x

Ketika AC Milan Jadi Sekolah Pelatih Muda Berbakat Eropa

Senin, 6 Juli 2020 07:00 WIB
Editor: Coro Mountana
Filippo Inzaghi, jebolan AC Milan yang kini jadi pelatih ternama di Italia.

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Filippo Inzaghi membawa Benevento promosi ke Serie A Italia, sekali lagi membuktikan kalau AC Milan adalah sekolah pelatih muda berbakat Eropa.

Masih segar dalam ingatan kita ketika Inzaghi pertama kali melatih AC Milan 6 tahun lalu saat masih berusia 42 tahun. Hanya berbekal pengalaman melatih tim muda AC Milan, Inzaghi yang notabene adalah seorang legenda, diharapkan dapat membawa kembali kejayaan tim.

Baca Juga
Baca Juga

Namun palu pemecatan yang justru datang menimpanya sehingga membuat Inzaghi harus angkat kaki dari AC Milan. Namun bukan Inzaghi namanya jika tak punya mental baja, ia bangkit dan melatih Benevento sejak musim lalu.

Secara heroik dengan keunggulan hingga 21 poin dan masih menyisakan 6 pertandingan, Inzaghi sukses membawa Benevento juara Serie B sekaligus promosi Serie A Italia. Kesuksesan Inzaghi kembali menjadi bukti bagaimana AC Milan selalu sukses melahirkan para pelatih muda berbakat Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Bak seperti Ajax Amsterdam yang merupakan salah satu Sekolah pemain muda berbakat terbaik di Eropa. AC Milan, adalah tempat dari Sekolah pelatih muda berbakat di Eropa dengan Inzaghi menjadi salah satu contohnya.

Memang benar Inzaghi hanya menang Serie B saja, tapi keunggulan yang begitu jauh tetap perlu menjadi catatan khusus. Sejatinya, Inzaghi tidak sendiri, masih ada banyak nama pelatih berbakat yang justru lahir dari AC Milan, siapa saja?


1. AC Milan, Sekolah Pelatih Muda Berbakat di Eropa

Filippo Inzaghi sebagai pelatih Benevento.

Setidaknya ada 5 nama termasuk Inzaghi yang merupakan produk lulusan terbaik pelatih muda berbakat yang namanya sukses di Eropa. Rata-rata mereka menangani AC Milan pada umur 42 tahun, usia di mana Gianluigi Buffon saja masih bermain untuk Juventus, sehingga masih muda untuk seorang pelatih.

Gennaro Gattuso

Kita mulai dengan yang teranyar lainnya yaitu keberhasilan Gennaro Gattuso membawa Napoli juara Coppa Italia kemarin dengan mengalahkan Juventus. Padahal seperti yang kita tahu, Gattuso masuk menjadi pelatih ketika Napoli sedang hancur lebur bersama Carlo Ancelotti.

Namun dengan mental badaknya, ia sanggup memotivasi pemain Napoli hingga sanggup bangkit dan bahkan mengalahkan Juventus di final Coppa Italia. Padahal semua orang masih tidak bisa lupa bagaimana pertama kali Gattuso menangani AC Milan di usia 39 tahun.

Gattuso saat itu berhasil membangun mentalitas para pemain AC Milan, namun dirinya dilengserkan setelah dianggap sebagian tifosi sebagai pelatih miskin taktik. Akan tetapi, pengalamannya di AC Milan telah membuat Gattuso jadi pelatih dewasa dan sukses di Napoli untuk saat ini.

Massimiliano Allegri

Pelatih asal Italia Massimiliano Allegri.

Sebelum Gattuso meraih kesuksesan bersama Napoli, ada produk lulusan lainnya dari sekolah pelatih AC Milan yaitu Massimiliano Allegri. Sebelum menangani AC Milan pada usia 42 tahun, siapa mengenal Allegri? Rekam jejaknya hanya menangani tim sekelas Cagliari saja.

Namun begitu dikasih kesempatan melatih AC Milan, Allegri belajar banyak dan mulai mendapatkan banyak ilmu dari sekolah pelatih yang terletak di San Siro itu. Hasilnya Allegri sukses membawa AC Milan menjuarai Serie A Italia dan Supercoppa Italiana.

Lulus dari AC Milan, Allegri pun mengambil tantangan untuk melatih Juventus dan terbukti sukses dengan berbagai macam trofi berhasil didatangkan. Namun dikarenakan gagal di Eropa dan tidak mampu bermain cantik, Allegri pun didepak Juventus.

Carlo Ancelotti

Senior Allegri di sekolah Pelatih AC Milan, ada Carlo Ancelotti yang lebih dulu meraih banyak kesuksesan. Tepat di usia 42 tahun, Ancelotti datang untuk melatih AC Milan setelah sempat menangani Juventus, Parma dan Reggiana.

Meski sempat melatih Juventus, tapi prestasi yang didapatkan hanya juara Piala Intertoto saja. Berbeda dengan apa yang didapatkan Ancelotti bersama AC Milan dengan memenangkan Serie A Italia, Coppa Italia, Supercoppa Italiana, 2 gelar Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Di AC Milan juga, Ancelotti belajar banyak hingga menemukan formasi pohon natal andalannya yakni 4-3-1-2. Selepas lulus dari AC Milan, Ancelotti malah mendapatkan banyak gelar di mana pun ia berada baik itu di Chelsea, Paris Saint-Germain, Real Madrid, hingga Bayern Munchen.

Arrigo Sacchi

Arrigo Sacchi mantan pelatih AC Milan.

Arrigo Sacchi, bisa dikatakan adalah murid pertama yang sukses menjadi pelatih berbakat di Eropa setelah mulai menangani AC Milan. Datang ke AC Milan pada usia 41 tahun, Sacchi datang hanya dengan rekam jejak melatih tim senior Rimini dan Parma saja.

Namun, bersama AC Milan, Sacchi belajar banyak hingga membuat tim memenangkan semua gelar kecuali Liga Champions saja. Jangan lupa juga, Sacchi adalah salah satu peletak dasar filosofi dan mentalitas permainan menakutkan AC Milan pada era 90-an hingga 2000-an.

Pada akhirnya, AC Milan mungkin saat ini masih belum bisa menelurkan pemain muda berbakat di Eropa lagi. Tapi setidaknya, tradisi menjadi sekolah pelatih muda berbakat di Eropa kembali dilanjutkan sejak Sacchi hingga kini Inzaghi.

Serie A ItaliaAC MilanCarlo AncelottiMassimiliano AllegriFilippo InzaghiGennaro GattusoArrigo SacchiPelatihIn Depth SportsFeature

Berita Terkini

Berita Terpopuler