x

5 Pemain dengan Peran 'False 9' Terhebat Saat Ini, Ada Striker Juventus

Sabtu, 19 September 2020 03:05 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Berikut tersaji lima pemain sepak bola dengan peran false 9 terbaik saat ini, dimana salah satunya adalah striker Juventus yang bernama Paulo Dybala.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima pesepak bola dengan peran 'false 9' terbaik saat ini, salah satunya adalah striker Juventus yang bernama Paulo Dybala.

Dalam sepak bola, ada satu peran unik yang disebut false 9, bukan posisi, melainkan peran, dan hanya seorang striker yang bisa melakukannya. False 9 mewajibkan striker tersebut untuk berperan seperti playmaker.

Sehingga, penyerang yang dibebani peran tersebut oleh sang pelatih, tidak akan terlalu fokus untuk mencetak gol, tapi juga menjadi penghubung antara gelandang dan striker. Namun, ia tetap ditempatkan di lini depan.

Baca Juga
Baca Juga

Itulah alasan kenapa peran false 9 selalu mengecoh lawan. Karena, siapapun tidak akan bisa mengetahui siapa yang akan berperan sebagai false 9. Peran ini sangat terkenal di Barcelona saat Pep Guardiola melatih klub tersebut.

Melansir laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima pemain dengan peran false 9 terhebat saat ini.

1. Nabil Fekir (Real Betis)

Real Betis telah mendatangkan Nabil Fekir dari Olympique Lyon pada 22 Juli 2019. Dia sudah lama dinilai sebagai pemain hebat yang bermain untuk klub medioker berdasarkan Sportskeeda sejak membela timnas Prancis pada 2015.

Nabil Fekir sendiri memang punya kemampuan untuk mengeksploitasi ruang antara lini tengah dan lini belakang lawan demi menyumbang assist. Real Betis lantas menjadikannya false 9 agar bakat Fekir semakin melambung meski dirinya berposisi sebagai striker.

2. Paulo Dybala (Juventus)

Paulo Dybala ternyata juga mendapat kepercayaan untuk menjadi false 9 dalam skuat Juventus. Karena, rekan senegara Lionel Messi itu memiliki kemampuan yang baik dalam hal dribel, tembakan, dan visinya. Dybala juga menjadi salah satu striker terbaik di dunia saat ini.

Mantan pelatih Juventus, Maurizio Sarri, telah menjadikan Dybala false 9. Sehingga, ia bisa berkontribusi lebih banyak untuk menyuplai bola ke Cristiano Ronaldo yang memang diwajibkan untuk menjadi striker utama. Meski demikian, belum diketahui bagaimana taktik Andrea Pirlo untuknya di musim ini.


1. 3. Thomas Muller (Bayern Munchen)

Lionel Messi, striker maut Barcelona yang ternyata sering mendapatkan peran false 9

Thomas Muller telah memperkuat Bayern Munchen sejak 2008 yang lalu. Sehingga, ia menjadi salah satu ikonnya The Bavarians di era sekarang. Sportskeeda meyakini bahwa Muller merupakan contoh false 9 terbaik yang bisa jadi contoh pemain false 9 lainnya.

Thomas Muller sendiri memiliki fisik yang kuat, kecerdasan membaca situasi, dan juga positioning. Ia sangat cocok untuk bermain dengan formasi 4-2-3-1 yang digunakan Timnas Jerman. Bukan hanya false 9, Muller juga mampu ditempatkan di posisi manapun di lini tengah.

4. Roberto Firmino (Liverpool)

Roberto Firmino juga mampu menempati banyak posisi dalam skuat asuhan Jurgen Klopp. Ia bisa menjadi striker, playmaker, atau winger yang membantu serangan Liverpool. Ia sudah berkarier di Anfield Stadium sejak 2015 dari 1899 Hoffenheim, yang membuat peran false 9 makin melekat dalam dirinya.

Ryan Babel, mantan rekannya saat masih memperkuat Hoffenheim, mengatakan bahwa Roberto Firmino merupakan pemain yang sulit ditebak. Mungkin, hal itulah yang membuat Jurgen Klopp memutuskan untuk memberinya peran false 9 ketika sudah gabung Liverpool.

Baca Juga
Baca Juga

5. Lionel Messi (Barcelona)

Pada 2009, tepatnya ketika Pep Guardiola masih menjadi pelatih Barcelona, Lionel Messi mendapat peran false 9 sama seperti ketika mereka dilatih oleh Frank Rijkaard. Guardiola menempatkan Messi di striker tengah, yang bisa leluasa untuk menipu lawan dan bermain lebih dalam.

Sehingga, formasi 4-3-3 khas Guardiola bisa berubah menjadi 4-3-1-2 ketika Lionel Messi bermain lebih ke dalam. Lawan pun sia-sia menjaga Messi yang mereka pikir akan menjadi andalan untuk mencetak gol. Trik tersebut juga beberapa kali dipakai di era Ernesto Valverde.

Itulah lima pemain sepak bola top dunia yang ternyata sering mendapat peran sebagai false 9 atau striker yang berperan seperti playmaker.

LiverpoolBarcelonaLionel MessiBayern MunchenThomas MullerJuventusPaulo DybalaRoberto FirminoNabil FekirBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini