x

Pincang di Pertahanan, 3 Pemain Juventus yang Bakal Krusial Vs Barcelona

Selasa, 27 Oktober 2020 15:52 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Setidaknya tiga pemain Juventus berikut bakal krusial dalam pertemuan melawan Barcelona di matchday kedua Liga Champions mengingat Andrea Pirlo tengah krisis bek.

INDOSPORT.COM - Setidaknya tiga pemain Juventus berikut bakal krusial dalam pertemuan melawan Barcelona di matchday kedua Liga Champions mengingat Andrea Pirlo tengah krisis bek.

Pertandingan kedua Grup Liga Champions 2020/21 antara Juventus vs Barcelona bakal berlangsung di Stadion Allianz, Kamis (29/10/20) dini hari WIB.

Menghadapi Barcelona yang dalam periode jelek, kekuatan Juventus begitu timpang terutama di lini belakang. Setelah Matthijs de Ligt dan Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci bek tengah terkini Si Nyonya Tua yang harus cedera.

Baca Juga
Baca Juga

Bonucci mengalami masalah di pahanya sehingga harus digantikan pada laga imbang 1-1 Juventus vs Verona di Serie A pada akhir pekan lalu. Dia pun diprediksi absen melawan Barcelona.

Maka, praktis Juventus cuma memiliki Merih Demiral sebagai bek tengah murni di skuat utama saat ini. Andrea Pirlo selaku pelatih pun patut memutar otak sebelum menentukan ingin memakai pola tiga bek, taktik yang sering ia terapkan musim ini, atau empat bek yang membawa Juve mengalahkan Dynamo Kiev 2-0 pekan lalu.

Apapun formula yang akan Juventus gunakan, Andrea Pirlo sebaiknya memainkan tiga sosok berikut yang bakal krusial melawan Barcelona.

1. Danilo

Keputusan Juventus mendatangkannya sekaligus melepas Joao Cancelo ke Manchester City sempat menuai kritik pedas. Akan tetapi, di awal musim ini, Danilo membuktikan dirinya layak berada di skuat Andrea Pirlo.

Sebagai bek kanan, Danilo menjadi salah satu 'korban' eksperimen Andrea Pirlo yang juga menurunkannya sebagai bek kiri, wing-back kiri, atau bek tengah kiri musim ini, baik dalam pola tiga atau empat bek.

Baca Juga
Baca Juga

Danilo tak mengecewakan Pirlo. Seperti saat melawan Dynamo Kiev, ia tampil mendominasi sisi kiri Juventus. Pemain asal Brasil itu sigap dalam mengawal pertahanan sekaligus membantu serangan.

"Saya merasa baik dalam pola tiga bek. Saya dapat lebih rutin dribel seperti yang Pirlo minta dan membuat hidup para penyerang lebih mudah," ujar Danilo.


1. 2. Dejan Kulusevski

Selebrasi gol Dejan Kulusevski dalam lanjutan Liga Italia Juventus vs Hellas Verona.

Selain Alvaro Morata, Dejan Kulusevski menjadi pemain baru Juventus yang langsung berdampak instan. Contoh terkini melawan Verona di mana daya gedor Juve langsung meningkat ketika ia masuk di babak kedua.

Segala atribut menyerang Kulusevski, termasuk kecepatannya, bisa membuat sektor kiri Barcelona kewalahan. Terutama, Jordi Alba memang tengah mengalami penurunan performa.

Yang menarik, Dejan Kulusevski mungkin akan dituntut untuk turun ke pertahanan dan berkolaborasi dengan bek kanan Juan Cuadrado mengingat ia sepertinya akan adu sprint dengan talenta muda berbakat Barcelona, Ansu Fati.

Ketika berhasil mematikan serangan, Dejan Kulusevski dapat berperan penting dalam skema serangan balik Juventus selama melawan Barcelona.

3. Weston McKennie

Setelah pulih dari covid-19, Weston McKennie kini harus kembali merebut hati Andrea Pirlo buat kembali ke starting XI di tengah solidnya Arthur Melo dan kepercayaan Andrea Pirlo pada sosok Adrien Rabiot atau Rodrigo Bentancur.

Meski demikian, Pirlo sepertinya bakal membutuhkan jasa Weston McKennie dalam mematikan aliran bola kaki ke kaki yang diperagakan Barcelona.

Di Serie A musim ini, pemain Amerika Serikat itu merupakan pemain Juventus yang paling sering memblok umpan lawan, yakni empat kali, meski cuma bermain dua pertandingan.

Berposisi asli sebagai gelandang, Weston McKennie bisa jadi jawaban krisis bek Juventus. Dia pernah berperan dan tampil baik sebagai bek tengah darurat dalam pola tiga bek ketika masih memperkuat Schalke.

BarcelonaLiga ChampionsAndrea PirloJuventusDaniloBerita Liga Champions EropaDejan KulusevskiWeston McKennie

Berita Terkini

Berita Terpopuler