x

Tommy St. Jago, Si 'Bang Jago' Berdarah Indonesia yang Diincar Aston Villa

Sabtu, 28 November 2020 17:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Tommy St. Jago

INDOSPORT.COM - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang 'menyebar' keturunannya di segala penjuru dunia dalam ranah sepak bola. Dan terbaru, terdapat nama Tommy St. Jago, remaja tangguh berdarah Indonesia-Belanda-Curacao.

Seperti kita ketahui sebelumnya, banyak sekali pemain-pemain yang bernaung di kompetisi Eropa, terutama Belanda, yang memiliki darah campuran dengan Indonesia. Hal ini tak mengherankan, mengingat Belanda dulu sempat menduduki wilayah Tanah Air selama ratusan tahun lamanya.

Baca Juga
Baca Juga

Hal itu pun terbawa hingga kini, tepatnya dalam ranah sepak bola. Banyak pemain-pemain yang bermain di klub sepak bola Belanda, baik akademi hingga senior, dan memiliki darah Indonesia.

Salah satu pemain Belanda berdarah Indonesia yang paling terkenal adalah Robin van Persie. Siapa yang tidak kenal dengan 'legenda' Manchester United dengan cap pengkhianat dari Arsenal satu ini?

Tak hanya dari Belanda, terdapat pula beberapa pemain keturunan Indonesia yang juga berkarier di luar Negeri Kincir Angin. Salah satunya adalah Radja Nainggolan, bintang Inter Milan yang juga pernah memperkuat Timnas Belgia.

Terbaru, terdapat nama Pascal Struijk. Bek tangguh keturunan Indonesia-Belanda ini bermain di divisi utama Liga Inggris, alias Liga Primer Inggris bersama dengan Leeds United.

Bek berusia 21 tahun ini sempat viral saat laga pembuka Liga Primer Inggris musim 2020/2021. Kala itu, Leeds Uniter bertandang ke tempat angker di Inggris, Anfield Stadium, markas dari Liverpool.

Dalam laga tersebut, Leeds United kalah 3-4. Namun aksi Pascal dalam laga itu menjadi sorotan media-media ternama Inggris. Pasalnya, Pascal dimainkan sejak menit pertama karena untuk menggantikan bek utama The Peacocks, yakni Liam Cooper.

Membuat trio penyerang berkualitas Liverpool seperti Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino kewalahan, membuat legenda Leeds United, Noel Whelan, memuji remaja berdarah Indonesia itu.

“Saya pikir Struijk memiliki permainan yang baik di laga itu mengingat ia menghadapi tiga penyerang tangguh. Dia tidak banyak berbuat kesalahan,” ujar Whelan usai laga Liverpool vs Leeds United.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Pascal Struijk, terdapat pula pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Liga Primer Inggris. Dia adalah Justin Quincy Hubner, bek berusia 18 tahun milik Wolverhampton Wanderers.

Tak sampai di situ, pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Liga Primer Inggris berpotensi bertambah dengan kehadiran satu sosok lagi pemain bintang dari klub Belanda. Dia adalah Tommy St. Jago, bek andalan FC Utrecht.


1. Tommy St. Jago, Si 'Bang Jago' yang Siap Gemparkan Liga Primer Inggris

Aksi Tommy St. Jago

Tommy St. Jago adalah bek andalan FC Utrecht. Mendengar namanya, tentu menjadi hal yang menarik untuk telinga para fans sepak bola Indonesia.

Pasalnya, kata Jago yang menjadi nama akhirnya itu memiliki arti hebat, kuat, tangguh, juara, mahir atau apapun yang memiliki makna luar biasa di bidangnya. Dan secara kebetulan, Tommy St. Jago adalah bek keturunan Indonesia-Belanda-Curacao.

Remaja yang lahir pada tanggal 3 Januari 2000 ini memulai kariernya sebagai seorang pemain sepak bola dari akademi Ajax Amsterdam. Dirinya pun pindah ke akademi FC Utrecht sejak Juli 2011.

Sembilan tahun dirinya menuntut ilmu di FC Utrecht, ia pun dipromosikan untuk bersaing dengan tim senior pada Juli 2020. Meskipun baru, dirinya langsung 'nyetel' dengan pola permainan pelatih Rene Hake.

Terhitung, dari delapan laga yang telah dimainkan FC Utrecht di Eredivisie, kasta teratas Liga Belanda, Tommy St. Jago telah tampil sebanyak delapan kali. Dari delapan laga tersebut, hanya sekali dirinya tidak bermain 90 menit. 

Kala itu, Tommy St. Jago hanya bermain selama 45 menit saat FC Utrecht dikalahkan oleh Heracles Almelo dengan skor 1-4.

Kehebatan Tommy St. Jago yang benar-benar jago dalam menjaga area pertahanan nyatanya menyita perhatian salah satu klub bersejarah Liga Primer Inggris, Aston Villa.

Dilansir dari sportingferret, Tommy St. Jago menjadi salah satu bidikan Aston Villa dalam bursa transfer musim dingin di bulan Januari 2021 nanti. 

Dalam situs tersebut dikatakan juga bahwa Tommy St. Jago tidak hanya jago dalam menjaga area pertahanan, tapi juga memiliki akurasi yang mumpuni. Tercatat, dirinya memiliki akurasi umpan sukses sebanyak 90 persen.

Tentu bila dirinya bergabung ke FC Utrecht, akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk para fans sepak bola di Indonesia. Karena, bertambah satu lagi orang jago keturunan Indonesia yang berlaga di kancah Liga Primer Inggris.

Aston VillaLiga Primer InggrisLiga InggrisBola InternasionalFC UtrechtTommy St. Jago

Berita Terkini