x

4 Pelatih Calon Pengganti Stefano Pioli di AC Milan

Kamis, 4 Maret 2021 11:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Posisi Stefano Pioli tengah terdesak, sejumlah nama juru taktik pun menghiasai bursa pelatih anyar klub Liga Italia, AC Milan.

INDOSPORT.COM - Posisi Stefano Pioli tengah terdesak, sejumlah nama juru taktik pun menghiasai bursa pelatih anyar klub Liga Italia, AC Milan

AC Milan harus menelan pil pahit saat menjamu Udinese dalam lanjutan pekan ke-25 Serie A Liga Italia di Stadion San Siro, Kamis (04/03/21) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Rossoneri harus rela bermain imbang 1-1. 

Dengan hasil imbang ini, AC Milan gagal memepet Inter Milan di puncak klasemen. Tambahan satu angka membuat perolehan poin AC Milan menjadi 53 berselisih tiga poin dari Inter yang belum memainkan laga pekan ke-25. 

Baca Juga
Baca Juga

Hasil mengecewakan yang diraih Milan saat melawan Udinese menambah panjang derita klub di dua bulan terakhir. Dari enam laga terakhir yang dilakoni, Milan cuma sanggup meraih satu kemenangan. 

Performa AC Milan di awal tahun 2021 ini memang sangat kontras dengan apa yang mereka tunjukkan pada tahun 2020 lalu. Pada putaran pertama mereka tampil terkalahkan dan menjadi juara paruh musim. 

Sorotan tajam pun mengarah kepada Stefano Pioli. Tampak bahwa formasi dan strategi Pioli tak lagi ampuh untuk Milan. Lawan kini begitu mudah untuk menembus pertahanan Milan dan mencetak gol. 

Meski target Milan musim ini adalah lolos ke Liga Champions, namun hasil jeblok yang didapat Milan di bawah asuhan Stefano Pioli pada 2021 menjadi semacam sinyal tanda bahaya bagi manajemen. 

Para petinggi AC Milan pun diyakini bakal mulai memikirkan nama-nama calon pengganti Pioli untuk musim depan. Siapa saja kira-kira kandidatnya? Berikut ulasannya.

1. Daniele Bonera

Nama pertama yang patut masuk daftar ini tak lain adalah Daniele Bonera. Saat ini Daniele Bonera menjabat sebagai asisten pelatih AC Milan. 

Jika Stefano Pioli harus segera pergi, maka Daniele Bonera adalah yang paling berpeluang naik menggantikan. Beruntung bagi Bonera, musim ini ia sanggup unjuk gigi di depan manajemen Milan. 

Daniele Bonera pernah memimpin skuad AC Milan ketika Stefano Pioli harus menepi karena terpapar COVID-19. Dari tiga pertandingan yang dijalani, Bonera tampil tak terkalahkan dengan rincian dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Tentu itu bisa menjadi modal bagi dirinya untuk naik jabatan sebagai pelatih kepala AC Milan untuk musim depan.

2. Ralf Rangnick

Nama Ralf Rangnick pernah ramai menghiasi bursa calon pelatih anyar AC Milan pada awal musim lalu. Namun, namanya mendadak sirna setelah penampilan impresif Rossoneri di bawah Stefano Pioli. 

Namun, bukan berarti Ralf Rangnick kini hilang dari bursa calon pelatihnyar AC Milan. Bukan tak mungkin Rangnick kembali menjadi incaran I Rossoneri jelang musim depan. 

Tentu semua bergantung pada kerja Stefano Pioli di sisa musim ini. Jika benar Rangnick menjadi pelatih masa depan Milan, diyakini bakal sangat banyak perubahan yang akan dilakukan. 

Baca Juga
Baca Juga

Ralf Rangnick dikenal sebagai salah satu pelatih asal Jerman yang paling ikonik. Filosofi sepak bola menyerang milik Rangnick begitu masyhur di Bundesliga saat ia membesut RB Leipzig. Rangnick juga terkenal sebagai pelatih yang mampu mencetak bintang-bintang muda. 


1. 3. Marcelino Garcia

Marcelino Garcia Toral, mantan pelatih Valencia.

Negosiasi yang tak kunjung rampung antara Ralf Rangnick dengan AC Milan pada musim lalu pernah memunculkan nama alternatif pelatih baru, Marcelino Garcia.  

Juru taktik asal Spanyol, Marcelino Garcia Toral, digadang-gadang jadi incaran Milan berikutnya. Eks pelatih Valencia ini sebetulnya bukan nama baru dalam bursa calon pelatih Milan. 

Marcelino Garcia semakin dikenal saat menjadi pelatih klub papan atas LaLiga Spanyol, Valencia. Selama dua musim memegang Valencia (2017-2019), Marcelino sukses mengembalikan tim ke jajaran papan atas. 

Pada akhir musim 2017-2018 Marcelino membawa Valencia finis di peringkat empat klasemen akhir dan berhak atas tiket kompetisi Liga Champions Eropa. 

Pada musim 2018-2019, Marcelino berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey untuk El Che setelah mengalahkan Barcelona di final dengan skor 2-1. Di LaLiga, Valencia kembali finis di posisi keempat. 

Marcelino Garcia saat ini menjabat sebagai pelatih Athletic Bilbao. Teranyar, ia membawa Bilbao menjuarai Piala Super Spanyol. Kemampuan pelatih 55 tahun ini diyakini menghadirkan trofi untuk AC Milan. 

4. Pep Guardiola

Pep Guardiola (Manchester City) memberikan instruksi ke anak asuhnya

Klub raksasa Serie A Liga Italia, AC Milan, dikabarkan sempat ingin kembali membujuk pelatih Manchester City, Pep Guardiola, untuk menggantikan Stefano Pioli.

Menurut kabar yang dihimpun oleh sempremilan dari DonBalon pada awal Februari lalu, AC Milan begitu menginginkan Pep Guardiola oleh karena ambisi untuk terbang lebih tinggi di Italia dan Eropa.

Pep Guardiola diyakini sebagai sosok pemimpin yang mampu untuk menjalankan proyek besar dari manajemen Rossoneri. Ia sebelumnya telah sukses memenangkan kompetisi di Spanyol (Barcelona), Jerman (Bayern Munchen) dan Inggris (Manchester City).

Hal itu membuat Milan kepincut dan terus membujuk pelatih berusia 50 tahun tersebut. Akan tetapi Pep Guardiola masih memiliki kontrak di klub raksasa Liga Inggris, Manchester City hingga 2023 mendatang.

Sepertinya dalam waktu dekat ini AC Milan belum bisa mendaratkannya ke Italia. Apalagi Pep Guardiola masih berambisi membawa Manchester City memenangkan trofi pertama Liga Champions Eropa.

Meski begitu, nama Pep Guardiola tetap layak dimasukkan ke dalam daftar calon pelatih anyar klub raksasa Liga Italia, AC Milan, menggantikan Stefano Pioli. 

AC MilanPep GuardiolaDaniele BoneraStefano PioliMarcelino Garcia ToralLiga ItaliaTRIVIABerita Liga ItaliaRalf Rangnick

Berita Terkini

Berita Terpopuler