x

Robert Alberts Tanggapi Regulasi Pergantian 5 Pemain di Liga 1 2020

Kamis, 24 September 2020 06:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts turut menanggapi regulasi pergantian lima pemain jelang bergulirnya kembali Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, masih menunggu informasi yang jelas mengenai regulasi pergantian pemain saat pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 2020, 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021.

Robert Alberts mengakui, sudah mendapatkan informasi mengenai regulasi pergantian pemain dari tiga menjadi lima pemain pada setiap pertandingan di lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Hanya saja, pelatih asal Belanda ini mengaku masih belum memahami terkait teknis pergantian pemain tersebut dan masih menunggu informasi resmi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai informasi, Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra, sudah mensosialisasikan regulasi pemain U-20 dan pergantian pemain untuk lanjutan kompetisi Liga 1 2020,  pada manager meeting yang digelar di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020).

Pada kesempatan tersebut, Asep memberikan informasi mengenai perubahan komposisi dalam daftar susunan pemain. Sebelumnya, hanya 18 pemain yang masuk DSP, yakni 11 pemain utama dan tujuh cadangan. 

Kali ini menurut Asep, dalam DSP akan diisi oleh 21 pemain, dengan komposisi 11 pemain utama atau starting eleven dan 10 cadangan, dua diantaranya wajib pemain U-20. Selain itu, sebelumnya hanya ada kuota tiga pergantian pemain, namun kali ini setiap tim diperbolehkan melakukan pergantian sebanyak lima pemain dalam pertandingan. 

"Iya, tapi apa yang saya terima pagi ini, masih belum jelas bagaimana (mekanisme lima pergantian). Interpretasi dengan menggunakan bahasa Indonesia belum dipahami oleh tim pelatih kami, maka dari itu mereka juga belum bisa menerjemahkan ke bahasa Inggris yang baik saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Jadi kami harus melihat lebih dulu bagaimana bisa menggunakan lima pergantian itu," kata Robert Alberts seusai memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (23/09/2020).

"Memang lima pergantian, tapi bagaimana peraturan dari lima pergantian itu dan bisa dilakukan di kondisi seperti apa. Jadi belum ada kejelasan dan belum ada surat resmi dari PSSI," ucapnya menambahkan.

Meski masih menunggu informasi resmi mengenai regulasi tersebut, namun mantan pelatih PSM Makassar ini menilai positif jika jumlah pergantian pemain ditambah dari tiga menjadi lima.

Karena, melihat jadwal lanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang berlangsung padat dan setiap tim akan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan untuk melakoni laga tandang, lantaran klub hanya diperbolehkan menggunakan transportasi bus untuk mengunjungi home base lawan.

"Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan dan padatnya jadwal, tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna. Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif, karena akan menghadapi musim kompetisi yang sangat sibuk, lima bulan sejak Oktober nanti," ungkapnya.

"Jadi lima pergantian tentu bagus tapi bagaimana bisa melakukan itu, kami masih menunggu klarifikasi," jelas Robert Alberts.

Sementara itu, untuk mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020, skuat Persib Bandung sudah merekrut empat pemain U-20 dari Diklat Persib. Mereka disiapkan, lantaran setiap klub wajib memasukkan dua pemain U-20 dalam daftar susunan pemain.

Persib BandungPSSIRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Sepak BolaBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini