x

Juga Penalti Man United, Ini Detik-detik 3 Putusan VAR yang Diakui Salah oleh Liga Inggris

Sabtu, 11 Juli 2020 16:44 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Selebrasi gol Paul Pogba di laga Liga Inggris pekan ke-34 Aston Villa vs Manchester United.

INDOSPORT.COM – Termasuk hadiah penalti buat Manchester United, ini detik-detik 3 putusan Video Assistant Referee (VAR) yang diakui salah di Liga Inggris.

Alh-alih memberikan keputusan yang adil di atass lapangan, keberadaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga Inggris kini sedang menjadi sorotan.

Itu terjadi karena masih ada saja keputusan wasit yang dianggap merugikan atau salah, kendati sebenarnya sudah melihat tayangan ulang melalui Video Assistant Referee (VAR).

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan kesalahan itu sendiri sampai diakui langsung oleh pihak operator Liga Inggris. Di mana mereka menyebutkan ada setidaknya tiga keputusan VAR yang salah diambil oleh wasit di tiga pertandingan yang berlangsung pekan ini.

Pertandingan dan seperti apa kesalahan VAR yang diputuskan wasit tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumkan detik-detiknya.

Aston Villa vs Manchester United

Di tengah rentetan kemenangan Manchester United, sorotan negatif hadir ke mereka akibat di dua pertandingan terakhir selalu mendapatkan hadiah penalti. Apa lagi penalti terakhir yang didapat ketika melawan Aston Villa, Jumat (10/07/20) diakui keliru oleh pihak Liga Inggris.

"Itu merupakan keputusan yang keliru. Seharusnya dianulir oleh VAR tapi nyatanya tidak dan semestinya itu justru jadi pelanggaran terhadap Konsa (pemain Aston Villa)," pernyataan pihak Liga Inggris dikutip dari BBC.

Dalam kejadian itu sendiri, jika dilihat secara cepat pemain Manchester United Bruno Fernandes memang terjatuh di kotak penalti saat hendak melewati Ezri Konsa dengan gerakan memutar.

Namun jika dilihat dalam tayangan VAR, Bruno Fernandes justru terjatuh akibat ulahnya sendiri yang menginjak kaki Konsa.

Wasit Jon Moss yang memimpin pertandingan sebenarnya sudah melihat tayangan ulang melalui VAR. Namun entah apa sebabnya, dirinya justru tetap menunjuk titik putih.

Hadiah penalti yang diambil sendiri oleh Bruno Fernandes di menit ke-27 itupun jadi gol pembuka dalam kemenangan telak Manchester United, 3-0 dari Aston Villa.

Bournemouth vs Tottenham Hotspur

Keputusan VAR keliru yang juga diakui langsung oleh pihak Liga Inggris justru sebaliknya menghadirkan kesialan buat Tottenham Hotspur.

Melawat ke markas Bournemouth, Tottenham Hotspur seharusnya bisa saja mendapatkan hadiah penalti cepat saat penyerang mereka dijatuhkan di kotak penalti.

Kejadian bermula dalam sebuah skema tendangan pojok. Harry Kane yang berada di tiang jauh, sebenarnya terlihat bisa menjangkau bola untuk kemudian mengarahkannya ke gawang.

Baca Juga
Baca Juga

Namun sebelum benar-benar mendapatkan bola, dirinya didorong oleh pemain Bournemouth Joshua King dari belakang. Sial buat Tottenham Hotspur, wasit yang sempat melihat  VAR, justru tetap mengabaikan pelanggaran yang terjadi itu.

Semakin sial buat Tottenham Hotspur, sebab tanpa adanya hadiah penalti tersebut, mereka pun harus puas bermain imbang tanpa gol melawan Bournemouth.


1. Everton Vs Southampton

Everton Vs Southampton

Kesalahan VAR juga terjadi jelas di laga Everton vs Southampton. Meski akhirnya memang tak berujung gol, setelah tendangan Ward-Prowse hanya membentur mistar gawang, kesalahan wasit memutuskan penalti jelas merupakan sesuatu yang harus tetap disoroti.

Sebab seperti dua kejadian di atas, dalam pertandingan Everton vs Southampton ini, jika dilihat lebih cermat melalui VAR, wasit sebenarnya bisa mengambil keputusan yang lebih baik.

Sebab dalam prosesnya, pemain Southampton, James Ward-Prowse yang coba menguasai bola lambung di kotak penalti, justru kehilangan keseimbangan sendiri. Namun sial buat Everton, jatuhnya Ward-Prowse itu bertepatan dengan datangnya pemain mereka, Andre Gomes.

Karena kemudian Ward-Prowse jatuh ke arah Andre Gomes, wasit pun mengambil kesimpulan lewat VAR bahwa itu merupakan penalti buat Southampton. Penalti yang kemudian dengan tegas dinilai salah oleh pihak Liga Inggris sendiri.

Manchester UnitedSouthamptonEvertonTottenham HotspurLiga InggrisBola InternasionalVideo Assistant Referees (VAR)TRIVIABruno FernandesBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler