x

Jadi Bidikan 3 Klub, Mana Opsi Terbaik untuk Dean Henderson?

Rabu, 25 November 2020 15:19 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dean Henderson santer disebut akan meninggalkan MU sebagai pemain pinjaman Januari nanti. Masuk bidikan 3 klub, mana yang jadi opsi terbaik baginya?

INDOSPORT.COMDean Henderson santer disebut akan meninggalkan MU sebagai pemain pinjaman Januari nanti. Masuk bidikan 3 klub, mana yang jadi opsi terbaik baginya?

Musim 2019/2020 lalu boleh jadi menjadi periode terbaik dalam karier Dean Henderson. Menjalani debut di kasta tertinggi Liga Inggris, Deano sukses membawa timnya Sheffield United yang berstatus tim promosi finis di peringkat sembilan.

Henderson sendiri sukses mencatatkan 13 cleansheet dan hanya kebobolan 33 kali dari 36 penampilan di Liga Inggris.

Penampilan gemilang itu pun membuat klub induknya, Manchester United, memasukkannya ke tim utama musim ini. Tak cuma itu, Henderson bahkan digadang bakal menggusur David de Gea sebagai kiper nomor satu Setan Merah.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, usai beberapa bulan berjalan, situasinya tidak seperti yang diharapkan. David de Gea masih menjadi pilihan utama manajer Ole Gunnar Solskjaer. Akibatnya, Henderson pun tercatat baru tampil tiga kali musim ini tanpa sekalipun bermain di Liga Inggris (dua Piala Liga, satu Liga Champions).

Situasi ini pun membuat Dean Henderson ingin mencari kesempatan di luar Old Trafford, demi mengamankan tempatnya di skuat timnas Inggris. Apalagi, pertengahan tahun 2021 nanti Inggris akan berlaga di Piala Eropa.

Penampilan reguler di level klub pun diyakini akan memperbesar peluang Henderson menjadi kiper utama Inggris, mengingat penampilan Jordan Pickford juga tidak terlalu memuaskan.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan kenyataan Solskjaer masih memilih mengutamakan David de Gea, maka satu-satunya jalan bagi Henderson mendapatkan menit bermain adalah dengan hengkang. Mengingat ia masih diharapkan menjadi andalan Setan Merah di masa depan, pergi sebagai pemain pinjaman pun jadi opsi terbaik.

Apalagi, kiper berusia 23 tahun itu diketahui sudah memiliki sejumlah peminat. Media The Sun menyebut Henderson menjadi incaran dua klub Liga Inggris yakni Leeds United dan Brighton & Hove Albion. Selain itu, ada pula raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic yang juga meminatinya.

Lantas, mana yang jadi opsi terbaik bagi Dean Herderson di bursa transfer Januari nanti?


1. Dua dari Inggris dan Satu dari Skotlandia

Dean Henderson, kiper Manchester United.

1. Brighton & Hove Albion

Bergabung dengan Brighton & Hove Albion membuat Dean Henderson tidak perlu beradaptasi dengan kompetisi yang baru. Di sisi lain, bertahan di Liga Inggris juga akan lebih menguji kemampuan sang kiper karena adanya sejumlah penyerang hebat seperti Harry Kane dan Mohamed Salah.

Meski demikian, menggusur Mat Ryan yang kini memasuki musim keempat sebagai kiper utama Brighton bukanlah tugas mudah. Selain itu, buruknya kualitas lini belakang Brighton juga akan menyulitkan Henderson mencetak cleansheet.

2. Leeds United

Opsi lain yang bisa diambil Henderson jika ingin bertahan di Liga Inggris adalah bergabung dengan Leeds United. Keberadaan Marcelo Bielsa sebagai pelatih pun diyakini bisa menjadi pengalaman baru yang sangat berharga bagi sang penjaga gawang, khususnya dalam pengetahuan taktikal.

Namun, jaminan mendapatkan menit bermain di Leeds United tidak akan mudah didapatkan. Pasalnya, meski sudah kebobolan 17 kali dari 9 pertandingan, Illan Meslier sejatinya tampil cukup baik mengawal gawang Leeds dan sudah menorehkan 3 cleansheet.

3. Glasgow Celtic

Peluang menit bermain tertinggi justru datang dari Glasgow Celtic, mengingat pelatih Neil Lennon bergantian memainkan Vasilis Barkas dan Scott Bain yang menunjukkan ia tak terlalu memercayai mereka. Di sisi lain, bergabung dengan tim papan atas juga akan bagus bagi mental Henderson.

Meski demikian, menjajal lingkungan dan kompetisi yang sepenuhnya baru bagi Henderson yakni Liga Skotlandia, bisa jadi membuat sang penjaga gawang membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi dan menunjukkan performa terbaiknya bersama Celtic.

Bursa TransferManchester UnitedGlasgow CelticBrighton & Hove AlbionLeeds UnitedLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferDean Henderson

Berita Terkini