x

Nicolo Barella yang Bikin Tergila-gila

Kamis, 21 Januari 2021 18:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang muda Italia, Nicolo Barella, kembali membuat orang tergila-gila berkat penampilan impresifnya bersama raksasa Liga Italia, Inter Milan.

INDOSPORT.COM - Gelandang muda Italia, Nicolo Barella, kembali membuat orang tergila-gila berkat penampilan impresifnya bersama raksasa Liga Italia, Inter Milan

Inter Milan baru saja meraih kemenangan penting di Liga Italia kala mengandaskan juara bertahan, Juventus, dengan skor 2-0. Dalam laga itu, gelandang muda mereka, Nicolo Barella, tampil mencuri perhatian. 

Lagi-dan lagi Nicolo Barella membuktikan kualitasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di Italia. Barella tampil sangat luar biasa di laga melawan Juventus dengan mencetak 1 gol dan 1 assist untuk gol Arturo Vidal.

Sepanjang laga, ia berlari tanpa lelah dan menghidupkan serangan Inter Milan. Permainan cerdas dan caranya mengolah bola membuat barisan pertahanan Juventus terlihat amatir. 

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini bukanlah keberuntungan. Gelandang muda Italia itu telah menunjukkan kemampuannya dalam mendominasi pertandingan. 

Barella yang masih berusia 23 tahun didatangkan Inter Milan dari Cagliari pada awal musim lalu. Penampilan gemilang Barella di Cagliari dan Timnas Italia menarik perhatian Antonio Conte. 

Miralem Pjanic (kanan) saat mencoba mengambil bola dari gelandang Cagliari, Nicolo Barella (kiri), di pertandingan Serie A Italia, Rabu (03/04/19) dini hari WIB.

Barella pun mampu menjawab keraguan tersebut dengan tampil semakin baik tiap pekannya. Sebagai gelandang, sosok Barella mengingatkan kepada legenda Inter Milan, Lothar Matthaus. 

Keduanya sama-sama memiliki stamina yang di atas rata-rata, kecepatan lari yang luar biasa, serta mampu dalam melakukan umpan-umpan terukur. Jangan lupakan pula kepiawaiannya dalam mencetak gol. 

Saat ini Barella jadi salah satu pilar penting di lapangan tengah Inter Milan dengan torehan 2 gol dan 8 assist dari 25 pertandingan. 

Matang di Usia Muda

Nicolo Barella yang lahir di Sardinia memulai karier sepak bolanya di akademi legenda Italia dan Cagliari, Luigi Riva. Pada usia delapan tahun, Barella direkrut oleh Cagliari. 

Barella memulai pendidikan sepak bolanya dengan bermain sebagai trequartista (penyerang lubang). Namun, segera setelah itu, ia menemukan jati dirinya sebagai gelandang box-to-box yang siap mengeksploitasi lapangan tengah. 

Baca Juga
Baca Juga

Kemampuannya sebagai seorang gelandang menarik perhatian Timnas Italia U-19. Kariernya pun terus berkembang di Cagliari dan tim nasional. 


1. Berjuang Menjadi Bintang

Dries Mertens (kanan) berduel dengan Nicolo Barella di laga Inter Milan vs Napoli

Walau dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik Italia, Barella sebetulnya datang bukan sebagai pemain besar. Kariernya di tim Italia junior sempat meragukan mengingat tubuhnya yang kecil serta kemampuan teknisnya yang biasa saja. 

Hal itu sendiri diungkapkan oleh Arrigo Sacchi, mantan pelatih AC Milan yang pernah menjadi wakil pembinaan usia muda FIGC. Sacchi menyebut hanya semangat dan kerendahan hati yang membuat Nicolo Barella berbeda dari pemain lainnya. 

Barella pun tumbuh pesat dengan modal tersebut. Ia kini memiliki kontrol bola yang sangat baik serta kemampuan bagus dalam menjalankan taktik dari pelatih. 

Mungkin ia belum masuk jajaran pemain terbaik dunia, namun ia memiliki standarnya sendiri untuk mendapatkan status pemain bintang. Memiliki tanggung jawab tinggi di dalam dan luar lapangan, terkadang membuat orang lupa bahwa usianya masih 23 tahun. 

Selebrasi Nicolo Barella usai mencetak gol untuk Italia ke gawang Belanda.

Di lapangan, Nicolo Barella bisa bermain bagus entah itu ketika dipasangkan dengan Brozovic, Vidal, atau Sensi. Inter Milan yang kini tengah dalam perburuan scudetto patut bersyukur memiliki pemain seperti Barella. 

Barella akan jadi bintang masa depan Nerazzurri. Ia akan jadi mesin yang memberikan kreativitas di lapangan tengah. Dengan keberadaan Achraf Hakimi dan Matteo Darmian di kedua sisi sayap, kemampuan Barella dalam memberikan umpan terukur pun sangat dibutuhkan. 

Kehebatan Barella di usia 23 tahun pun membuat Inter Milan mulai ketergantungan padanya. Bahkan, Inter mesti hati-hati, karena bukan mereka saja yang tergila-gila pada Barella.

Saat ini sejumlah klub raksasa Eropa seperti Barcelona, Man United, dan Liverpool sudah mulai mencium potensinya dan siap mencurinya dari Appiano Gentile. Meski begitu, penting bagi Nicolo Barella untuk terlebih dulu fokus mendapatkan trofi pertamanya bersama dengan Inter Milan di Liga Italia.  

Inter MilanCagliariLiga ItaliaNicolo BarellaBerita Liga Italia

Berita Terkini

Berita Terpopuler