para striker bisa menjaga kondisi agar tetap prima selama semusim. Karena dapat menjadi nilai plus bagi sang penyerang.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang dapat mengganggu penampilan tiap striker mulai dari cedera, akumulasi kartu, dan sebagainya.

Hal itu kemungkinan bisa membuat citra kurang baik bagi karier sang striker. Tetapi bisa ditepis lewat kerap cetak gol dan raih trofi mentereng.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika memasuki usia-usia rawan, tepatnya 30 tahun ke atas, para striker sudah harus mempersiapkan diri memasuki lingkungan yang anyar.

Sebab, beberapa di antara mereka mulai tergerus dengan para talenta muda atau pemain matang. Maka, tak jarang penampilan bisa berkurang akibat termakan usia.

Kendati demikian, ada beberapa striker yang cukup langka dan bisa menghapus semua anggapan kalau sudah tua tak bisa lagi tampil baik terhadap klub.

Berikut ini ada striker tertua dunia yang diketahui masih aktif bermain berdasarakan data penyedia statistik pemain sepak bola, Transfermarkt.

1. Cafu

Gomes Arlindo Semedo (kiri) dibayangi Kristof D Haene (kanan) pada laga Cercle Brugge vs Anorthosis Famagusta, 29 Juli 2010.

Striker tertua di dunia yang masih aktif sejauh ini ialah Arlindo Gomes Semedo alias Cafu. Pria kelahiran Lisbon, Portugal ini tengah berusia 42 tahun.

Cafu diketahui bermain untuk klub kasta rendah Portugal FC Maia Lidador sejak 2017 hingga kini. Total 29 gol dari 79 laga telah dibuat.

Di sisi lain, Cafu memiliki nilai transfer hingga Rp791 juta (50 ribu Euro) per 14 Maret 2016 silam. Jumlah ini ke depannya masih bisa berubah.

2. Eugenio Peralta

Mantan striker Clube Atletico San Miguel (Liga Argentina), Eugenio Peralta (Paraguay).

Selanjutnya ada striker asal Paraguay Eugenio Peralta yang juga menjadi salah satu pemain tertua di dunia dan masih aktif bermain sejauh ini.

Peralta lahir pada 16 Desember 1977 (42 tahun) dan saat ini tengah membela klub Liga 1 Andorra IC d'Escaldes serta dikontrak semusim (2019-20).

Sementara itu Peralta memiliki nilai transfer hingga Rp791 juta (50 ribu Euro) per 20 Februari 2019. Nominal tersebut masih bisa berganti.

3. Cristian Gonzales

Mantan striker PSIM Yogyakarta Cristian Gonzales akan melakukan selebrasi usai selebrasi.

Berikutnya ada eks Timnas Indonesia Cristian Gonzales. Pemain naturalisasi ini juga menjadi salah satu striker tertua dunia yang masih aktif bermain.

Gonzales saat ini berusia 43 tahun karena lahir pada 30 Agustus 1976 silam di Uruguay. Gonzales sampai saat ini belum mendapatkan klub baru usai membela PSIM musim lalu.

Gonzales juga masih memiliki nilai transfer, yakni mencapai Rp791 juta (50 ribu Euro) per 5 Juli 2018 silam. Angka tadi bisa berbeda ke depannya.

4. Kazuyoshi Miura

Striker Yokohama FC Kazuyoshi Miura (Jepang).

Terakhir ada mantan striker Timnas Jepang Kazuyoshi Miura yang juga merupakan salah satu pemain tertua dunia dan diketahui masih aktif bermain.

Kazuyoshi saat ini masih membela klub J1 League Yokohama FC dan dikontrak hingga 31 Januari 2021 mendatang. Kazuyoshi sendiri berusia 53 tahun (26 Februari 1967).

Kendati begitu, Miura menjadi striker tertua dunia dengan nilai transfer rada mendingan yakni Rp1,5 miliar (100 ribu Euro) per 28 Desember 2019 lalu.

JepangPortugalIndonesiaCristian GonzalesKazuyoshi MiuraParaguayBola InternasionalTRIVIASepak Bola

Berita Terkini