x

Liga Champions: 5 Fakta Klub RB Leipzig yang Singkirkan Atletico Madrid

Jumat, 14 Agustus 2020 18:37 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
Liga Champions: 5 Fakta Klub RB Leipzig yang Singkirkan Atletico Madrid

INDOSPORT.COM - Dalam lanjutan pertandingan perempat final Liga Champions musim 2019/2020 yang mempertemukan RB Leipzig melawan Atletico Madrid ini berakhir dengan skor 2-1. Tim asal Jerman ini berhasil memenangkan duel dan berhak melaju ke babak semifinal.

Di babak pertama, RB Leipzig bermain lebih agresif ketimbang Atletico Madrid, meski begitu kedua tim saling menjual beli serangan. Hingga jeda pertandingan, skor dalam pertandingan tersebut masih sama kuat yakni tanpa gol sama sekali.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu di babak kedua, pasukan dari Julian Nagelsmann ini berhasil unggul terlebih dahulu melalui sundulan Dani Olmo di menit ke 50. Berselang 21 menit, Atletico Madrid berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh Joao Felix.

Karena memiliki ambisi yang cukup besar untuk bisa lolos ke babak semifinal Liga Champions musim ini, RB Leipzig tidak ingin bermain imbang dan akhirnya berhasil unggul melalui tendangan Tyler Adams di menit ke 88. Skor ini berakhir hingga wasit meniup peluit panjang berakhirnya laga tersebut.

Berikut 5 fakta RB Leipzig yang Singkirkan Atletico Madrid:

Memiliki Nama Asli Klub SSV Markranstaedt

RB Leipzig ternyata bukan nama asli dari klub asal Jerman tersebut. Sebelum dibeli perusahaan minuman berenergi, Red Bull klub asuhan Julian Nagelsmann ini bernama asli SSV Markranstaedt. Awalnya perusahan tersebut membeli klub kecil di kasta kelima Liga Jerman yang terletak di kota Leipzig tersebut pada Juli 2009 silam.

Menariknya, perusahaan Red Bull juga sempat menginginkan dua klub rival dari RB Leipzig, FC Sachsen dan FC Lokomotive Leipzig. Namun hal itu tidak terjadi karena kedua klub rival tersebut memiliki beberapa masalah teknis dan non teknis.

Memang pada dasarnya, Red Bull sendiri sudah terkenal dengan kekayaan yang bisa membawa klub miskin menjadi lebih dipandang daripada sebelumnya. Mereka akan memberikan suntikan dana yang lebih banyak untuk klub.

Baca Juga
Baca Juga

Debut di Liga Champions pada 2017

Pertama kali bermain di Liga Champions pada tahun 2017/2018, prestasi ini membuatnya sebagai tim tercepat untuk bisa bermain di kompetsi bergengsi Eropa setelah pembentukannya.

Terbentuk pada tahun 2009 silam dan hanya memerlukan waktu selama lima tahun untuk bisa bermain di kasta tertinggi Liga Jerman adalah suatu kebanggaan tersendiri. Terlebih di tahun 2017/2018 silam mereka berhasil lolos ke Liga Champions.

Sejak awal masuknya Red Bull untuk berinvestasi dari awal hingga mencapai Liga Champions diperkirakan mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Mereka sudah megeluarkan dana sebensar 300 juta euro atau sekitar 5,2 triliun rupiah.


1. Tim Paling Timur di semifinal sejak 1999

5 Fakta Klub RB Leipzig yang Singkirkan Atletico Madrid

Secara letak geografis, klub RB Leipzig menjadi semifinalis pertama Liga Champions yang berasal dari kota paling timur sejak Dynamo Kyiv pada taahun 1999. Pasukan Nagelsmann tersebut juga klub pertama dari mantan negara Blok Timur yang mencapai empat besar kompetisi bergengsi Eropa di abad ke-21.

Kota Leipzig sendiri adalah tempat terbesar di negara bagian (Bundesland) Sachsen di Jerman. Nama ini diambil dari sebuah bahasa Slavia, kemungkinan berarti terdapat pemukiman yang ada pohon-pohon besar. Maka dari itu kota ini menjadi paling banyak pepohonan.

Tim termuda di semifinal Liga Champions

Keberhasilan RB Leipzig dalam menyingkirkan Atletico Madrid dan melangkah ke babak semifinal membuat mereka sebagai tim termuda yang berhasil ke empat besar sepanjang sejarah. Lolos dalam usia 11 tahun kubu Timur dari Jerman ini mengalahkan catatan Red Star yang usianya 12 tahun.

Tak hanya usia klub yang dibilang paling muda, para pemain RB Leipzig juga kebanyakan masih berusia muda di Liga Champions musim ini dengan rata-rata di bawah 23 tahun. Dani Olmo 22 tahun, Tyler Adams 21 tahun dan juga pelatih mereka termuda dengan usia 33 tahun.

Wakil Baru Jerman kecuali Munchen dan Dortmund

Perwakilan tim dari Jerman selalu menjadi perebutan antara Bayern Munchen dan Borussia Dortmund beberapa musim terakihir. Akan tetapi kali ini, RB Leipzig berhasil menjadi klub lain selain kedua tim tersebut yang berkompetisi di Liga Champions.

RB Leipzig juga mencapai babak semifinal pertama di Liga Champions sejak terakhir kali diisi oleh Schalke 04 pada musim 2010/2011 silam. Pasukan Nagelsmann ini juga menjadi klub kelima dari Jerman yang berhasil masuk ke babak semifinal.

Atletico MadridLiga ChampionsRB LeipzigTRIVIASepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini