x

Merasa Kagum, Pelatih Asing Ajak Timnas Indonesia U-19 Lawan Argentina

Sabtu, 26 September 2020 06:40 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih sepak bola asal Argentina, Carlos Alberto Gomez, mengajak Timnas Indonesia U-19 latihan di negaranya.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Argentina yang juga mantan pemain Perseman Manokwari, Carlos Alberto Gomez, belum lama ini mengungkapkan rasa kagumnya kepada salah satu pemain Timnas Indonesia U-19. Hal itu pun membuat dirinya ingin membawa Skuat Garuda Nusantara untuk latihan di negaranya.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Carlos Alberto Gomez sempat memberikan sanjungan kepada salah satu pemain Timnas Indonesia U-19, Braif Fatari.

Baca Juga
Baca Juga

Sanjungan itu ia lontarkan tatkala Timnas Indonesia U-19 menahan imbang Arab Saudi dalam laga uji coba di Kroasia, Jumat (11/09/20) lalu.

Pada laga tersebut, muncul nama Braif Fatari yang sukses memikat para pencinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, ia berhasil menyelamatkan wajah Timnas Garuda Nusantara usai sebelumnya tertinggal 0-3, menjadi 3-3. Golnya di menit ke-84 berhasil membuat hasil akhir pertandingan tersebut menjadi imbang.

Tak ayal, pemain Persija Jakarta itu pun langsung menjadi sorotan Carlos Alberto Gomez. Remaja kelahiran Manado, 15 Juli 2020 ini mengingatkannya pada sosok Javier Pastore.

"Saya telah melihat sejak lama, kalau Braif Fatari adalah masa depan yang hebat untuk Indonesia. Dia memiliki keterikatan yang bagus antara kaki dan pikirannya. Saya langsung teringat dengan Javier Pastore ketika melihatnya," ucapnya kepada INDOSPORT.

Selain itu, Carlos Alberto Gomez juga memberikan sebuah saran kepada Indonesia untuk menambahkan kompetisi di level pertama. Hal ini bertujuan untuk membuat karakter dan kecerdasan pemain muda Indonesia tersebut berkembang.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya percaya bahwa menambahkan kompetisi di level pertama, akan membuat karakter dan kecerdasan mereka (pemain Timnas Indonesia U-19) tumbuh saat mengambil keputusan di atas lapangan," tambahnya.

"Saya percaya bahwa itu adalah kebijakan yang harus diadopsi oleh PSSI seiring pertumbuhan pemain tim nasionalnya. Membawa mereka ke Argentina akan mendapatkan pengalaman persaingan yang nyata," ajaknya.


1. Belatih di Argentina Melawan River Plate dan Boca Juniors

Timnas Indonesia U-19 saat melawan Qatar U-19.

Tak hanya itu, Carlos Alberto Gomez juga mengajak Timnas Indonesia U-19 untuk berlatih di Argentina. Disebutnya, kemungkinan skuat Garuda Nusantara ke negeri Lionel Messi itu akan terlaksana pada tahun 2021 mendatang.

"Tahun depan ada kemungkinan Timnas Indonesia akan datang ke Argentina untuk persiapan menjelang Piala Dunia U-20, yang akan digelar di Indonesia," tuturnya menjelaskan kepada INDOSPORT.

"Untuk memperoleh tes level yang sangat tinggi di sini, mereka akan diukur dengan melawan Timnas Argentina U-20, dan klub-klub paling terkenal di sini, seperti Boca Junior dan River Plate. Ada juga Timnas Uruguay U-20," tambahnya.

Disebutkan, dengan berlatih melawan tim-tim kuat di Argentina akan membantu Indonesia, yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia, untuk berbicara banyak di kancah internasional melalui sepak bola.

"Hal ini akan membuat Timnas Indonesia memperoleh persiapan yang baik dan nyata sebelum Piala Dunia, dan dengan tes pertandingan yang lebih penting bagi para pemainnya untuk mendapatkan pengalaman yang nyata," tutupnya.

Timnas Indonesia U-19 sendiri baru saja menelan kekalahan di ajang uji coba melawan Bosnia & Herzegovina. Skuat Shin Tae-yong kalah dengan skor 0-1 lewat gol bunuh diri Kong Tri di menit ke-20.

ArgentinaBoca JuniorsRiver PlateBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Carlos Alberto Gomez

Berita Terkini