x

Jasa Pemain Yahudi di Balik Kegagalan Klub Erick Thohir ke Liga Inggris

Selasa, 14 Juli 2020 16:16 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Ada jasa pemain keturunan Yahudi, Joe Jacobson, di balik kegagalan klub Erick Thohir, Oxford United, promosi ke Divisi Championship usai dikalahkan Wycombe Wanderers. 

Klub milik pengusaha Indonesia Erick Thohir, Oxford United, akhirnya gagal promosi ke Divisi Championship Liga Inggris karena kalah adu penalti dari Wycombe Wanderers.

Oxford United harus mengubur mimpinya promosi ke Divisi Championship Liga Inggris musim depan usai kalah tipis 1-2 dari Wycombe Wanderers, Selasa (14/07/20). Pemain Inggris Raya keturunan Yahudi, Joe Jacobson, jadi mimpi buruk Oxford United malam itu.

Bertanding di Stadion Wembley tanpa kehadiran penonton, klub milik pengusaha sekaligus Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir itu sebenarnya bisa memberikan perlawanan luar biasa. 

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya mereka harus tertinggal lebih dulu lewat gol cepat pemain Wycombe Wanderers, Anthony Stewart di menit ke-9. Usaha Oxford United memenangi final playoff ini sempat menuai harapan di menit ke-57 saat Mark Sykes akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pemain Wycombe Wanderers berselebrasi usia mengalahkan Oxford United di final playoff Divisi Championship Liga Inggris musim depan, Selasa (14/07/20)

Namun sekitar sepuluh menit sebelum waktu normal pertandingan berakhir, pelanggaran kiper Oxford terhadap Simon Eastwood membuahkan hadiah penalti buat Wycombe Wanderers. Joe Jacobson yang maju sebagai eksekutor, tanpa kesalahan memperdaya Eastwood dari titik putih dan membawa Wycombe kembali memimpin 2-1.

Baca Juga
Baca Juga

Joe Jacobson pun dielu-elukan oleh rekannya berkat golnya ini. Sebab, pemain senior berposisi bek ini mau mengambil peran menentukan sebagai pengambil penalti. 


1. Joe Jacobson

Joe Jacobson, pemain wycombe wanderers di laga final play off.

Joe Jacobson merupakan pemain asal Inggris keturunan Yahudi yang telah malang melintang di sepak bola Wales. Ia memulai kariernya di tahun 2006 sebagai bek kiri di Liga Inggris bersama klub Cardiff. 

Ia merupakan pemain beragama Yahudi pertama yang bermain di liga profesional Inggris dalam 25 tahun terakhir saat itu. Para keturunan Yahudi di Inggris sebetulnya cukup gila bola. Mereka tak hanya dikenal sebagai penulis, pebisnis, banker, atau pun agen, tetapi juga fans fanatik sepak bola. 

"Saya senang melihat bahwa ada beberapa orang lain (Yahudi) yang bermain secara profesional sekarang dan bahwa Sam Sloma, khususnya, baik-baik saja di Dagenham. Seharusnya ada lebih banyak lagi yang lewat, tetapi mengapa itu memakan waktu begitu lama? Saya tidak tahu." ujarnya dilansir dari Independent.co.uk, pada 2008. 

Banyak orang tua Yahudi yang menginginkan anaknya pergi ke universitas, namun Joe Jacobson memilih untuk menjadi pemain sepak bola. 

"Begitu jelas saya memiliki kesempatan untuk mencari nafkah sebagai pemain sepak bola, keluarga dan teman-teman saya sangat mendukung. Tidak ada tekanan. Tapi kemudian, saya diberi kesempatan dan saya yakin banyak pemuda Yahudi Inggris akan pergi jika mereka diberi kesempatan yang sama." katanya. 

Meski begitu, sepanjang kariernya, pemain berposisi bek kiri ini lebih sering membela tim-tim kasta bawah seperti Bristol Rovers, Oldham Athletic, Shrewsbury Town, sampai Wycombe Wanderers yang sudah dibelanya sejak 2014 silam. 

Kehadirannya di Divisi Championship musim depan pun diyakini bakal amat spesial. Wycombe Wanderers memastikan diri sebagai tim terakhir yang bisa promosi ke kasta kedua Liga Inggris tersebut sekaligus untuk pertama kalinya merasakan bermain di Divisi Championship sepanjang sejarah berdirinya klub.

Selain itu, ia bakal bersua mantan klubnya di masa muda dahulu sekaligus tempat keluarganya tinggal di Wales, Cardiff City. Sepanjang memperkuat Wycombe Wanderers, Joe Jacobson mencatatkan 223 penampilan dengan 21 gol. 

Erick ThohirDivisi ChampionshipOxford United

Berita Terkini