x

Profil Singkat Pemain Timnas U-19, Kelana Noah Mahessa dan Luah Jeremy Mahessa

Selasa, 20 Oktober 2020 17:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa, dua pemain keturunan Indonesia-Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas U-19.

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia U-19 baru saja kedatangan dua pemain baru, yakni Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa. Keduanya adalah pemain keturunan berdarah Indonesia-Jerman dan merupakan kakak-adik.

Dua pemain tersebut tiba di Kroasia pada Minggu (18/10/20) atas undangan pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Jarak yang dekat antara Jerman-Kroasia jadi alasan Shin Tae-yong meminta Kelana dan Jeremy untuk datang.

"Ya saya mengundang dua pemain ini untuk datang ke Kroasia karena saya ingin melihat langsung kualitas mereka. Pertimbangan mendatangkan dua pemain ini ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh ke sini," beber Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

Baca Juga
Baca Juga

Baru bergabung latihan sejak kemarin, Mahessa bersaudara sudah dilibatkan dalam laga uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan tim Kroasia, Hajduk Split, Selasa (20/10/20) sore ini.

Hingga saat ini, tercatat Timnas Indonesia U-19 telah dihuni empat pemain keturunan setelah Shin Tae-yong juga memanggil Jack Brown dan Elkan Baggott sebelumnya.

Untuk mengenal lebih jauh Mahessa Bersaudara, INDOSPORT telah merangkum profil singkat kedua pemain keturunan ini dalam sejumlah fakta menarik.

Berstatus WNI

Kelana Noah Mahessa lahir 30 Januari 2001 dan Luah Fynn Jeremy Mahessa lahir pada 30 Juli 2002. Ia dan sang adik yang sama-sama lahir di Jerman, memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Rully Mahessa, yang berasal dari Sukabumi.

Jika ingin membela Indonesia, Mahessa Bersaudara tak perlu menjalani proses naturalisasi, sebab keduanya berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Kelana dan Jeremy pun pernah melakukan trial bersama klub Liga 1 Indonesia, yakni Persela Lamongan pada Agustus 2019 lalu selama dua hari. Namun keduanya belum berjodoh dengan klub asuhan Nilmaizar saat itu.


1. Berkarier di Jerman

Kelana Noah Mahessa pemain keturunan Indonesia-Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas U-19.

Dari laman Transfermarkt, Kelana Noah Mahessa tercatat pernah menimba ilmu di tim FC Koln Junior pada 2017 silam. FC Koln sendiri adalah klub ternama di Bundesliga Jerman.

Pemain bertinggi badan 182 cm itu lalu melanjutkan kariernya bersama tim FC Viktoria Cologne U-17. Semusim kemudian, ia bergabung dengan tim Bonner SC U-19.

Barulah pada Juli 2020 lalu, Kelana bergabung di tim senior Bonner yang berlaga di Regionalliga West atau liga kasta keempat di Jerman.

Baca Juga
Baca Juga

Berdasarkan catatan Transfermarkt, kontrak Kelana Noah Mahessa bersama Bonner SC baru berakhir pada Juni 2021. Saat ini, perkiraan harganya mencapai angka 25 ribu Euro atau lebih dari Rp432 juta.

Sementara Luah Fynn Jeremy Mahessa bergabung ke tim Bonner U-19 sejak musim 2020 dari klub DJK Sudwest Koln.

Baik Kelana Noah Mahessa maupun Luah Fynn Jeremy Mahessa sama-sama berposisi gelandang. Posisi utama Kelana adalah gelandang bertahan dan dalam laga Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split, ia diturunkan bersama Witan Sulaeman, Beckham Putra, dan Mochammad Supriadi.

Timnas u-19Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19profilBerita Timnas IndonesiaLuah Fynn Jeremy MahessaKelana Noah Mahessa

Berita Terkini

Berita Terpopuler