x

Mau Pilih Ozan Kabak atau Dayot Upamecano, Liverpool?

Kamis, 29 Oktober 2020 21:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ozan Kabak dan Dayot Upamecano, siapa yang cocok untuk Liverpool?

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, sedang membutuhkan bek tengah. Kira-kira lebih baik pilih Ozan Kabak atau Dayot Upamecano ya?

Jurgen Klopp kini tengah pusing menyusul situasi salah satu bek andalannya, Virgil van Dijk, yang cedera ACL. Pemain asal Belanda itu pun harus absen sampai berbulan-bulan.

Sudah jatuh tertimpa tangga, Liverpool pun kembali diterpa musibah. Fabinho yang sementara jadi pengganti Virgil van Dijk dan Joel Matip kini juga terpaksa menepi lantaran cedera.

Fabinho ditarik keluar saat pertandingan Liverpool vs Midtjylland setelah mengalami masalah hamstring. Ia pun langsung menjalani proses pindai untuk melihat seberapa parah cedera yang dialami.

Baca Juga
Baca Juga

Klopp sendiri belum bisa memastikan kondisi Fabinho. Pasalnya, ia dan tim medis masih harus melihat hasil pemeriksaan berkala untuk menentukan langkah yang harus diambil seterusnya.

“Saya tidak tahu. Seperti yang Anda tahu, cedera otot memang seperti itu. Kami harus menunggu,” ujarnya seperti dikutip dari laman Football365.

Namun diberitakan Daily Mail, Klopp sepertinya masih punya harapan karena hasil pemeriksaan Fabinho tidak separah yang banyak orang bayangkan. Hanya saja, Liverpool harus mencari alternatif kalau-kalau krisis bek tengah mereka semakin parah.

Dua di antara nama yang bisa didatangkan Liverpool untuk mengisi peran bek tengah adalah Ozan Kabak (Schalke 04) dan Dayot Upamecano (RB Leipzig).

Baca Juga
Baca Juga

Sama-sama berasal dari Jerman, menunjukkan bahwa talenta-talenta yang bermain di ajang Bundesliga memang tidak ada matinya. Apalagi, baik Kabak maupun Upamecano juga masih berusia muda.

Kabak lahir pada tanggal 25 Maret 2000 dan kini berusia 20 tahun, sedangkan Upamecano adalah pemain kelahiran 27 Oktober 1998, usianya sekarang 22 tahun.

Bicara soal harga, Kabak dibanderol sekitar 30 juta euro (sekitar Rp520,1 miliar) dengan masa akhir kontrak Juni 2024. Upamecano bernilai sedikit lebih mahal yakni 50 juta euro (Rp866,9 miliar) dengan batas kontrak Juni 2023.

Pertanyaannya sekarang, siapa kira-kira yang lebih baik diboyong Liverpool di bursa transfer mendatang? Masing-masing pemain ini tentu memiliki kelebihan yang bisa dipertimbangkan Klopp sebelum mengambil keputusan.


1. Ozan Kabak atau Dayot Upamecano, Siapa yang Lebih Cocok?

Apakah Ozan Kabak cocok ke Liverpool?

Ozan Kabak

Beberapa waktu belakangan, nama Ozan Kabak mencuat di berbagai macam pemberitaan dan dikaitkan dengan Liverpool. Peluangnya untuk merapat ke Anfield bisa dibilang cukup lumayan mengingat ia dahulu adalah anak asuh David Wagner.

Wagner sendiri adalah teman baik Klopp di Jerman. Oleh karena itu, kemungkinan besar dua pelatih ini sudah sering membicarakan dan bertukar pikiran soal Kabak.

Selain itu, pemain yang bernama lengkap Ozan Muhammed Kabak tersebut juga sangat bersemangat dalam setiap hal yang dilakukannya - cocok dengan karakter Liverpool yang sentimental dan penuh passion.

“Dia ingin tahu segalanya, dia ingin segera bisa bahasa Jerman supaya bisa memahami semuanya. Dia sudah menjadi seorang role model meski usianya masih muda,” ujar direktur olahraga VfB Stuttgart, Thomas Hitzlsperger.

Kabak yang juga bisa berperan sebagai gelandang bertahan pun jadi nilai tersendiri untuk masuk ke skuat Jurgen Klopp. Ia seorang pemain berkaki kanan namun tidak masalah jika harus melakukan tekel dengan kaki kiri.

Kabak adalah bek tengah yang bisa bermain di sebelah kiri jika memang diperlukan. Namun ia juga bisa membantu rekan-rekannya melakukan serangan balik saat tempo permainan mendadak berubah.

Dengan statistik kesuksesan tekel 84 persen selama satu musim, ia cukup berbakat ketika harus melakukan transisi cepat dalam permainan.

Dayot Upamecano

Apakah Dayot Upamecano yang lebih cocok untuk Liverpool?

Di RB Leipzig, Upamecano adalah bek tengah yang biasa beroperasi di sebelah kiri, namun ia juga bisa berada di kanan jika memang dibutuhkan. Sejak bergabung pada 2017 lalu, ia kemudian menjelma sebagai salah satu bek muda terbaik di Eropa.

Tidak heran apabila dirinya sempat jadi rebutan sejumlah klub seperti Manchester United dan Arsenal di bursa transfer lalu. Sepertinya, kompetisi Liga Inggris bisa jadi takdir dan pelabuhan selanjutnya baginya.

Upamecano memiliki keunggulan di duel udara dan rate recovery ball yang apik, mungkin bisa jadi salah satu poin penting bagi Klopp untuk merekrutnya.

Pertandingan saat melawan Atletico Madrid di Liga Champions musim lalu adalah salah satu performa memikat yang pernah ditunjukannya. Bahkan, Diego Costa dan Joao Felix sampai tidak berdaya dibuatnya.

Selama laga tersebut, ia sudah melakukan 99 sentuhan, tiga intersep, dan jadi bagian penting RB Leipzig saat menghalau serangan Atletico Madrid. Gelar Man of the Match dari UEFA berhasil ia kantongi.

Kabak atau Upamecano

Dari dua pilihan di atas, Dayot Upamecano memiliki keunggulan dari segi pengalaman, baik di Bundesliga Jerman maupun Liga Champions. Di sisi lain, Ozan Kabak sejauh ini belum meraih hasil impresif bersama Schalke 04.

Akan tetapi, jikal Liverpool membutuhkan pemain pengganti Virgil van Dijk, Kabak bisa jadi pilihan tepat karena ada potensi ia akan memainkan peran yang lebih sedikit ketika Van Dijk kembali.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisVirgil van DijkSepak BolaBerita Liga InggrisDayot UpamecanoOzan Kabak

Berita Terkini

Berita Terpopuler