x

5 Pemain Hebat Liverpool Bernomor Punggung 6, Alcantara Selanjutnya?

Jumat, 18 September 2020 17:57 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut lima pemain Liverpool yang pernah menggunakan nomor punggung 6.

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain yang pernah sukses gunakan nomor punggung 6 di klub Liga Inggris, Liverpool. Akankah Thiago Alcantara bisa jadi pewaris selanjutnya yang tak kalah hebatnya?

Nomor punggung 6 biasanya digunakan oleh seorang bek tengah atau gelandang bertahan. Sejumlah pemain yang tersohor dengan angka ini sebut saja Xavi Hernandez (Barcelona), Bobby Moore (Manchester United), dan masih banyak lainnya.

Dejan Lovren adalah pemilik nomor punggung 6 terakhir di Liverpool sebelum ia pindah ke klub Rusia, Zenit, beberapa waktu lalu. Setelah sang pemain pergi, otomatis nomor tersebut kosong dan siap diberikan ke penerusnya.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Thiago Alcantara juga dikenal dengan nomor punggung 6 di Bayern Munchen sehingga ada harapan besar ia bakal sesukses para pemilik angka 6 di Liverpool sebelumnya. Sanggupkah?

Kedatangan Alcantara ke Liverpool tentu bakal menjadi tambahan signifikan di skuat Jurgen Klopp, meski mereka nantinya akan mengalami sedikit surplus di lini tengah. Namun hal tersebut bisa disiasati dengan melepas pemain ke klub lain.

Salah satu nama yang paling santer dikaitkan dengan pintu keluar Anfield adalah Georginio Wijnaldum. Walaupun Klopp tidak menginginkan pemainnya itu pergi, tawaran dari Barcelona yang terus-menerus bisa membuat Liverpool luluh.

Kepindahan Alcantara menuju Liverpool pun sudah mendapat lampu hijau dari pelatih Bayern Munchen, Hans-Dieter Flick. Meskipun hatinya berat, ia mengaku rela dan bahkan memberi ucapan selamat ke Liverpool.

Baca Juga
Baca Juga

“Dia (Alcantara) adalah seseorang yang luar biasa, rasanya sangat emosional ketika ia berpamitan kepada kami. Saya dan tim pelatih sangat menikmati bekerja bersamanya,

“Selamat untuk Liverpool karena mereka sudah berhasil mendatangkan pemain hebat dan yang lebih penting lagi, dia adalah pribadi yang luar biasa,” ucap Flick seperti diberitakan laman Goal Internasional.

Para penggemar The Reds dan pastinya penikmat sepak bola Liga Inggris tentu bakal sangat menanti sepak terjang Alcantara bersama kampiun Liga Inggris musim lalu tersebut. Ia pun seolah ditakdirkan menggunakan nomor punggung 6 di Liverpool.

Nah, sambil menanti akan seperti apa nasib Thiago Alcantara, Liverpool, dan nomor punggung 6, berikut ini INDOSPORT sajikan lima pemain yang pernah sukses mengenakan angka tersebut di seragamnya.


1. Mereka Para Pemilik Nomor 6 di Liverpool

Dejan Lovren adalah salah satu pemain yang pernah menggunakan nomor 6 di Liverpool.

Dejan Lovren

Pemain nomor 6 Liverpool yang pertama dibahas adalah Dejan Lovren. Sebelum pindah ke Zenit, Lovren membukukan 185 penampilan untuk The Reds dan sudah merasakan kebahagiaan mengangkat trofi Liga Inggris dan Liga Champions.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Lovren adalah pemilik terakhir nomor punggung 6 di Liverpool. Ia mulai mengenakannya pada tahun 2014 setelah Luis Alberto dan Fabio Aurelio yang sayangnya tidak banyak berkontribusi untuk tim.

Nampaknya, angka 6 sudah berjodoh dengan Dejan Lovren. Meski pemilik sebelumnya tidak sukses, Lovren tercatat sebagai salah satu anggota skuat dengan peran signifikan, bahkan ia termasuk pemain yang kerap dipuja dan dicaci.

Jan Molby

Molby adalah pemain yang pernah membela Liverpool selama periode 1984 sampai 1996. Di kalangan para penggemar, ia pun akrab disapa Big Jan atau Great Dane, panggilan yang sesuai dengan negara asalnya, Denmark.

Big Jan merupakan salah satu pemain bintang pada musim 1985-1986 dengan catatan 21 gol dari 58 laga. Ia juga dikenal sebagai spesialis pencetak gol dari titik putih, bahkan sampai mencetak hattrick gol penalti saat melawan Coventry pada November 1986.

Dalam taktik yang digunakan Kenny Dalglish, Molby sering digunakan sebagai bek tengah ketiga saat awal pertandingan. Setelahnya, ia baru didorong lebih jauh ke depan bersama Steve McMahon di lini tengah.

Phil Thompson

Selama berseragam The Reds, Phil Thompson sudah mencetak 13 gol dari 477 penampilan. Ia punya gaya bermain yang anggun di lini tengah, bahkan bersama Emlyn Hughes, ia sampai membuat Liverpool turut mengubah gaya permainannya.

Alih-alih mengirim bola ke para centre-forward, Liverpool mulai terbiasa megeksekusi permainannya dari belakang. Pada tahun 1979, ia dan rekan-rekannya di lini pertahanan berhasil mencatatkan rekor apik setelah hanya kebobolan 16 gol saja.

John Arne Riise

Bek sayap, yang juga bisa bermain sebagai gelandang kiri, tetap menjadi pemain reguler tim utama saat evolusi Rafael Benitez dimulai pada tahun 2004. Ia adalah salah satu pemain dengan nomor punggung 6 terbaik yang pernah Liverpool miliki.

Bermain sebagai bek kiri telah mencetak 300 penampilan selama tujuh musim semasa kepemimpinan Gerard Houllier dan Rafael Benitez. Ia juga jadi salah satu pahlawan Liverpool saat memenangkan Liga Champions 2005.

Riise adalah pemain berstamina luar biasa dan pastinya kemampuan menembak yang mumpuni. Meski biasanya ditempatkan di sisi kiri, ia adalah pemain serbabisa yang bisa beroperasi di banyak area.

Alan Hansen

Bisa dibilang ia adalah pemain pemilik nomor punggung 6 terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Permainannya yang elegan seolah ditakdirkan untuk taktik The Reds yang memulai permainan dari belakang.

Tidak banyak penyerang yang bisa mengacak-acak pertahanan Liverpool berkat kehebatan dan kecerdasan seorang Alan Hansen. Ia adalah seorang yang ahli dalam membaca permainan dan melakukan tekel tajam.

Selama berseragam Si Merah, Hansen mempersembahkan delapan gelar Liga Inggris, tiga Liga Champions (dulu bernama European Cup), dan masih banyak lagi. Ia termasuk salah satu bek tengah paling terampil sepanjang sejarah sepak bola Inggris.

LiverpoolDejan LovrenThiago AlcantaraLiga Primer InggrisJohn Arne RiiseLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler