x

Robert Alberts Tanggapi Keputusan PSSI yang Membuka Bursa Transfer Liga 1 2020

Kamis, 24 September 2020 03:32 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menanggapi keputusan PSSI membuka bursa transfer Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mempertanyakan keputusan PSSI yang sudah membuka bursa transfer tahap kedua untuk lanjutan kompetisi Liga 1 2020, terhitung dari 21 September hingga 18 Oktober 2020. 

Menurut pelatih asal Belanda ini, keputusan tersebut sangat tidak logis dan terkesan dipaksakan. Apalagi, pada manager meeting yang digelar PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020), sebanyak delapan klub menolak penambahan pemain asing, tujuh setuju dan tiga sisanya abstain.

"Ini semuanya tidak logis, sekali lagi. Dari informasi yang saya dapat, ada tiga klub yang mencoba mengorganisir 'transfer window Eropa' dan tiga tim ini adalah tim yang mendapat pemain Brasil yang mana semua sudah tahu tentang mereka. Jadi tidak ada transparansi dan tidak ada yang tahu apa yang sedang terjadi," kata Robert Alberts, Rabu (23/09/2020). 

Baca Juga
Baca Juga

"Kalau sekarang keputusannya seperti ini, kenapa harus ada voting?, kenapa tetap mengirim surat ke FIFA bahwa akan ada transfer window di Indonesia. Itu menyisakan banyak pertanyaan soal sepak bola Indonesia," ucapnya. 

Pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini menuturkan, sebelumnya seluruh klub Liga 1 sudah sepakat bursa transfer periode kedua akan dibuka pada Desember mendatang. 

"Apakah logis membuka transfer window hingga Oktober, yang mana sebelumnya klub semua sepakat transfer window baru dilakukan sebelum putaran kedua yaitu pada Desember," ujarnya.  

"Jika beberapa orang di Indonesia mendadak mengambil keputusan membuka transfer window yang mana mayoritas tidak setuju dengan itu saat voting, saya menyerahkan opini kepada semua orang untuk mempertanyakan apa yang sedang terjadi dalam hal pengambilan keputusan di sepak bola Indonesia," ungkapnya. 

Baca Juga
Baca Juga

Menjelang bergulirnya lanjutan kompetisi Liga 1 2020, beberapa tim kehilangan beberapa pemain asingnya dengan alasan yang beragam. Hal tersebut, menurut Robert Alberts merupakan urusan dari klub yang bersangkutan dan seharunya tidak membuat bursa transfer di buka lebih cepat. 

"Jadi apa yang terjadi semua ini sebenarnya tidak penting dan tim yang melanjutkan kompetisi tanpa pemain asing itu adalah tanggung jawab mereka masing-masing. Jadi yang menjadi pertanyaan, siapa yang membuat keputusan di sepak bola Indonesia saat ini?," tegasnya. 

Sementara itu, komposisi pemain Persib Bandung tidak  mengalami banyak perubahan menjelang lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Tim kebanggaan Bobotoh ini, hanya menambah empat pemain U-20, lantaran saat kompetisi bergulir setiap tim wajib memasukan dua nama pemain U-20 dalam daftar susunan pemain. 

Persib BandungPSSIRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Sepak BolaBola IndonesiaBerita Liga 1Transfer PemainLiga 1 2020

Berita Terkini