x

Banggakan Pencapaian 'Ajaib' FIFA, Vietnam Sindir Menusuk Timnas Indonesia

Selasa, 1 Desember 2020 00:59 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
Park Hang Seo bersama Timnas Vietnam mampu torehkan pencapaian ajaib pada peringkat FIFA. Mereka pun menyindir Timnas Indonesia dengan cara ini.

INDOSPORT.COM - Sakit hati, nampak umpama yang pantas dirasakan oleh Timnas Indonesia. Bagaimana tidak? Park Hang-seo beserta Timnas Vietnam sukses menyindir mereka lewat pencapaian ajaib FIFA.

Kegagalan pelatih Simon McMenemy di ajang kualifikasi Piala Dunia tingkat Asia cukup berikan pengaruh besar. Ya, pada grup G, Tanah Air jadi bulan-bulanan berbagai klub tetangga seperti Malaysia, Uni Emirat Arab (UEA), Thailand, dan Vietnam dengan lima kekalahan.

Tentu saja hal ini lantas membuat PSSI secara tegas lakukan pemecatan kepada McMenemy dan menggantinya dengan Shin Tae-yong demi hasil lebih baik lagi. Tapi nasi sudah jadi bubur, Timnas Indonesia pun harus rela terjun bebas pada peringkat FIFA.

Baca Juga
Baca Juga

Bayangkan saja, skuat senior berada pada posisi 173 setara dengan Kamboja dan kalah jauh dari berbagai negara Asia Tenggara (ASEAN). Melansir laman lokal, Dantri, hal ini pun membuat Timnas Vietnam bangga luar biasa dan umumkan pencapaian tak terduga.

Jika sebelumnya, tim arahan Park Hang-seo berada para posisi 94, kini mereka malah naik satu tingkat meskipun tanpa lakoni pertandingan imbas pandemi Corona. Kok bisa? Ternyata mereka memanfaatkan penurunan prestasi Timnas Madagaskar.

"Di kawasan Asia, Timnas Vietnam masih berada di peringkat 14, tetapi kami menutup jarak dengan Lebanon yang kini ada pada posisi 92 dunia. Uzbekistan kini ada di posisi 85, Iran pada posisi 29, dan untuk wakil tertinggi masih dipegang Jepang yakni peringkat 27," tulis media itu.

"Sementara itu Thailand naik dua peringkat meski tak ada pertandingan alias kini pada posisi 111 ranking FIFA. Lalu disusul Filipina (124), Myanmar (137, turun tiga peringkat), Malaysia (153, naik satu tingkat), Singapura (153), dan Indonesia (173)," tambah tulisan itu.

Baca Juga
Baca Juga

Tak adanya kompetisi untuk Indonesia memang membuat mereka tak bisa unjuk gigi sekaligus naikan kualitas di mata dunia. Kendati demikian, pola pelatihan Shin Tae-yong mulai menunjukkan sedikit perbedaan dan hal itu terlihat kala menukangi Timnas U-19.

Demi menyiapkan Piala Dunia U-20, pelatih asal Korea Selatan itu sukses buat Garuda Nusantara tampil gemilang pada pemusatan latihan di Kroasia. Bagaimana tidak? Dalam 11 laga mereka mampu menang lima kali bahkan lawan tim papan atas.

Tentu ini akan jadi sinyal baik Timnas Indonesia senior untuk membangun kembali kekuatan bersama Shin Tae-yong. Alhasil, bukan hal mustahil sepak terjang Garuda bisa sekaligus membalas Timnas Vietnam dalam peringkat FIFA pada laga internasional kelak.

FIFAPSSIVietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamSimon McMenemyPark Hang SeoSepak BolaBola IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini

Berita Terpopuler