x

Menilai Kelayakan Ansu Fati sebagai Penerus Lionel Messi di Barcelona

Senin, 18 Januari 2021 16:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ansu Fati berpotensi jadi penerus Lionel Messi di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Klub LaLiga Spanyol, Barcelona, harus segera mencari penerus Lionel Messi. Mungkinkah karakter tersebut ada dalam diri Ansu Fati?

Menemukan sosok yang tepat sebagai penerus La Pulga jelas bukan perkara mudah. Pemain sepertinya mungkin hanya ada satu banding puluhan ribu di muka bumi ini.

Apalagi, ia sudah mengabdi untuk Barcelona selama belasan tahun, itu pun belum dihitung masa-masanya sebagai pemain junior. Blaugrana adalah satu-satunya klub yang dibelanya selain Newell’s Old Boys.

Untuk mencari penerus Messi, Barcelona juga tidak bisa begitu saja menyematkan predikat tersebut ke sembarang pemain. Meski ada bintang sekelas Cristiano Ronaldo yang merapat, ia tidak serta-merta bisa seperti La Pulga.

Status Messi di Barcelona kurang lebih sama dengan Steven Gerrard di Liverpool, Francesco Totti di AS Roma, Paolo Maldini di AC Milan, atau John Terry di Chelsea. Butuh waktu dan juga dedikasi untuk mencapai level mereka.

Meski demikian, Barcelona mungkin bisa mengandalkan Ansu Fati. Mengapa? Pertama, ia salah satu pemain muda terbaik yang ada saat ini. Kedua, ia adalah jebolan akademi La Masia.

Baca Juga
Baca Juga

Faktor nomor dua tentu sangat krusial bagi kandidat penerus Messi. Orang-orang hebat yang jadi ikon Barcelona seperti Xavi, Andres Iniesta, dan Carles Puyol juga beranjak dari sana.

Nah, mantan pemain Barcelona, Samuel Eto’o, ternyata punya pandangan kurang lebih sama tentang Ansu Fati. Ia cukup yakin sang pemain punya kans untuk mengisi posisi lowong yang bakal ditinggalkan Messi suatu hari nanti.

“Saya rasa Fati bisa jadi salah satu pilihan untuk masa depan. Ia melakukan banyak hal hebat dan klub sebaiknya merawatnya dengan baik. Berdoa saja semiga dia yang mengambil alih dari Messi,” demikian ucap Eto’o kepada talkSPORT.

Ansu Fati memang punya kans besar sebagai penerus Messi di Barcelona, meski tidak akan pernah bisa jadi penggantinya. Pasalnya, klub harus menemukan dan mengembangkan seseorang yang bisa diberi tanggung jawab.

Jebolan La Masia, usianya masih muda, dan sudah mengukir prestasi, masih ada banyak waktu bagi Fati untuk ditempa di level senior Barcelona, sama seperti Messi bertahun-tahun lalu.

Apalagi, jika dilihat dari nilai dan klausul Fati yang cukup besar, itu artinya Barcelona punya harapan besar terhadap pemain berusia 18 tahun tersebut. Ditambah lagi, ia sudah mendapat ‘restu’ dari Messi untuk mengikuti jejaknya.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya sangat menyukainya, saya ingin membantu dan mendukungnya. Dia adalah pemain hebat dan memiliki segalanya untuk jadi sukses,” ucap Lionel Messi, seperti dikutip dari laman resmi FIFA.

“Tapi jika saya melihat dari sudut pandang saya, saya ingin mereka (Barcelona) mengembangkannya pelan-pelan, seperti pertama kali saya bergabung. Melakukan segalanya dengan baik dan mudah tanpa harus menekannya,” tambahnya lagi.

Begitu pula sebaiknya, Fati pun belajar banyak dari seorang Messi. Ia juga tidak ingin mengambil tempat sang senior yang memang tidak ada duanya di Barcelona.

“Messi tetaplah Messi. Kami sangat senang memilikinya di sini dan saya masih terus belajar darinya,” ucap Fati seperti pernah diwartakan laman Goal Internasional.

Bersama Barcelona, Fati sempat mencetak beberapa rekor termasuk salah satu pemain termuda yang debut untuk klub. Saat itu usianya 16 tahun 298 hari, mengungguli Vicenc Martinez yang debut pada tahun 1941.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLiga SpanyolSepak BolaAnsu FatiBerita Liga Spanyol

Berita Terkini