x

3 Pemain yang Jadi Biang Kerok Kekalahan Manchester United dari Sheffield United

Kamis, 28 Januari 2021 09:25 WIB
Editor: Coro Mountana
Tuanzebe di laga PSG vs MU.

INDOSPORT.COM – Manchester United secara mengejutkan berhasil dikalahkan oleh tim juru kunci Liga Inggris, Sheffield United, siapa biang keroknya?

Bertanding di Old Trafford, Manchester United datang dengan rasa percaya diri amat tinggi setelah memegang rekor tak pernah kalah cukup lama. Siapa sangka ketika menjamu Sheffield United, rekor itu harus pecah juga.

Satu gol dari Harry Maguire tidak bisa menyelamatkan Manchester United dari kekalahan memalukan melawan Sheffield. Soalnya Sheffield bisa membalas dengan dua gol dari Kean Bryan dan Oliver Burke.

Baca Juga
Baca Juga

Kekalahan dari Sheffield pun membuat Manchester United gagal mengkudeta Manchester City dari puncak klasemen Liga Inggris. Sungguh, ini merupakan kerugian besar bagi Manchester United gagal kembali ke puncak, padahal hanya lawan tim peringkat 20.

Kekalahan mengejutkan ini pun harus menjadi tanggung jawab satu skuad Manchester United. Terutama untuk 3 pemain berikut ini yang bissa menjadi biang kerok kekalahan Manchester United dari Sheffield United, siapa saja?

Axel Tuanzebe

3 media besar di Inggris yaitu Independent, Evening Standard hingga Manchester Evening News sepakat jika peforma Axel Tuanzebe yang menggantikan Victor Lindelof berada di bawah standar. Ketiga media itu memberikan rating untuk Tuanzebe dari 4 hingga 5.

Baca Juga
Baca Juga

Tuanzebe dianggap menjadi pemain yang paling bertanggung jawab atas terjadinya gol kemenangan Sheffield United. Pasalnya sepakan keras Oliver Burke sebenarnya sudah bisa dibaca oleh David De Gea, tapi entah apa yang terjadi, ia malah membelokan bola.

Sehingga yang terjadi, De Gea terkecoh dan bola langsung masuk ke gawang Manchester United. Tak hanya itu, pada proses gol pertama Sheffield juga ia tampak tak bisa berbuat banyak ketika duel udara terjadi sebelum mampu dimenangkan Kean Bryan.

Di luar itu, pertahanan Manchester United dini hari tadi memang terlihat sangat rapuh dengan beberapa kali David McGolddrick bisa satu lawan satu dengan De Gea. Lebih lanjut, Tuanzebe juga kerap berada di posisi yang salah dan operannya sangat lambat.


1. David De Gea

Pemain Manchester United, Anthony Martial, dan kiper Sevilla, Yassine Bounou, di semifinal Liga Europa 2019/20, Senin (17/08/20) dini hari WIB.

Sang kiper, David De Gea sebenarnya bermain tidak terlalu buruk dengan sempat mementahkan sepakan terukur Billy Sharp. Namun gol pertama Sheffield sedikit banyak ada andil kesalahan elementer yang dilakukan De Gea.

Ketika sepak pojok dilakukan oleh John Fleck, David De Gea tampak berusaha maju untuk memotong bola tersebut. Tapi ia gagal menghalau bola tersebut, sehingga gawangnya menjadi kosong dan enak disundul oleh Bryan.

Kesalahan perhitungan ketika keluar dari sarangnya untuk menjemput bola adalah kesalahan biasa yang dilakukan oleh kiper. De Gea merasa kalau dirinya gagal mendapatkan bola karena didorong, tapi wasit tidak setuju dengan itu.

Biar bagaimanapun, kebobolan saat gagal mementahkan umpan silang lawan dapat menjadi sinyal bahaya bagi De Gea. Mengingat di bangku cadangan, ada Dean Henderson yang terus berharap-harap cemas De Gea rutin membuat kesalahan elementer lagi.

Anthony Martial

Terakhir, ada striker Anthony Martial yang jika melihat cuplikan pertandingan dini hari tadi, anda akan sadar betapa malas dirinya. Dari ketiga media yang sudah disebutkan tadi, Evening Standard menjadi yang paling keras mengkritik penampilan buruk Martial.

Mereka dengan tega sampai hanya memberikan rating 3 saja untuk Martial. Tentu itu berdasarkan alasan mereka melihat jika Martial benar-benar terlihat malasnya dengan jarang merebut bol adari lawan atau sekadar memberikan tekanan.

Martial juga terlihat beberapa kali kehilangan bola dengan mudah sehingga sedikit menghambat aliran serangan Manchester United. Di menit-menit akhir, ketika Donny van de Beek dan Cavani terus berlari mengejar lawan, Martial hanya berdiri diam saja memandang mereka dari kejauhan.

Padahal dalam laga ini, Martial turun sebagai starter, tapi ia menyia-nyiakan kesempatan untuk mengalahkan Edinson Cavani. Dapat dikatakan hampir semua pemain Manchester United bermain di bawah standar, tapi 3 bintang tadi menjadi yang terburuk saat kalah dari Sheffield United.

Manchester UnitedSheffield UnitedAnthony MartialAxel TuanzebeLiga InggrisTRIVIAFeature

Berita Terkini