x

Ada Incaran AC Milan, Ini Pemain Australia yang Gemilang di Indonesia

Minggu, 31 Mei 2020 16:04 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Aksi pemain yang sempat diincar AC Milan, Mario Karlovic (kiri) saat masih membela Brisbane Roar di Liga Australia pada tahun 2009

INDOSPORT.COM - Termasuk gelandang yang sempat menjadi incaran AC Milan, berikut pemain Australia yang tampil gemilang di Liga Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Peserta Liga Indonesia sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang gemar mendatangkan pemain Australia untuk melengkapi kuota pemain asing Asia mereka, selain Korea Selatan atau Jepang yang memang telah jadi langganan.

Bahkan pada musim 2020, jumlah pemain Australia yang tampil di Liga Indonesia mencapai empat orang yang terdiri dari Aryn Williams (Persebaya), Jacob Pepper (Madura United), Ante Bakmaz (Persik), dan Aaron Evans (PSS Sleman).

Baca Juga
Baca Juga

Dari sekian banyak pemain Australia yang tampil di Indonesia, sosok Mario Karlovic belakangan ramai diperbincangkan lantaran kiprah gemilangnya bersama Persebaya pada tahun 2012 lalu.

Lantas bagaimanakah kiprah Mario Karlovic serta siapa pemain Australia lain yang tampil impresif kala mentas di Liga Indonesia? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas.

Mario Karlovic

Mario Karlovic (kiri) saat masih bermain di Liga Australia di tahun 2009.

Pemain Australia yang tampil impresif pertama di Liga Indonesia adalah, Mario Karlovic. Gelandang jebolan Torino di Serie A tersebut berhasil menarik hati pecinta sepak bola Tanah Air khususnya para fans Persebaya periode 2012 lalu.

Sebab saat berseragam Bajul Ijo, namanya semakin dikenal bahkan sempat masuk dalam skuad Indonesia Selection saat menghadapi Inter Milan di laga uji coba pada 2012 kemarin.

Bersama Persebaya, pemain yang sempat diincar AC Milan lantaran tampil gemilang di Kualifikasi Piala Dunia U17 ini berhasil bertahan selama dua musim dan mencatatkan 66 laga dan sukses mencetak 16 gol.

Berkat kegemilangannya tersebut, nama Karlovic pun laris manis di bursa transfer kompetisi ASEAN dan berhasil malang melintang di Liga Malaysia usai hengkang dari Persebaya. Tercatat, sejumlah tim besar Negeri Jiran pernah ia bela seperti Terengganu FC, ATM FA dan Kuala Lumpur FA.

Robbie Gaspar

Berikutnya ada Robbie Gaspar, gelandang kelahiran Perth tersebut bisa dibilang sebagai pemain Australia paling sukses di Liga Indonesia lantaran bisa bertahan hingga tujuh tahun di Tanah Air.

Eks Persib Bandung tersebut juga menjadi pemain asal Negeri Kangguru terlama yang mentas di Liga Indonesia, bahkan Gaspar dikabarkan telah fasih berbahasa Indonesia.

Memulai karir di Indonesia dengan memperkuat Persita tahun 2005, jebolan akademi HNK Hajduk Split ini melanjutkan kiprahnya dengan berkelana ke sejumlah tim lokal seperti Persiba Balikpapan, Persema dan terakhir Persib Bandung.

Andrew Barisic

Andrew Barisic (kiri) saat memperkuat klub Australia, Gold Coast

Tidak banyak penyerang Australia yang bisa bersinar di Liga Indonesia, bahkan beberapa nama yang menyandang gelar terbaik terlihat melempem saat menghadapi para kontestan Liga Tanah Air.

Sebut saja nama-nama macam Reinaldo Elias dan Bruce Djite, keduanya merupakan striker yang berpengalaman di Liga Australia bahkan pernah meraih juara disana. Namun saat menapaki karier di Indonesia, ketajaman keduanya malah hilang.

Meski begitu, sosok Andrew Barisic bisa menjadi sebuah pengecualian lantaran performa impresifnya saat memperkuat Persebaya di ajang Liga Primer Indonesia musim 2011/2012 lalu.

Pada musim debutnya di Liga Indonesia, pemain yang pernah memperkuat Melbourne Knights berhasil mencetak 11 gol dari 14 pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

Aaron Evans

Aaron Evans, pemain PSM Makassar.

Terakhir ada Aaron Evans, pemain bertahan yang penampilanya selalu menjanjikan di tiap musim. Hampir mirip dengan Robbie Gaspar, jebolan ACT Academy of Sport ini juga telah lama menetap di Indonesia tepatnya sejak 2017 lalu.

Masih berusia 25 tahun, peforma Aaron Evans berhasil membuatnya malang melintang di klub ternama Tanah Air seperti Barito Putera PSM Makassar hingga terakhir PSS Sleman yang bertahan hingga musim ini.

Salah satu pencapaian terbaik Aaron Evans saat di Indonesia adalah gelar Piala Indonesia, yang ia dapatkan bersama PSM Makassar pada tahun 2019 lalu. 

Selain itu, Evans juga berhasil menghantarkan PSM melangkah ke babak semifinal West Asia Zone Piala AFC 2019. Bahkan ia mencetak satu gol di leg kedua kala menghadapi Becamex Bình DÆ°ong.

AustraliaAC MilanLiga IndonesiaLiga 1Aaron EvansBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini