x

5 Duel Panas Piala FA Manchester United vs Liverpool, Ada Penantian 85 Tahun

Minggu, 24 Januari 2021 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut lima pertandingan klasik antara Manchester United vs Liverpool di Piala FA.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Piala FA 2020-2021 antara Manchester United vs Liverpool bakal digelar di Old Trafford, Senin (25/1/21).

Inilah pertemuan kedua mereka dalam kurun waktu sepekan terakhir. Sebelumnya, baik The Reds maupun The Red Devils gagal menjebol gawang masing-masing pekan lalu, yang membuat laga berakhir dengan skor kacamata.

Untuk itu, mereka pasti akan mati-matian menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan siapa yang lebih hebat, entah itu soal urusan mencetak gol maupun performa tim secara kolektif di lapangan.

Baca Juga
Baca Juga

Pertandingan Manchester United vs Liverpool nanti malam diprediksi bakal berlangsung penuh tensi seperti biasanya. Hal ini tidak mengherankan mengingat keduanya merupakan rival abadi dalam sejarah panjang sepak bola Inggris.

Rasa permusuhan dan persaingan ketat selalu menemani bentrokan dua tim ini dalam setiap kesempatan. Di ajang Piala FA sendiri, Manchester United tercatat lebih unggul dari Liverpool soal perolehan trofi.

The Red Devils sudah meraih 12 trofi dan terakhir juara pada 2012, sedangkan The Reds baru tujuh trofi dan terakhir kali juara pada 2006.

Baca Juga
Baca Juga

Bukan hanya itu, Manchester United juga tim yang paling sukses mendepak Liverpool dari fase knockout Piala FA, yakni sembilan kali. Ya, mereka adalah ‘pembunuh’ The Reds yang begitu mengerikan.

Berbicara tentang sejarah kedua tim di ajang Piala FA, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membahas duel-duel Manchester United vs Liverpool yang begitu klasik dan sangat bersejarah. Untuk itu, redaksi berita olahraga INDOSPORT sudah merangkumnya.


1. 5 Catatan Pertemuan Man United dan Liverpool di Piala FA

Berikut lima pertandingan klasik antara Manchester United vs Liverpool di Piala FA.

13 April 1985 (Semifinal)

Salah satu pertandingan Manchester United vs Liverpool yang bakal diingat terus sepanjang masa, tentu saja berkat hasil dramatis 2-2 yang mengharuskan pertemuan mereka diulang lewat laga replay.

Adalah Bryan Robson (Manchester United) dan Ronnie Whelan (Liverpool) yang membuat kedudukan masing-masing tim imbang sampai akhir babak kedua. Pertarungan selama tambahan waktu pun tidak kalah sengitnya.

Frank Stapleton terlebih dahulu membuat The Red Devils unggul sebelum skor disamakan lagi, kali ini oleh Paul Walsh. Akan tetapi, Manchester United-lah yang berhasil lolos ke final karena menang di laga replay mereka pada 17 April 1985.

24 Januari 1999 (Putaran Keempat)

Gelaran Piala FA ini sudah bak mengulang sejarah tepat 22 tahun lalu. Ketika itu, kedua tim juga tampil di putaran keempat, sama seperti laga nanti malam.

Ole Gunnar Solskjaer adalah penentu kemenangan timnya dengan gol pada menit-menit akhir pertandingan, menyempurnakan satu gol yang sudah tercipta lewat Dwight Yorke. Sementara itu, Liverpool harus puas dengan gol tunggal dari Michael Owen.

18 Februari 2006 (Putaran Kelima)

Tahun ini merupakan rezekinya Liverpool memenangkan trofi Piala FA. Namun untuk sampai ke babak final, mereka harus menuntaskan perlawanan dari Manchester United di putaran kelima.

The Reds berhasil memenangkan pertandingan in sekaligus memutus catatan 85 tahun tanpa kemenangan kontra Manchester United di Piala FA. Terakhir mereka menang sebelum masa ini adalah tahun 1921.

Setelahnya, Liverpool terus kalah di tujuh pertemuan mereka dengan Manchester United pada tahun 1948, 1960, 1977, 1979, 1985, 1996, dan 1999).

Di gelaran tahun 2006 ini, Liverpool mendepak Manchester United dari putaran kelima lewat gol tunggal Peter Crouch. The Reds terus melaju ke babak final dan menang dramatis atas West Ham United lewat adu penalti di Wembley.

9 Januari 2011 (Putaran Ketiga)

Jika Steven Gerrard adalah pahlawan Liverpool di final tahun 2006, kali ini nasibnya ternyata kurang baik. Melakukan tekel keras terhadap Michael Carrick, sang kapten pun diganjar kartu merah oleh wasit.

Gol tunggal Manchester United yang dicetak Ryan Giggs lewat titik putih pada menit kedua bertahan sampai akhir pertandingan. Mereka bertahan sampai semifinal sebelum ditundukkan Manchester City 0-1.

28 Januari 2012 (Putaran Keempat)

Kali ini Liverpool kembali menang atas Manchester United berkat sumbangan dua gol dari Danniel Agger dan Dirk Kuyt. Sementara itu, kubu lawan hanya berhasil mencetak satu gol lewat Park Ji-sung.

Liverpool melaju ke putaran selanjutnya bahkan sampai partai final, namun pada akhirnya harus keok di tangan Chelsea.

Manchester UnitedLiverpoolPiala FALiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini