x

Bawa Banyak Legenda, Laporta Bikin Koeman Tamat dan Messi Bahagia di Barcelona

Jumat, 26 Februari 2021 14:19 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:

INDOSPORT.COM - Masa depan Ronald Koeman nampak benar-benar diujung tanduk usai Joan Laporta berpotensi jadi presiden Barcelona tahun ini. Bakal bawa banyak nama legenda, ia pun bisa buat Lionel Messi berbahagia di raksasa LaLiga Spanyol itu.

Sebelum 'larinya' Josep Maria Bartomeu, kejayaan sesunguhnya El Barca memang terletak dari mantan presiden berusia 58 tahun ini. Bagaimana tidak? Menjabat dari 2003 hingga 2010, ia menjadi awal mula munculnya treble winner paling membanggakan.

Baca Juga
Baca Juga

Siapa yang tak ingat ketika Pep Guardiola menangi LaLiga Spanyol, Liga Champions, kemudian disusul empat penghargaan terbaik satu musim? Segalanya memang tak lepas dari Laporta yang hancurkan dominasi Real Madrid yang jadi musuh abadi Barca.

Kala itu, Barcelona berhasil memanfaatkan kualitas La Masia dipadukan oleh para legenda sepak bola mulai dari Victor Valdes, Carles Puyol, Cesc Fabregas, Xavi, dan Andres Iniesta. Messi pun jadi salah satu hasil jerih payahnya yang jadi ikon klub.

Ia pun jadi salah satu alasan mengapa Guardiola mencatatkan sejarah membanggakan di kubu Catalan (2008-2012) menggantikan peran Frank Rijkaard yang alami nirgelar. Sempat padukan dunia politik dengan klub, Laporta pun mundur karena mosi tak percaya.

Baca Juga
Baca Juga

Alih-alih hasil memuaskan tanpanya, prestasi dari Blaugrana malah anjlok secara bertahap ketika tak punya presiden yang kompeten. Terakhir dipimpin oleh Bartomeu, tabir 'korupsi' pun terkuak usai ada hutang mencapai 1,2 miliar euro (Rp20 triliun).

Messi pun muak ketika dituduh jadi salah satu penyebabnya usa kontrak 555 juta euro (Rp9,4 triliun) muncul dan sempat bersikukuh hengkang pasca ditendangnya Luis Suarez. Tapi, sang kapten malah berpotensi bertahan karena Laporta bawa kejutan ke Barcelona.


1. Carles Puyol, Victor Valdes, dan Xavi Jadi Beberapa Legenda yang Ingin Didatangkan Laporta ke Barcelona

Berbagai legenda Barcelona dijanjikan datang ketika Joan Laporta jadi presiden klub sekali lagi.

Melansir Barca Universal, Joan Laporta punya proyeksi menjanjikan ketika resmi mengangkat Rafael Yuste sebagai wakil presidennya pada pemilu Maret nanti. Tak main-main, demi bisa kembangkan taji Barca di LaLiga Spanyol dan pentas Eropa ia akan panggil lagi para legenda.

Mateu Alemany akan bekerja sebagai salah satu staf unggul memajukan kinerja para pemain muda, hal ini dikarenakan pengetahuannya yang luas dalam dunia sepak bola. Ia akan dibantu oleh Valdes yang sempat jadi pekerja tim U-19 di klub.

Referensi Alemany sendiri tergolong mengesankan usai jadi general manager Valencia khusus untuk tim junior pada 2017 lalu dan buat mereka lolos kualifikasi Liga Champions dua tahun berturut-turut. Carles Puyol pun kabarnya akan turut bergabung.

Menariknya lagi, mengutip laman berita AS, pengganti Bartomeu ini juga jadi algojo karier Koeman yang tak terlalu membantu perkembangan Barcelona. Lantas siapa penggantinya? Konon ia akan menunjuk Xavi yang sudah berkembang bareng Al Sadd di Qatar.

Percaya akan hasil serta performa, pemecatan Ronald Koeman bakal disambut Lionel Messi yang pastinya siap perpanjang masa baktinya lagi. Maklum saja, Joan Laporta jadi satu-satunya alasan striker asal Argentina ini lakoni LaLiga Spanyol bareng Barcelona.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolRonald KoemanCarles PuyolVictor ValdesXavi HernandezJoan LaportaLiga SpanyolSepak Bola

Berita Terkini