x

5 Bintang Sepak Bola yang Sempat Jajal Pekerjaan Tak Terduga

Rabu, 8 Juli 2020 21:59 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Berikut tersaji lima pemain sepak bola yang ternyata sempat mencoba pekerjaan lain yang sangat tidak terduga dalam kehidupan mereka.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima pemain sepak bola yang ternyata sempat mencoba pekerjaan lain yang sangat tidak terduga dalam kehidupan mereka.

Sepak bola merupakan olahraga yang mampu membuat setiap pemain menjadi megabintang tenar yang dikenal di seluruh penjuru dunia. Contohlah Cristiano Ronaldo, dimana ia bisa jadi pemain terkaya di dunia.

Meski demikian, hingar-bingar di gemerlapnya dunia sepak bola tidak akan selamanya mereka rasakan, khususnya setelah pensiun. Jika beruntung, setiap pemain bisa melanjutkan karirnya sebagai pelatih sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Namun jika tidak, mereka akan mencoba mencari pekerjaan lain yang bisa membantu mereka tetap bertahan hidup. Tentu, hal ini tak selalu terjadi. Bisa saja seorang pemain memang sudah bosan dengan dunia sepak bola dan ingin mencoba hal baru selepas pensiun.

Seperti lima pemain bola berikut ini. Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, mereka pernah mencoba pekerjaan yang sangat tak terduga seperti guru SD, detektif, sampai sopir ambulans.

1. Eric Cantona (Aktor)

Tak disangka, legenda Manchester United yang bernama Eric Cantona mencoba nasibnya ke dalam dunia adu peran. Ia sudah menjalani karir sebagai aktor pada 1995. Sehingga, setelah Cantona meninggalkan Setan Merah pada 1997, ia langsung terjun ke dunia tersebut.

Sudah banyak film yang ia bintangi sejak 1995, seperti Elizabeth (1998), The Overeater (2003), The Second Wind (2007), dan yang paling baru adalah Inhuman Resources (2020). Ia juga pernah berperan di film dokumenter seperti Looking for Ahtenes (2013), Manchester United: The Official History 1878-2002 (2002).

2. Ben Burgess (Guru SD)

Ben Burgess adalah mantan striker Blackburn Rovers, Hull City, Blackpool, Tranmere Rovers, dan klub gurem Liga Inggris lainnya. Tranmere adalah klub terakhirnya sebelum Burgess memutuskan untuk pensiun pada 2022. Ternyata, ia langsung mencoba pekerjaan baru setelah pensiun.

Fans Manchester City itu dikabarkan pernah bekerja sebagai jurnalis berita olahraga. Setelah itu, secara tak terduga ia berubah haluan dan menjadi guru sekolah dasar atau SD pada September 2013. Meski demikian, ia tetap menulis sebagai pekerjaan sampingannya.


1. 3. Tim Wiese (Pegulat)

Tim Wiese, mantan penjaga gawang (kiper) Kaiserslautern yang malah banting stir jadi pegulat World Wrestling Entertainment (WWE).

Tim Wiese merupakan mantan penjaga gawang (kiper) Kaiserslautern, Werder Bremen, Fortuna Koln, dan 1899 Hoffenheim. Ia telah meninggalkan dunia sepak bola sejak 17 September 2014 yang lalu. Siapa sangka, sosok yang kini sudah berusia 38 tahun itu langsung banting stir masuk ke dalam ring dan menjadi pegulat World Wrestling Entertainment (WWE).

Mulai September 2014, ia resmi mendapat kontrak dari WWE untuk bergabung ke divisi NXT. Ia juga pernah berguru langsung dengan pegulat legendaris, Triple H, di WWE Performance Center pada 7 Juni 2016. Debutnya di WWE adalah pada 3 November 2016. Ia satu tim bersama Sheamus dan Cesaro.

4. Arjan de Zeeuw (Detektif)

Mantan bek Wigan Athletic, Barnsley, Portsmouth, dan Coventry City yang bernama Arjan de Zeeuw telah resmi pensiun pada 2009 yang lalu. Selama masih aktif bermain, De Zeeuw telah memperoleh beberapa penghargaan, seperti Pemain Terbaik 2001 dan 2002. Sayang, performa gemilangnya itu tidak membuat para raksasa Liga Inggris tertarik merekrutnya.

Usai pensiun, Arjan de Zeeuw yang kini sudah berusia 50 tahun itu justru menjadi detektif yang memiliki spesialisasi di bidang forensik. Ia kabarnya paling suka menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memperbanyak DNA tanpa menggunakan organisme.

5. Papiss Cisse (Sopir Ambulans)

Mantan striker Newcastle United, Papiss Cisse, adalah satu-satunya pemain sepak bola yang belum pensiun dalam daftar ini. Ia memang sudah berusia 35 tahun, tapi masih aktif memperkuat klub asal Turki yang bernama Alanyaspor sejak 2018 yang lalu. Siapa sangka, Cisse pernah jadi sopir ambulans saat berusia 15 tahun.

"Saya melihat orang-orang mati ketika masih 15 tahun dan mengemudikan mobil ambulans. Saya masih benar-benar sangat muda dan saya jadi tidak ke sekolah lagi karena pekerjaan tersebut. Kadang-kadang, saya hanya punya sedikit uang yang akan saya berikan ke orang tua saya," kenangnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Itu adalah masa yang paling sulit bagi saya, karena saya masih sangat muda. Saat pertama kali saya melakukan pekerjaan itu, saya melihat ada yang meninggal dan saya menangis dibuatnya, tapi saya mencoba untuk tetap tegar," pungkasnya.

Itulah lima pemain yang pernah mencoba melakukan pekerjaan selain sepak bola. Hal ini membuat kita sadar bahwa jika digali lebih jauh, setiap bintang lapangan hijau ternyata memiliki kisah unik masing-masing yang menarik dan bisa jadi inspirasi.

Eric CantonaTim WiesePapiss CisseBlackburn RoversOlahragaWigan AthleticBola InternasionalTRIVIASepak Bola

Berita Terkini