x

Starting XI Eks Sporting Lisbon yang Bisa Mengguncang Eropa dan Dunia

Rabu, 5 Agustus 2020 19:23 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Starting XI Eks Sporting Lisbon yang bisa mengguncang sepak bola Eropa dan dunia.

INDOSPORT.COM – Sporting Lisbon merupakan salah satu tim papan atas Portugal yang memiliki nama besar karena kemampuannya memproduksi atau menemukan bakat-bakat hebat dari berbagai negara Eropa.

Berbicara soal Portugal, para pecinta sepak bola pasti mengingat betul bagaimana aksi heroik tim samba Eropa ini di pagelaran Euro 2016 silam. Saat itu, Cristiano Ronaldo dan kolega mampu membalikkan prediksi dan memenangkan turnamen empat tahunan tersebut.

Bahkan setelahnya, Portugal kembali menorehkan tinta emas di ajang UEFA Nations League 2019 silam saat berhasil keluar menjadi juara. Siapa sangka, dari dua gelaran tersebut, Sporting Lisbon memiliki andil besar.

Baca Juga
Baca Juga

Di Euro 2016, setidaknya ada 10 pemain yang ada kaitannya dengan Sporting Lisbon dan dibawa oleh Timnas Portugal serta tampil di partai puncak. Dengan kata lain, tim berjuluk Verde e Brancos ini punya andil besar untuk sepak bola Portugal.

Mungkin beberapa tahun belakangan ini, Sporting Lisbon kehilangan tajinya sebagai tim papan atas Portugal. Wajar karena di sisi lain FC Porto dan Benfica terus berbenah setiap musim dan menyaingi tim asal ibukota Portugal tersebut.

Namun akan berbeda cerita jika Sporting Lisbon masih mempertahankan 11 mantan pemainnya yang terbukti di kancah Eropa. Bisa jadi, Verde e Brancos bisa menguasai Liga NOS Portugal atau bahkan Liga Champions.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut kombinasi mengerikan yang berisikan 11 mantan pemain Sporting Lisbon.

Kiper: Rui Patricio

Rui Patricio muncul sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa sejak performanya di Euro 2016. Namun siapa sangka, dibalik performa impresifnya, ada peran Sporting Lisbon yang mempercayakannya menjadi starter di usia 19 tahun sebelum hijrah ke Wolverhampton Wanderers.

Bek Kanan: Cedric Soares

Cedric Soares menjadi salah satu pemain yang lahir dari akademi Sporting Lisbon. Pada usia ke-19, ia mampu menembus tim senior Sporting sebelum dipinjamkan dan kembali mengisi pos bek kanan. Bakatnya pun tercium tim Inggris, Southampton yang memboyongnya pada 2015 hingga saat ini dirinya bergabung Arsenal.

Bek Tengah: Jose Fonte

Jose Fonte menjadi salah satu pemain yang menghabiskan setengah kariernya di Sporting Lisbon. Sayangnya, di Sporting ia tak mendapat tempat sehingga ia kerap berpindah-pindah klub. Barulah pada usia 30 tahun ia mendapat panggilan Timnas Portugal hingga tampil di ajang Euro 2016.

Bek Tengah: Eric Dier

Berbeda dengan tiga pemain yang disebutkan sebelumnya, hanya Eric Dier pemain asli Inggris yang mengenyam pendidikan di Sporting Lisbon. Total sembilan tahun ia habiskan menimba ilmu di ibukota Portugal sebelum hijrah ke Tottenham Hotspur pada 2014.

Bek Kiri: Marcos Rojo

Sporting Lisbon memiliki catatan apik soal memboyong bek kiri dari Argentina. Salah satunya adalah Marcos Rojo. Ia bergabung dengan Sporting pada 2012 silam dari Spartak Moskow dan menjalani periode apik hingga Piala Dunia 2014 yang membuat Manhester United meminangnya.


1. Gelandang: William Carvalho

Pemain Sporting CP, Bruno Fernandes pada pertandingan sepak bola antara Sporting CP vs FC Porto di Piala Portugal Placard 2018-2019.

Sporting Lisbon memang handal dalam mengelola bakat pemain. Salah satunya adalah William Carvalho. Usai di asah di level akademi, ia dipinjamkan ke Cercle Brugge pada 2012/13 hingga dirinya mulai mendapat pengakuan. Namun pada 2018, ia diboyong oleh Real Betis.

Gelandang: Bruno Fernandes

Nama Bruno Fernandes melejit sejak awal tahun 2020. Kepindahannya ke Manchester United membuat namanya meroket. Performa apiknya di Inggris bukan tanpa alasan. Ia secara konsisten mampu menampilkan performa tersebut bersama Sporting Lisbon.

Gelandang: Joao Moutinho

Joao Moutinho menjadi salah satu gelandang flamboyan yang dimiliki Timnas Portugal. Dibalik nama besar Rui Costa dan Luis Figo, ia mampu mengisi lubang legedanya dan tampil konsisten walau jarang mendapat pengakuan. Performa apiknya sendiri lahir dari akademi Sporting Lisbon sebelum ia hijrah ke FC Porto dan mendapat perhatian dari tim-tim besar Eropa.

Winger Kanan: Raphinha

Pemain berusia 23 tahun ini menjadi gerbong anyar pemain hebat yang meninggalkan Sporting Lisbon. Raphinha sendiri mampu mencuri perhatian walau hanya bermain semusim bersama Sporting. Ia pun diboyong oleh Rennes dan memberi efek positif dengan membawa timnya menembus Liga Champions 2020/21.

Winger Kiri: Cristiano Ronaldo

Nama satu ini tak perlu diragukan lagi. Semua pecinta sepak bola tahu betul kualitasnya. Bahkan semua orang juga tahu bahwa sebelum mengguncang jagat sepak bola, Cristiano Ronaldo mengawali kariernya di Sporting Lisbon. Pria berusis 35 tahun ini menjadi contoh nyata dari hebatnya pengelolaan bakat muda yang dimiliki Sporting.

Penyerang: Bas Dost

Bas Dost sejatinya telah menancapkan namanya di sepak bola Eropa saat membawa Wolfsburg menjadi kampiun Bundesliga Jerman. Hal ini membuat Sporting Lisbon memboyongnya pada 2016. Hasilnya pun menakjubkan, dalam 127 laga ia mampu menciptakan 93 gol dan 15 assist di berbagai ajang.

Cristiano RonaldoPortugalMarcos RojoSporting LisbonJoao MoutinhoEric DierBas DostWilliam CarvalhoJose FonteBola InternasionalCedric SoaresRui PatricioSepak BolaBruno Fernandes

Berita Terkini