x

Lulus Program Kepelatihan Barcelona FC, Jacksen Tiago Bangga Tiada Tara

Sabtu, 16 Januari 2021 14:25 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih klub Liga 1 Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, merasa bangga bisa menyelesaikan kursus kepelatihan yang digelar secara virtual oleh Barca Innovation Hub Universitas. Dia pun berhak mengantongi lisensi anyar.

Sertifikat tersebut ia dapat dari program kursus kepelatihan yang diinisiasi Barca Innovation Hub Universitas selaku salah satu lembaga penyedia kursus mengenai ilmu sepak bola yang didirikan oleh klub raksasa Spanyol, Barcelona FC.

Program kursus tersebut diikuti Jacksen F. Tiago secara daring sejak Juli lalu dan berlangsung selama tiga bulan hingga Oktober. 

Baca Juga
Baca Juga

Dalam kursus tersebut, Jacksen tak hanya diberikan materi-materi kepelatihan tetapi juga mendapatkan tugas-tugas sebagai bahan kelayakan ujian, seperti tugas akhir yang mirip skripsi.

"Banyak hal pasti yang saya dapat di situ, seperti tentang filosofi dan metodologi latihan mereka," ujar Jacksen F. Tiago kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (16/1/21).

Setelah dinyatakan lulus dalam program tersebut, Jacksen mengaku bangga dan bersyukur bisa menambah wawasan dan lisensi kepelatihan, meskipun kompetisi sepak bola Indonesia, terutama Liga 1, kini tengah mandek akibat pandemi virus corona.

"Senang bisa mengikuti program kursus itu, dan lisensi yang saya dapat ini akan saya simpan dan pergunakan dengan sebaik-baiknya bersama lisensi-lisensi lain," ungkapnya.

Saking bangganya, Jacksen bahkan mengunggah sertifikat lisensi kepelatihannya itu di akun media sosial Instagram pribadinya dengan menuliskan sebuah ungkapan bijak.

"Waktu yang sulit, pikiran yang negatif, ciptakan masalah besar. Waktu sulit, pikiran positif, ciptakan kesempatan terbaik," tulisnya.

Baca Juga
Baca Juga

Jacksen F. Tiago memang dikenal sebagai salah satu pelatih di persepakbolaan Indonesia yang tak pernah berpuas diri dengan perjalanan kariernya. Dia kerap mengikuti pelatihan maupun workshop tentang wawasan kepelatihan. 

Di samping itu, Jacksen juga seringkali membagi ilmu sepak bolanya kepada generasi muda Indonesia via coaching clinic. Belakangan dia menggagas sebuah kegiatan pelatihan bertajuk football camp bagi para anak usia dini.

Setelah sukses di football camp pertama yang digelar di Kota Batu, Malang beberapa waktu lalu, Jacksen akan kembali menggelar kegiatan serupa dalam waktu dekat. 

BarcelonaPersipura JayapuraJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini