x

Pulang ke Barcelona? Guardiola: Tim Terbaik Dunia akan Bangkit Lagi

Kamis, 4 Maret 2021 07:56 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
Ucapkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona bakal segera kembali setelah pemilu, Pep Guardiola ingin tinggalkan Manchester City dan latih Lionel Messi cs lagi?

INDOSPORT.COM - Berbagai masalah menimpa raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, selepas kepergian Jose Maria Bartomeu, pemilu pun bakal dilaksanakan lagi. Ucapkan kata-kata ini, Pep Guardiola ingin pulang dan melatih Lionel Messi cs?

Setelah era kepelatihan Luis Enrique berakhir, El Barca tak lagi mampu menyabet status treble winners lima tahun terakhir. Masa kepemimpinan presiden saat itu pun digadang-gadang jadi salah satu penyebabnya terutama karena indikasi korupsi besar-besaran.

Baca Juga
Baca Juga

Bayangkan saja, baru-baru ini Bartomeu yang tersandung skandal Barcagate bersama ketua pelayanan legal klub, Roman Gomez Ponti, Oscar Grau, dan Jaume Masferrer, eks direktur terciduk oleh polisi. Setelah diduga terlibat, mereka malah bebas bersyarat.

Barcagate sendiri merupakan suatu tindakan ilegal yakni menggunakan kekuatan buzzer dari perusahaan media I3 Ventures menyerang berbagai publik figur seperti Messi, Guardiola, Xavi, Gerard Pique, dan Joan Laporta si mantan presiden.

Tak cuma hancurkan nama baik klub LaLiga Spanyol tersebut, Bartomeu sendiri menjadi alasan mengapa mantan tim yang dikelolanya terjerat hutang hingga 1,2 miliar euro (Rp20 triliun). Ia pun dipercaya sebagai biang keladi La Pulga bersikukuh ingin hengkang.

Baca Juga
Baca Juga

Ya, Messi nyaris hengkang bukan cuma karena pengusiran Luis Suarez yang didalangi Ronald Koeman, melainkan juga kesal dengan kepemimpinan mantan presidennya. Jika saja tak ada klausul rilis 700 juta euro (Rp12 triliun), ia sudah pindah tahun lalu.

Beragam masalah yang menimpa Barcelona ini pun mengundang keprihatinan luar biasa Guardiola yang kini menukangi Manchester City. Berikan komentar tak terduga, akankah ia ingin kembali pulang ke Camp Nou sekaligus jadi penyelamat di sana?


1. Pep Guardiola Ucapkan Barcelona akan Kembali Tangguh Usai Pemilu, Ingin Reuni?

Joan Laporta saat masih jadi presiden dan promosikan Pep Guardiola sebagai pelatih utama Barcelona.

Sebelum menukangi The Citizen, karier pelatih asal Spanyol itu bisa dibilang berkembang di Catalan, terbukti dengan 14 gelar juara dan diantaranya ialah treble winners. Menjadi pelopor taktik Tiki-Taka mematikan, Pep ungkap rasa kepeduliaannya.

"Bagi saya pribadi, klub terbaik dunia sedang dalam masalah dan yakin Barcelona bakal kembali tangguh dalam waktu singkat. Presiden baru akan memimpin dengan penuh percaya diri, saya sangat menantikan hasilnya nanti," ucap Guardiola dilansir AS.

"Satu hal yang saya tak sabar menunggu adalah satu minggu jelang pemilu, Barcelona sendiri sudah terlihat banyak masalah dan butuh pembimbing baru. Saya harap orang lain bisa menggunakan hak-haknya sebaik mungkin," tutupnya.

Pemilu pengganti Bartomeu sendiri akan mempertandingkan antara Victor Font, Toni Freixa, dan Joan Laporta yang jadi salah satu kandidat kuat pemenangnya. Adapun sosok presiden baru ini butuh lebih dari keajaiban untuk bisa menyelamatkan Barca.

Pep Guardiola nampak tetap betah di Manchester City meski ungkap Barcelona bakal kembali seperti sedia kala.

Laporta bisa jadi calon kuat presiden baru sekaligus penyelamat Barcelona yang makin tampil kurang meyakinkan. Bisa saja kembali punya jalinan kerjasama, Guardiola nampaknya masih belum ada rencana untuk kembali usai punya kontrak bareng Man City.

Manchester CityBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolPep GuardiolaJoan LaportaLiga SpanyolJosep Maria BartomeuSepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler