x

5 Laga Klasik Bersejarah Liverpool vs Manchester United

Sabtu, 16 Januari 2021 20:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Dalam sejarahnya, laga antara Liverpool vs Manchester United pernah menciptakan momen-momen legendaris, berikut kami rangkum lima di antaranya.

INDOSPORT.COM - Laga panas akan tersaji kala Liverpool menjamu Manchester United di Stadion Anfield, pada laga pekan ke-18 Liga Inggris 2020-2021, Minggu (17/1/21) malam pukul 23.30 WIB.

The Reds akan melakoni laga berat melawan Manchester United, tim yang telah melengserkannya dari posisi puncak klasemen Liga Inggris musim ini. Setan Merah saat ini berada di posisi pertama klasemen dengan mengantongi 36 poin, atau selisih tiga poin dari Liverpool yang duduk di peringkat kedua.

Sedangkan Liverpool sedang mengalami inkonsistensi, yakni meraih dua kemenangan, dua imbang dan satu kekalahan. Meski demikian, Mohamed Salah dkk masih memiliki kesempatan menang dan kembali merasakan posisi puncak jika mampu mengalahkan rival abadinya yang tengah panas.

Baca Juga
Baca Juga

Laga sengit antara Liverpool vs Man United telah turun temurun menjadi laga panas sarat gengsi. Tak jarang, persaingan keduanya menentukan juara di akhir musim. 

Dalam sejarahnya, laga antara Liverpool vs Manchester United pernah menciptakan momen-momen legendaris. Berikut ini kami rangkum lima laga legendaris antara Liverpool vs Manchester United. 

1. Manchester United 0-1 Liverpool (2000/01)

Akhir dan awal 2000-an tak hanya menjadi era emas Manchester United. Pada kurun waktu tersebut, Liverpool juga tengah dalam masa jaya. 

Meski tidak meraih gelar Liga Inggris, namun The Reds memenangkan cukup banyak trofi seperti Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA/Liga Europa. Maka dari itu, perjumpaan mereka pada Desember 2000 pun sangat ditunggu-tunggu. 

Liverpool yang kala itu dibesut oleh Gerard Houllier tengah bertekad untuk menumbangkan Man United. Maklum, sebelum musim 2000/01, Liverpool selalu sulit menang atas Man United. 

Tekad Gerard Houllier pun menjadi kenyataan. Pada laga di musim 2000/01 itu, Liverpool sukses menang tipis 0-1 atas Man United. 

Danny Murphy menjadi protagonis untuk Liverpool dengan menjadi pencetak gol semata wayang. Laga itu begitu berkesan bagi fans The Reds yang haus dahaga kemenangan atas rival terbesarnya itu. Walau begitu, di akhir musim Manchester United tetap sukses keluar sebagai juara. 

2. Manchester United 2-1 Liverpool (1998/99)

Seperti disinggung di atas, Liverpool kerap kesulitan tiap jumpa Man United di pertengahan hingga akhir 90-an. Namun, mereka hampir saja mengandaskan mimpi Man United untuk meraih treble winner. 

Laga Liverpool vs Man United kembali tercipta di putaran keempat Piala FA musim 1998/99. Pada laga itu, Man United sempat tertekan usai tertinggal oleh gol Michael Owen. 

Namun, di babak kedua Man United mampu bangkit dan melakukan comeback fenomenal dengan mencetak dua gol melalui bomber legendaris mereka, Dwight Yorke dan Ole Gunnar Solskjaer. 

Atas kemenangan itu, Man United berhak lolos ke babak selanjutnya dan mengakhiri Piala FA musim 1998/99 sebagai juara. 

3. Manchester United 1-0 Liverpool (2006/07)

Tensi panas laga Man United vs Liverpool berlanjut pada musim 2006/07. Setelah sempat lama duel berlangsung 'biasa'biasa' saja, pada musim 2006/07 pertemuan keduanya pun kembali istimewa. 

Pada Januari 2006 kedua tim bertemu di Liga Inggris di mana Man United menjadi tuan rumah. Laga tersebut berlangsung panas sampai akhirnya menimbulkan kericuhan suporter di stadion. 

Titi pangkal permasalahannya adalah karena ulah Gary Neville yang melakukan selebrasi gol semata wayangnya secara berlebihan alias memprovokasi. Gara-gara selebrasi tersebut, ratusan suporter Liverpool yang ada di Old Trafford pun mengamuk dan membuat keributan. 

Baca Juga
Baca Juga

Karena kericuhan tersebut, Gary Neville langsung dikenai sanksi oleh pihak penyelenggara Liga Inggris atas sikapnya yang tak terpuji.


1. 4. Manchester United 3-0 Liverpool (2007/08)

Manchester United vs Liverpool selalu menjadi laga menarik di Liga Inggris.

Momen istimewa kembali terjadi pada pertemuan keduanya di paruh kedua musim 2007/08. Pada laga itu, Manchester United sukses mencukur Liverpool dengan skor 3-0. 

Namun, hal itu tak bisa diterima oleh kubu Liverpool. Mereka merasa sangat dirugikan oleh sejumlah keputusan wasit. 

Liverpool yang sudah tertinggal sejak babak pertama tersulut emosinya yang ditumpahkan kepada wasit. Akibatnya, Javier Mascherano pun harus diusir keluar lapangan oleh sang pengadil. 

Liverpool yang bermain dengan 10 pemain saja jelas bukan tandingan bagi Man United. The Reds Devils mencetak dua gol tambahan melalui aksi Cristiano Ronaldo dan Ryan Giggs. 

5. Manchester United 1-4 Liverpool (2008/09)

Setelah lama jadi bulan-bulanan Man United, akhirnya Liverpool sanggup membalaskan dendam lewat kemenangan sensasional di Old Trafford. Dalam pertandingan yang diadakan pada Maret 2009, The Reds sukses mencukur habis Man United dengan skor 1-4. 

Hasil itu benar-benar tidak disangka oleh Man United asuhan Sir Alex Ferguson. Pasalnya, mereka yang menjadi favorit juara lebih diunggulkan di laga itu. 

Namun, Liverpool tampil eksplosif dan membuat para pemain Man United melongo tak percaya. Pahlawan Liverpool yang berjasa kala itu tak lain adalah bomber maut Fernando Torres. 

Fernando Torres sukses membuat pemain bertahan Manchester United, Nemanja Matic, tak berdaya. Sayang, kemenangan ini tak bisa membantu Liverpool untuk menjuarai Liga Inggris. Steven Gerrard dkk cuma finis di posisi kedua berselisih empat angka dari Man United yang keluar sebagai juara di akhir musim. 

Manchester UnitedLiverpoolLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler