x

Dapat Lisensi C AFC, Kiper PSIS Ingin Langsung Terapkan di Lapangan

Selasa, 24 November 2020 13:02 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo telah berhasil mendapatkan lisensi C AFC di bidang kepelatihan. Pemain berusia 31 tahun ini mendapatkan lisensi C setelah mengikuti program di Jakarta pada tanggal 7 – 18 November 2020 kemarin.

Pada saat mengikuti program lisensi C, Joko Ribowo mendapatkan ilmu secara langsung dari beberapa pelatih berpengalaman di Indonesia seperti Iwan Setiawan.

Baca Juga
Baca Juga

Joko Ribowo mengaku bersyukur atas pencapaiannya kali ini. Apalagi ia memiliki akademi Joko Ribowo Football Academy (JRFA) di Pati yang bisa ia kembangkan setelah mendapat lisensi C AFC.

Terlebih, salah satu tujuannya mengambil lisensi C yakni untuk mengembangkan JRFA supaya lebih modern dan nantinya akan menghasilkan pesepak bola andal dari tanah Kabupaten Pati dan sekitarnya.

“Alhamdulillah lisensi C kemarin berjalan lancar di Jakarta. Kebetulan saya punya akademi sehingga sangat bagus untuk saya sebagai pembina akademi di JRFA. Sangat bermanfaat juga buat adik-adik kampung. Nanti akan saya aplikasikan tentang filanesia ini supaya bermanfaat buat adik-adik,” tandas Joko Ribowo, Selasa (24/11/20).

Tak hanya itu, ia juga bersyukur karena telah mendapatkan lisensi C AFC pada saat belum pensiun. Joko pun akan menerapkan secara langsung ilmunya di lapangan ketika kompetisi Liga 1 kembali berjalan dan ia kembali merumput bersama PSIS.

“Mungkin ini sangat bermanfaat buat saya sebagai pemain aktif di kompetisi profesional karena sudah dapat ilmu baru sepak bola modern,” bebernya.

“Bagaimana kami sebagai pemain tahu posisi, tahu bagaimana cara meminta bola, mengatasi masalah di lapangan. Alhamdulillah sekali lagi ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pesepak bola yang masih aktif,” jelas penjaga gawang yang juga pernah merumput bersama Arema FC ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan pencapaiannya meraih lisensi C AFC, maka Joko Ribowo menjadi satu-satunya pemain PSIS yang telah mendapatkan lisensi kepelatihan di tingkat C. Ke depannya, Joko Ribowo berharap bisa kembali melanjutkan di tingkat lebih tinggi seperti lisensi B, A, atau pun APro.

AFCPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaJoko RibowoBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini