x

5 Bek Tengah Kidal yang Bisa Direkrut Solskjaer ke Manchester United

Jumat, 10 Juli 2020 10:25 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Berikut tersaji lima bek tengah yang dominan kaki kiri atau kidal, yang bisa diboyong pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, ke Old Trafford.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima bek tengah dominan kaki kiri atau kidal yang bisa diboyong pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, ke Old Trafford.

Kekuatan sebuah klub sepak bola tidak hanya terletak pada striker yang ditugaskan mencetak gol, tapi juga seluruh lini termasuk para bek di sektor pertahanan.

Ketika klub tersebut memiliki pertahanan yang lemah, mereka akan sulit menang meski mampu mencetak banyak gol. Karena, gawang mereka juga rentan dibobol tim lawan.

Baca Juga
Baca Juga

Bukan hanya itu, kaki dominan juga harus diperhatikan. Misalnya, pemain dominan kaki kanan biasanya akan tampil lebih baik jika ditempatkan di sayap kanan, begitu pula sebaliknya.

Meski terkesan sepele, masalah kaki dominan tetap berefek besar terhadap penampilan seorang pemain dan performa tim tersebut secara umum. Hal inilah yang sedang menjadi fokus Manchester United seperti yang akan dibahas kali ini.

Manchester United punya bek berkelas seperti Harry Maguire, Victor Lindelof, dan Eric Bailly yang seluruhnya dominan kaki kanan. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer memang punya Marcos Rojo yang berkaki kiri, tapi ia bakal didepak dari Old Trafford.

Belakangan ini, kubu Setan Merah sedang mengincar bek Bournemouth, Nathan Ake. Ia dominan kaki kiri juga. Namun sampai detik ini, belum ada tanda-tanda bahwa transfer itu bisa berhasil. Sehingga, Manchester United belum tentu bisa mendapatkannya.

Berpijak dari sini, raksasa Liga Inggris itu bisa mulai mencari alternatif lain yang juga dominan kaki kiri. Melansir laman berita olahraga Squawka, ada lima pemain yang bisa diperjuangkan oleh Manchester United di bursa transfer nanti.

1. Alessandro Bastoni (Inter Milan)

Alessandro Bastoni adalah bek tengah Inter Milan sejak 2017. Namun, karena ia baru berusia 21 tahun, klub Serie A Liga Italia itu sempat meminjamkannya ke Atalanta pada 2017-2018 dan ke Parma (2018-2019), meski sekarang ia sudah bermain di Giuseppe Meazza.

Sebagai pemain kidal, Alessandro Bastoni telah melakukan 1.007 passing dengan akurasi 88,8 persen, melakukan 1.370 sentuhan dan menghasilkan 12 peluang gol di Serie A Liga Italia 2019-2020.

2. Pau Torres (Villarreal)

Di klasemen sementara LaLiga Spanyol 2019-2020, Villarreal mampu menempati peringkat kelima. Padahal di musim sebelumnya, mereka hanya mampu finis di posisi ke-14.

Apa yang membuat klub tersebut mampu bangkit dari keterpurukan musim lalu? Banyak yang menduga bahwa Pau Torres lah alasannya.

Dibanding Bastoni, Pau Torres mampu melakukan umpan sukses sebanyak 1.499 kali dengan akurasi 84,69 persen. Ia sudah melakukan 2.091 sentuhan bola dan menciptakan 11 peluang gol di kancah domestik musim ini.

Jadi, tidak heran bila kontribusinya itu mampu membantu Villarreal berjaya.


1. 3. David Alaba (Bayern Munchen)

Berikut tersaji lima bek tengah yang dominan kaki kiri atau kidal, yang bisa diboyong pelatih sepak bola Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, ke Old Trafford.

David Alaba adalah bek andalan Bayern Munchen. Ia telah membela The Bavarians sejak 2010. Berusia 28 tahun, dia telah meraih beragam penghargaan individu dan membuat raksasa Serie A Liga Italia, Inter Milan, kepincut memboyongnya ke Giuseppe Meazza.

Berdasarkan statistik untuk Bundesliga Jerman 2019-2020, David Alaba telah melakukan 2.201 kali umpan sukses dengan akurasi passing sebesar 90,73 persen.

Ia telah melakukan 2.722 kali sentuhan bola dan menciptakan 19 peluang gol. Sungguh prestasi luar biasa dari seorang bek dominan kaki kiri.

4. Dan-Axel Zagadou (Borussia Dortmund)

Dan-Axel Zagadou adalah bek asal Prancis berusia 21 tahun yang telah membela Borussia Dortmund sejak 2017. Pengalamannya masih belum banyak. Sehingga, prestasinya pun tidak sehebat pemain lain dalam daftar ini.

Dari lima pemain, Zagadou memiliki statistik yang paling buruk. Ia hanya mampu melakukan 755 umpan sukses meski punya akurasi yang sangat baik, yaitu 91,07 persen.

Meski demikian, ia baru melakukan 970 sentuhan bola dan menghasilkan enam peluang gol saja bagi Dortmund di Bundesliga Jerman 2019-2020.

Baca Juga
Baca Juga

5. Alessio Romagnoli (AC Milan)

Masih berusia 25 tahun, Alessio Romagnoli sudah dipercaya menjadi kapten AC Milan. Ia telah meninggalkan AS Roma untuk bergabung dengan Rossoneri pada 2015. Diyakini, Romagnoli akan terus dipertahankan klub tersebut meski mereka bakal mendatangkan pelatih baru, Ralf Rangnick.

Sebagai bek berkaki kiri, Romagnoli telah mencetak 1.620 successful passes dengan tingkat akurasi mencapai 90,45 persen. Ia telah melakukan 2.136 kali sentuhan bola dan menyumbang 10 kali peluang gol bagi AC Milan di Serie A Liga Italia 2019/20.

Itulah lima bek kidal yang bisa dicoba klub sepak bola Liga Inggris, Manchester United, untuk menggantikan Marcos Rojo sekaligus membenahi lini belakangnya di bursa transfer musim panas 2020.

Manchester UnitedBayern MunchenAC MilanInter MilanBorussia DortmundVillarrealOle Gunnar SolskjaerDavid AlabaAlessio RomagnoliLiga InggrisSepak BolaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini