x

Waspada Zidane! Pelatih Gladbach Punya Level Setara Klopp dan Tuchel

Selasa, 27 Oktober 2020 14:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pelatih Borussia Monchengladbach, Marco Rose siap mengancam Zinedine Zidane di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Pelatih Borussia Monchengladbach siap membuat Zinedine Zidane pusing di Liga Champions karena memiliki catatan yang setara dengan Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel.

Monchengladbach akan meladeni tantangan Real Madrid di kandang Borussia-Park untuk matchday kedua fase grup B Liga Champions yang digelar pada Rabu (28/10/20) dini hari.

Berangkat sebagai tim kuda hitam, Gladbach berpeluang besar meraup tiga poin penuh melawan Los Blancos. Hal ini tak lepas dari tren positif yang dikantongi tim berjuluk Die Fohlen belakangan.

Baca Juga
Baca Juga

Diketahui, Gladbach tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Salah satunya saat menahan imbang 2-2 Inter Milan yang merupakan favorit di grup B pada laga perdana mereka di ajang Eropa.

Catatan apik tim asal Jerman ini tak lepas dari tangan dingin pelatihnya, Marco Rose. Dan di bawah arahan juru taktik asal Jerman inilah, Gladbach diprediksi bakal membuat Real Madrid yang diasuh Zidane kacau balau.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, Marco Rose telah mempopulerkan permainan langsung dan hingar binger di Gladbach. Gaya seperti ini tentu saja bakal menguji kesabaran pemain El Real seperti Luka Modric, Toni Kroos, Karim Benzema, dan Casemiro di laga nanti.

Gaya permainan Rose di Gladbach ini tak lepas dari pengalamannya saat masih bermain di Mainz 05 dan mendapatkan ilmu sepak bola dari pelatih Jurgen Klopp.

Kehebatan Klopp kala itu berhasil membuat Mainz sanggup dua kali sukses promosi ke Bundesliga pada awal kariernya. Sejak saat itu, Rose tidak pernah meninggalkan Mainz meski sempat terlempar ke skuat cadangan di tahun 2010, sebelum akhirnya pensiun tahun 2011.

Sepeninggalan Klopp pada tahun 2008, Rose pun masih tetap mengabdi untuk Mainz meski dengan status berbeda. Klub saat itu menunjuk Thomas Tuchel yang kini melatih Paris Saint-Germain.

Tuchel langsung mengangkat Rose yang merupakan pemain senior dan sudah lama berada di klub, menjadi asistennya. Dari sini ia mulai belajar menekuni dunia kepelatihan.

berbekal ilmu dari dua pelatih legendaris Jerman ini, Rose pun berani menerima tantangan menukangi Red Bull Salzburg, sebelum dua tahun bekerja untuk Leipzig.

Dengan gaya yang sama yang digunakan oleh RB Leipzig, Salzburg di bawah arahan Rose mengalahkan Atletico Madrid asuhan Diego Simeone untuk mencapai semifinal Liga Champions musim lalu.

Pelatih berusia 44 tahun itu untuk pertama kali memenangkan UEFA Youth League bersama Salzburg dan, sebelum bergabung ke Gladbach, ia memenangkan dua gelar Bundesliga Austria berturut-turut, satu Piala Austria dan berhasil mencapai semifinal Liga Europa.

Jadi bisa dibilang, Rose merupakan bagian dari generasi pelatih Jerman yang sukses di Eropa. Levelnya pun hampir setara dengan Klopp yang memenangkan Liga Champions untuk Liverpool dua musim lalu, dan Tuchel saat mengantarkan Paris Saint-Germain sebagai runner-up Liga Champions.

Rose juga masih satu angkatan dengan Hansi Flick yang membawa Bayern Munchen ke level baru, uakni mengalahkan PSG di final Liga Champions setelah mengambil alih posisi Niko Kovac.

Baca Juga
Baca Juga

Nah, dengan catatan mentereng Marco Rose ini, Zidane wajib bersikap waspada dengan kehebatan pelatih Jerman yang bakal dia hadapi di laga kedua Liga Champions nanti.

Meski sudah berbekal kemenangan El Clasico, jangan sampai Zidane lengah hingga membuat Real Madrid kecolongan poin untuk kali kedua yang mana hasil minor bisa membuat posisi Zidane sebagai pelatih melayang musim ini.

Real MadridZinedine ZidaneLiga ChampionsBorussia MonchengladbachBerita Liga Champions EropaMarco Rose

Berita Terkini

Berita Terpopuler