x

Liga 1 Belum Jelas, Robert Alberts Enggan Mendramatisir Keadaan

Minggu, 18 Oktober 2020 20:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tidak mengetahui pasti dampak yang dialami pemainnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tidak mengetahui pasti dampak yang dialami pemainnya dengan tidak adanya kompetisi sejak pertengahan Maret 2020 lalu hingga saat ini.

Menurutnya, sekitar tujuh bulan kompetisi di Indonesia dihentikan karena pandemi corona atau covid-19 dan selama itu skuat Maung Bandung hanya bisa berlatih sambil menunggu kejelasan lanjutan Liga 1 2020 dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Baca Juga
Baca Juga

"Berdampak atau tidak, saya tidak terlalu mengetahui itu karena ini situasi yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya," kata Robert Alberts.

Pelatih asal Belanda ini, enggan mendramatisir keadaan yang terjadi saat ini. Karena, meski belum ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi, skuat Maung Bandung tetap menjalankan program latihan untuk menjaga kebugaran dan motivasi.

"Tentunya saya tidak mau mendramatisir ini, tapi kami punya keseharian sebagai pesepakbola dan itu sangat sulit," ungkapnya.

Sejak kompetisi dihentikan pada pertengahan Maret lalu, Persib sempat meliburkan aktivitasnya dan mulai berlatih kembali pada awal Agustus, untuk persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang akan bergulir pada 1 Oktober 2020.

Setelah hampir dua bulan berlatih, dan beberapa kali menggelar game internal serta pertandingan uji coba, kondisi tim kebanggaan Bobotoh sudah siap untuk kembali melanjutkan kompetisi. Namun, dua hari menjelang kick off, Selasa (29/09/2020) PSSI memutuskan untuk menunda kompetisi selama satu bulan.

Pada manager meeting yang digelar di Yogyakarta, Selasa (13/10/2020), seluruh klub sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November 2020. Hanya saja, hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian, lantaran pandemi covid-19 masih tinggi dan fokus pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Robert Alberts mengakui, perubahan kick off kompetisi cukup menganggu persiapan timnya. Karena, ia beberapa kali harus mengubah program latihan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Pemain banyak bekerja dengan bergerak dan bersiap, bagaimana bisa mengeluarkan kemampuan terbaik setiap saat dan ketika sudah siap untuk sesuatu tapi dibatalkan, lalu bersiap lagi dan batal lagi, itu akan sangat berat bagi siapapun untuk bangkit kembali," tegasnya.

Meski kelanjutan kompetisi belum jelas, Robert Alberts memastikan tidak akan meliburkan aktivitas tim dan tetap mempersiapkan pasukannya untuk mengarungi kompetisi Liga 1, yang diprediksi baru bisa bergulir pada Januari 2021.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler