x

Kisah 2 Pemain Indonesia yang Bahu Membahu di Klub Kasta Kedua Liga Inggris

Selasa, 7 Juli 2020 22:10 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kisah 2 Pemain Indonesia yang Bahu Membahu di Klub Kasta Kedua Liga Inggris

INDOSPORT. COM - Dua pemain Indonesia diketahui ada yang saling bahu membahu menjadi rekan setim di klub kasta kedua Liga Inggris.

Kedua sosok pemain Indonesia yang dimaksudkan adalah Massimo Luongo dan Joey Pelupessy. Keduanya memang merupakan pemain yang punya darah keturunan Indonesia.

Luongo statusnya blasteran Italia, Australia, dan Indonesia. Namun soal karier internasional, Luongo lebih memilih membela Australia.

Baca Juga
Baca Juga

Nama Luongo bahkan sangat sering membela Australia di laga-laga internasional. Pemain berusia 27 tahun itu telah mengemas 43 penampilan serta mengoleksi enam gol.

Beralih ke Joey, dirinya memiliki latar belakang blasteran Belanda dan Indonesia. Karier internasional Joey lebih berpihak kepada Belanda.

Meski begitu, Joey belum pernah sekalipun mendapat kesempatan membela tim senior Belanda. Joey hanya bisa menorehkan dua penampilan dengan level Belanda U-20.

Karier Luongo dan Joey kini bernanung dalam klub yang sama. Keduanya tengah membela klub kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship, Sheffield Wednesday.

Baca Juga
Baca Juga

Luongo gabung Sheffield Wednesday sejak musim panas 2019. Sementara Joey lebih dulu merapat pada masa bursa transfer musim dingin 2018, setelah diboyong dari klub Liga Belanda, Heracles Almelo.


1. Performa Luongo dan Joey

Pemain berdarah Indonesia Joey Pelupessy, saat memperkuat klub Liga Inggris Sheffield Wednesday.

Secara posisi, Luongo dan Joey perannya kurang lebih mirip, yakni sebagai gelandang tengah. Bedanya, Luongo fungsinya fokus untuk menyerang, sedangkan Joey cenderung menjaga kedalaman membantu pertahanan.
 
Khusus musim 2019/20, Luongo dan Joey tampak kesulitan mendapat menit bermain reguler. Luongo baru 22 kali tampil dan Joey cuma mengemas 13 penampilan dari total 41 laga Sheffield Wednesday di Divisi Championship.

Kontribusi Luongo sejauh ini menghasilkan tiga gol. Menariknya, ketiga gol Luongo itu selalu mampu menjadi penentu kemenangan Sheffield Wednesday.

Dua gol pertama dicetak Luongo saat membawa Sheffield Wednesday menang 1-0 atas Wigan (5 Oktober 2019) dan Stoke City (22 Oktober 2019). Satu gol sisanya tercipta kala Sheffield Wednesday mengandaskan Bristol City 2-1, 20 Juni 2020 lalu. 

Beda dengan Joey yang sampai sekarang belum menghasilkan satu gol pun. Joey bahkan sudah menderita puasa gol di Sheffield Wednesday sejak musim lalu.

Peran Luongo dan Joey ternyata tidak bisa membuat Sheffield Wednesday berbicara banyak di kasta kedua Liga Inggris. Sheffield Wednesday kini hanya duduk di peringkat 15 klasemen, jauh sekali untuk meraih tiket promosi.

Pahitnya lagi, lima pertandingan terakhir Sheffield Wednesday, tiga di antaranya harus berakhir dengan kekalahan. Kinerja Luongo dan Joey mengisi lini tengah belum cukup ampuh memberikan prestasi manis kepada Sheffield Wednesday.

Kebersamaan Luongo dan Joey di skuat Sheffield Wednesday mungkin akan segera berakhir. Kontrak Joey tercatat habis pada penghujung musim ini, tapi belum jua mendapat perpanjangan.

IndonesiaMassimo LuongoLiga InggrisBola InternasionalSepak BolaJoey Pelupessy

Berita Terkini

Berita Terpopuler