x

Meski Raiola Sudah Bersabda, Tak Mudah 'Ceraikan' Haaland dari Dortmund

Jumat, 26 Februari 2021 15:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Erling Haaland sampai saat ini masih berseragam Borussia Dortmund meski sering dikaitkan dengan klub lain.

INDOSPORT.COM - Erling Braut Haaland masih jadi item panas di setiap pemberitaan bursa transfer pemain, hingga membuat sang agen, Mino Raiola, harus terus-terusan angkat bicara.

Seperti diketahui, Erling Haaland sempat dikaitkan dengan banyak klub, yang paling santer adalah Manchester United dan Juventus, sebelum akhirnya merapat ke Borussia Dortmund pada Januari 2020.

Ia menyepakati  kontrak berdurasi empat setengah tahun dengan nilai transfer 20 juta poundsterling. Tidak lama bergabung, pemain asal Norwegia ini sudah langsung ngegas bersama Borussia Dortmund saat momen debutnya.

Bagaimana tidak? Tampil pertama kali berseragam Die Borussen, ia langsung memberondong gawang Augsburg dengan tiga gol. Bukan hanya itu, hattrick tersebut dicetaknya hanya dalam kurun waktu 20 menitan.

Baca Juga
Baca Juga

Borussia Dortmund pun tampil sebagai pemenang laga yang digelar pada 18 Januari 2020 tersebut dengan skor akhir 5-3.

Jelas saja apabila banyak klub yang menginginkan jasa Erling Haaland. Borussia Dortmund adalah klub beruntung karena berhasil memenangkan persaingan ketat dengan para peminat yang juga melempar tawaran menggiurkan.

Namun baru satu tahun lebih membela klub Bundesliga Jerman tersebut, Erling Haaland ternyata masih saja dikaitkan dengan klub-klub lain yang meminatinya.

Lagi-lagi, Mino Raiola harus turun tangan menjelaskan situasi kliennya saat ini. Pernyataan yang keluar dari mulutnya belum lama ini pun bisa dibilang cukup mencengangkan.

Menurut pengakuan Raiola, hanya ada sepuluh klub saja yang bisa mendatangkan Erling Haaland, yang mana empat di antaranya berasal dari Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Sepuluh tentu bukan angka kecil yang bisa dihitung dengan satu tangan saja. Namun di sisi lain, Raiola seolah ingin menunjukkan bahwa tidak sembarang klub yang punya kapasitas maupun kemampuan memboyong kliennya itu.

“Maksimal hanya ada sepuluh klub yang sanggup membeli Haaland dan layak menjadi pelabuhan selanjutnya setelah Borussia Dortmund. Empat dari sepuluh klub ini ada di Inggris,” kata Raiola kepada BBC Sport.

Ya, semua klub tentu boleh bermimpi mendatangkan seorang Erling Haaland. Akan tetapi, untuk mewujudkannya bukanlah hal mudah, apalagi mengingat saat ini ia sedang bermain di klub seperti Borussia Dortmund.


1. Hubungan Haaland dengan Dortmund

Erling Haaland memilih Borussia Dortmund ketika ada banyak klub yang meminatinya.

Jelas ada alasan kuat mengapa dulu Erling Haaland pada akhirnya memilih Borussia Dortmund ketika banyak klub tengah mengantre tanda tangannya.

Ia mengaku jatuh cinta pada klub Bundesliga Jerman tersebut karena semua yang melekat di dalamnya. Oleh karena itu, mudah saja baginya untuk memilih Signal Iduna Park sebagai rumah selanjutnya.

“Saya punya perasaan yang bagus tentang Dortmund sejak pertama. Saya suka klubnya, para sejarahnya, serta orang-orang yang ada di sana, lalu bagaimana cara mereka merawat klub ini,” kata Haaland, seperti pernah diwartakan FourFourTwo.

Dengan keyakinan tersebut, Erling Haaland akhirnya memutuskan hijrah dari RB Salzburg ke Borussia Dortmund, tidak memedulikan seabrek tawaran menggiurkan yang diperolehnya dari klub-klub besar lainnya.

Akan sulit memang jika ada yang menginginkan Erling Haaland pindah klub dalam waktu dekat, meski tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini.

Hanya saja, selain faktor dari sang pemain sendiri, campur tangan klub pemilik pun tidak kalah pentingnya. Pasalnya, Borussia Dortmund terlihat masih sangat enggan melepas pemain andalannya tersebut.

Direktur olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc, adalah salah satu pihak yang mengerutkan dahi ketika mendengar wacana kepergian Erling Haaland, apalagi setelah cuap-cuap Mino Raiola yang telanjur jadi topik bahasan publik dan media.

“Jelas dia (Haaland) tidak akan mudah memilih sembarang klub setelah ia bermain di Dortmund. Saya bahkan tidak bisa memilih sepuluh klub. Itu hanya pernyataan biasa dari Raiola yang tidak pernah berhenti ia katakan,

“Kami senang punya Haaland di tim. Dia membuktikan diri sebagai pemain berharga kami. Saya hanya bisa bilang kami akan lanjut dengannya dan saya tidak merasa dia tidak bahagia di sini,” kata Zorc, dikutip dari Goal Internasional.

Mino Raiola boleh saja bersabda apa pun tentang Erling Haaland karena sang pemain adalah salah satu klien yang harus ia urus. Di sisi lain, Borussia Dortmund tentu berhak buka suara sebagai klub pemiliknya yang sah.

Patut dinanti apa yang akan terjadi pada Erling Haaland, mengingat namanya selalu saja muncul setiap bursa transfer pemain dibuka. Kontraknya di Borussia Dortmund baru akan berakhir pada musim panas 2024. 

Borussia DortmundMino RaiolaBola InternasionalSepak BolaErling Braut Haaland

Berita Terkini