x

3 Wonderkid Keturunan Indonesia di Klub Belanda, Bakal Curi Perhatian Shin Tae-yong?

Rabu, 28 Oktober 2020 11:01 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Jim Croque, salah satu pemain keturunan Indonesia yang merumput bersama klub Belanda, Vitesse U-17.

INDOSPORT.COM - Ada beberapa pemain muda keturunan Indonesia yang kini diketahui merumput di klub-klub Belanda. Berikut INDOSPORT merangkum deretan pemain berdarah Indonesia yang bermain di Negeri Kincir angin dan bisa ditarik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-19.

Setelah menjalani pemusatan latihan di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 rencananya akan kembali melanjutkan training center mereka ke Belanda. Hal tersebut juga dimanfaatkan Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong untuk memantau pemain keturunan.

Baca Juga
Baca Juga

"Di dalam rumusan kami kenapa Belanda, di sana banyak tim-tim bagus," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kedua Shin Tae-yong menyampaikan juga dalam diskusi, di sana (Belanda) juga banyak pemain keturunan Indonesia, sambil melihat, siapa tau ada," tambahnya.

Shin Tae-yong sendiri sebelumnya telah memanggil beberapa pemain keturunan Indonesia yang merumput di luar negeri untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia. Sebut saja Jack Brown, Elkan Baggott, hingga dua bersaudara Noah dan Kelana Mahesa.

Pelatih asal Korea Selatan itu nampaknya cukup terkesan dengan penampilan para pemain keturunan Indonesia tersebut. Ia bahkan memberikan kepercayaan untuk pemain-pemain keturunan Indonesia turun di beberapa laga uji coba di Kroasia.

Sehingga tak menutup kemungkinan Shin akan kembali memangggil beberapa nama pemain muda keturunan Indonesia ke Skuat Garuda Asia. Nyatanya, banyak pemain-pemain berdarah Indonesia yang memilih untuk berkarier di Negeri Kincir Angin.

Masih berusia muda dan potensial serta merasakan kerasnya persaingan di level junior klub-klub Belanda membuat mereka cukup menjanjikan.

Selain tentunya dengan deretan pemain muda Indonesia lainnya di Timnas U-19 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan di Tanah Air.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 pemain muda alias wonderkid keturunan Indonesia yang merumput di Belanda.

Ivar Jenner

Ivar Jenner berlaga di Liga Belanda U-15.

Ivar Jenner merupakan pemain keturunan Indonesia yang saat ini bergabung dengan klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht. Baru berusia 15 tahun, Ivar yang memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah yang berdarah Jawa cukup menjanjikan untuk Timnas U-19.

Ivar bahkan telah beberapa kali dipercaya untuk memegang ban kapten untuk tim junior FC Utrecht. Jika mampu tampil konsisten tak menutup kemungkinan ia akan mendapatkan satu tempat di skuat senior FC Utrecht yang bermain di kasta tertinggi sepak bola Belanda.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ungkap Ivar Jenner kepada awak INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Memiliki pengalaman ditempa di klub Eropa membuat Ivar layak dipertimbangkan Shin Tae-yong untuk dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.


1. Jim Croque

Jim Croque

Jim Croque merupakan striker muda milik klub Belanda, Vitesse Arnhem. Croque yang mendapatkan julukan Lewandowski Jawa baru berusoa 15 tahun dan kini bermain untuk Vitesse U-17.

im Croque mengidolakan penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski, sekaligus punya darah Jawa di dalam tubuhnya. Khusus soal darah Jawa, Jim Croque mendapatkannya dari garis keturunan ayahnya.

"Kakek nenek saya berasal dari Jawa, jadi ayah saya 100 persen memiliki darah Indonesia," ucap Jim Croque kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Gilles Joannes

Gilles Joannes, Wonderkid Berdarah Jakarta yang Tampil di Liga Belanda

Gilles Joannes merupakan pemain muda Indonesia yang kini bermain untuk tim NAC Breda. Gelandang muda berusia 17 tahun tersebut menyebut jika ia memiliki darah Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Jakarta.

"Saya memiliki darah Indonesia, kakek nenek dari pihak ayah adalah orang Jakarta. kakek dan nenek saya datang ke Belanda, dan kemudian ayah saya lahir di sini (Belanda),” ucap Gilles Joannes.

Joannes mengaku dirinya tak sabar menantikan panggilan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia suatu saat nanti. Meski begitu, Gilles Joannes mengaku masih harus berkonsultasi dengan keluarga besarnya terkait perpindahan paspor dari Belanda menjadi Indonesia.

Selain ingin kembali ke kampung halaman sang kakek, Gilles Joannes ingin menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 tahun depan. 

“Sepertinya akan sangat keren untuk saya jika bisa ke sana. Sudah lama saya ingin datang ke indonesia terutama Jakarta, dan pasti menyenangkan jika bisa menyaksikan Piala Dunia di sana,” tambahnya.

Timnas u-19Timnas Indonesia U-19Ivar JennerShin Tae-yongJim CroqueGilles Joannes

Berita Terkini

Berita Terpopuler