x

Serang Wasit Secara Brutal, Eks Kapten Timnas Rusia Terancam Sanksi Pidana

Rabu, 12 Agustus 2020 00:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Mantan kapten Timnas Rusia, Roman Shirokov, telah membuat wasit terluka dalam serangan brutal yang terjadi dalam sebuah turnamen lokal, Senin (10/08/20).

INDOSPORT.COM – Mantan kapten Timnas Rusia, Roman Shirokov, telah membuat wasit terluka dalam serangan brutal yang terjadi dalam sebuah turnamen lokal, Senin (10/08/20).

Shirokov yang juga merupakan mantan gelandang Zenit St Petersburg tampil di sebuah turnamen amatir bertajuk Piala Selebriti Moskow. Shirokov, yang kini berusia 39 tahun itu membela tim Match TV, saluran TV tempat dia bekerja saat ini sebagai pakar.

Baca Juga
Baca Juga

Alih-alih memetik kemenangan di babak perempat final, dia justru menghadapi tuntutan pidana karena telah menyerang sang pengadil lapangan secara brutal. Video penyerangan itu pun menjadi viral di dunia maya.

Terlihat dalam video berikut ini, terlihat Roman Shirokov bermain bersama mantan gelandang Spartak Moscow, Andrey Tikhonov dan sejumlah komentator saluran TV tersebut di babak perempat final.

Tepat di luar kotak penalti, Shirokov protes kepada wasit, Nikita Danchenko karena tidak diberi penalti saat dilanggar di area tersebut. Sambil bediri, Shirokov berteriak kepada sang wasit, yang segera meniup peluit dan mendekati Shirokov sambil menunjukkan kartu.

Roman Shirokov tampaknya tidak terima diberi kartu merah dan langsung meninju wajah Danchenko, menjatuhkan ke lantai sebelum melanjutkan menendang perutnya berulang kali.

Para pemain rival segera mendatangi area kejadian dan membawa Shirokov menjauhi Danchenko. Sang wasit sempat tersungkur kesakitan, sebelum kemudian dia mendapatkan perawatan dari staf medis dan di bawa ke ambulan untuk di bawa ke rumah sakit.

Menurut laporan yang dilansir Sport Mirror, Danchenko mengalami patah alis serta memar lainnya. Sementara pertandingan itu batal dilanjutkan.

Dipahami Roman Shirokov mungkin tidak akan menghadapi sanksi sepak bola karena turnamen ini digelar di luar jadwal resmi Asosiasi Sepak Bola Rusia atau Federasi Sepak Bola Moskow.

Namun, Shirokov mungkin harus menghadapi proses pidana karena cedera yang dialami Danchenko mengharuskan sang wasit menjalani perawatan medis selama empat jam.

Atas tindakannya, Roman Shirokov sendiri langsung menulis permintaan maaf melalui akun pribadi Instagram pada Selasa (11/08/20).

“Saya ingin menyampaikan permintaan maaf dengan tulis kepada Nikita atas tindakan yang tidak pantas saya lakukan,” tulis Shirokov.

Baca Juga
Baca Juga

Roman Shirokov juga berharap Danchenko segera pulih dan bisa kembali bekerja. Selain itu dia meminta maaf keapda penyelenggara turnamen, rekan setim, Match TV dan juga para penonton.

Shirokov mencatatkan 57 penampilan dan mencetak 13 gol  untuk timnas negaranya. Dia menjadi kapten di Timnas Rusia untuk Euro 2016 melawan Wales. Selain itu dia juga turut memenangkan Piala UEFA 2008 bersama Zenit St Petersburg.

RusiaZenit St. PetersburgWasitBola Internasional

Berita Terkini

Berita Terpopuler