x

Belum Terpecahkan, Ini Rekor Mengerikan Wayne Rooney Saat Aktif Bermain

Sabtu, 16 Januari 2021 15:40 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Wayne Rooney gantung sepatu usai ditunjuk sebagai pelatih tetap Derby County. Saat masih aktif bermain, Rooney mencatat rekor mengerikan yang belum terpecahkan

INDOSPORT.COM - Wayne Rooney gantung sepatu usai ditunjuk sebagai pelatih tetap Derby County. Saat masih aktif bermain, Rooney mencatat rekor mengerikan yang bahkan hingga kini tak terpecahkan.

Wayne Rooney tiba di Derby County pada pertengahan musim 2019/20 sebagai pemain. Namun, statusnya berganti sejak klub memecat Phillip Cocu, November 2020 lalu. 

Rooney menjadi pelatih interim saat masih tercatat sebagai skuat Derby County. Namun sejak penunjukkan itu, Rooney tak lagi memasukkan namanya di daftar pemain Derby. 

Wayne Rooney kini resmi meninggalkan kariernya sebagai pesepakbola usai ditunjuk sebagai pelatih tetap Derby County dengan durasi kontrak dua tahun atau hingga 2023. 

Baca Juga
Baca Juga

Ia akan menjalani debut perdana sebagai pelatih tetap Derby County pada Sabtu (16/01/21) malam WIB di laga melawan Rotherham di Champonship. 

Wayne Rooney diketahui sebagai sosok penting dalam sejarah sepak bola Liga Inggris. Lahir di Liverpool, ia mengawali karier dengan bergabung di Everton pada 2002. 

Dua tahun berselang, Manchester United merekrutnya dan ia bertahan di sana selama 13 tahun yakni hingga 2017.

Sempat pulang ke Everton selama semusim, pada 2018 ia pindah ke klub MLS, DC United lalu kembali ke Inggris pada Januari 2020, membela Derby County.

Baca Juga
Baca Juga

Saat aktif bermain, Rooney dikenal sebagai juru gedor yang memiliki akurasi tinggi di depan gawang. Tak heran, ia masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Manchester United dan Timnas Inggris. 

Berikut ini sederet rekor mengerikan Wayne Rooney.

Top skor sepanjang masa Manchester United dan Timnas Inggris 

Wayne Rooney berhasil mencatatkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa Manchester United dengan koleksi 253 gol dari 559 kali penampilan. 

Ketajaman Rooney juga terbukti ketika ia membela Timnas Inggris. Wazza didapuk sebagai top skor sepanjang masa The Three Lions dengan torehan 53 gol dari 120 kali berlaga.

Wayne Rooney selebrasi saat bersama Man United.
Baca Juga
Baca Juga

Satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari 200 gol dan 100 assist di Liga Inggris (208 gol, 103 assist)

Wayne Rooney bukan hanya seorang finisher atau juru gedor yang bisa mencetak gol dari posisi manapun. Ia bahkan memiliki ketrampilan bak Andrea Pirlo, eks AC Milan yang kini menukangi Juventus. 

Rooney jago menyuplai bola kepada rekan setimnya. Selama aktif bermain, a menjadi satu-satunya pemain yang membuat lebih dari 100 assist di Liga Inggris. 

Pemain yang memberi banyak trofi untuk Manchester United

Tiga belas tahun membela Setan Merah, Wayne Rooney berhasil memenangkan 16 gelar juara, di antaranya 5 trofi Premier League, 4 Community Shield, 3 Piala Liga, 1 Piala FA, 1 Liga Champions, 1 Liga Europa, dan 1 Piala Dunia Klub.

Manchester UnitedWayne RooneyDerby CountyLiga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler