x

Jose Juan Figueras, Kiper Gaek 41 Tahun yang Jadi Penghancur Real Madrid

Kamis, 21 Januari 2021 16:41 WIB
Editor: Subhan Wirawan

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Jose Juan Figueras, kiper gaek berusia 41 tahun milik Alcoyano yang sukses jadi tembok kokoh sekaligus penghancur Real Madrid di ajang Copa del Rey.

Dalam pertandingan babak 32 besar Copa del Rey hari Kamis (21/01/21) dini hari WIB lalu, raksasa Liga Spanyol, Real Madrid secara mengejutkan tumbang dari tim kasta kelima, Club Deportivo Alcoyano.

Bertanding di Campo Municipal El Collao, tim tuan rumah Alcoyano sempat tertinggal lebih dulu melalui lesakkan gol Eder Militao menit ke-45’, dan menutup babak pertama dengan keunggulan 0-1.

Baca Juga
Baca Juga

Di babak kedua, Alcoyano secara mengejutkan mampu tampil agresif bahkan menyamakan keadaan lewat gol yang dicetak Jose Solbes menit ke-80’. Laga usai dengan skor 1-1 di waktu normal, dan harus dilanjutkan ke babak extra time.

Pada babak tambahan, Alcoyano berhasil menambah pundi-pundi gol lewat sepakan Juan Antonio Casanova Vidal (115’), yang sekaligus memastikan langkah mereka ke babak selanjutnya.

Selepas pertandingan, sosok Jose Juan Figueras yang menjadi kiper utama Alcoyano berhasil menarik perhatian. Pasalnya, penjaga gawang berusia 41 tahun tersebut melakukan cukup banyak penyelamatan yang membuat pemain Real Madrid frustasi.

Melansir dari data Squawka, disebutkan bahwa sepanjang 2 jam pertandingan Jose Juan Figueras berhasil melakukan 10 kali save. Angka penyelamatan yang sangat fantastis, mengingat lawan yang dihadapi adalah sekelas Real Madrid dengan sederet bintangnya.

Bahkan saking gemilangnya penampilan Jose Juan Figueras, mantan legenda Timnas Prancis dan juga pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane tak sungkan untuk memberikan pujian tinggi kepadanya.

"Inilah sepak bola, segala sesuatu dapat terjadi di dalamnya. Seandainya kami mencetak gol kedua, itu akan menjadi pertandingan yang berbeda. Penjaga gawang mereka telah melakukan dua atau tiga penyelamatan sempurna," ujar Zidane dilansir dari ESPN.

Meski tampil impresif kala menghadapi Real Madrid, sejatinya perjalanan karir Jose Juan Figueras tak begitu mulus di Spanyol. Tercatat, dirinya lebih sering memperkuat tim kasta kedua ketimbang mentas di La Liga.

Pemain kelahiran 25 Januari 1979 ini pun belum pernah merasakan gelar juara bergengsi sepanjang kiprahnya di lapangan hijau. Meski begitu, performanya sepanjang berkutat di Liga 2 Spanyol tetap tak boleh dianggap remeh.

Salah satu penampilan terbaiknya di La Liga 2 terjadi saat ia memperkuat CD Lugo. Tercatat, Jose Juan Figueras telah bermain sebanyak 135 pertandingan dengan catatan 46 kali clean sheets untuk CD Lugo di semua ajang.

Baca Juga
Baca Juga

Selain mengalahkan Real Madrid di ajang Copa Del Rey, salah satu pencapaian terbaik Jose Juan Figueras yang lain di Liga Spanyol terjadi saat dirinya menjalani partai debut di La Liga pada musim 02/03 silam.

Namun sayang, dalam pertandingan perdana dan satu-satunya caps yang ia miliki di La Liga sampai saat ini tersebut, Jose Juan Figueras gagal membawa Racing Santander meraih kemenangan dan puas bermain imbang 2-2.

Real MadridCopa del ReyLiga SpanyolprofilBerita Liga SpanyolCD Alcoyano

Berita Terkini