x

Duel Antarlini Juventus vs Lazio: Sengit di Tengah

Sabtu, 6 Maret 2021 14:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Membedah duel per lini laga big match pekan ke-26 Liga Italia antara tuan rumah Juventus vs Lazio, Minggu (07/03/21).

INDOSPORT.COM - Duel sengit akan tersaji pada pekan ke-26 Liga Italia antara Juventus vs Lazio. Salah satu duel klasik Serie A ini akan dimainkan di Allianz Stadium, Minggu (07/03/21) dini hari WIB. 

Bermain di kandang sendiri membuat Juventus asuhan Andrea Pirlo memiliki kans memenangkan pertandingan. Apalagi bila menang mereka bisa memangkas jarak dari penghuni posisi kedua AC Milan.

Pasukan Stefano Pioli sedang dalam performa buruk setelah pada pekan ke-25 ditahan imbang 1-1- oleh Udinese. Hal itu harus dimanfaatkan Juventus untuk bisa memangkas ketertinggalan poin.

Baca Juga
Baca Juga

Kini Cristiano Ronaldo masih bertengger di posisi ketiga klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi 49 poin dari 24 pertandingan. Bila Juve kalah atau imbang saat bersua Lazio, posisi mereka bisa digusur oleh Atalanta yang memiliki poin sama di posisi keempat.

Sementara itu, Lazio kini masih terjebak di urutan ketujuh klasemen Liga Italia dengan perolehan 43 poin dari 24 pertandingan. Ciro Immobile dkk baru saja meraih hasil negatif dalam dua pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Setelah dihajar Bayern Munchen dengan skor 1-4 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa, Lazio kemudian dipermalukan Bologna dengan skor 0-2 di kompetisi Serie A Italia

Duel antara Juventus vs Lazio menjanjikan tontonan menarik berkat kualitas skuad kedua tim. Seperti apa kedua kesebelasan ini akan bertarung dini hari nanti? Berikut ulasannya. 

FORMASI

Juventus 4-4-2
Lazio 3-5-2

KIPER

Pada laga ini kedua kesebelasan bisa menurunkan penjaga gawang terbaik mereka. Di kubu Juventus, nama Woljciech Szczesny masih akan diandalkan. 

Musim ini bukanlah musim terbaik Woljciech Szczesny di Juventus. Secara umum pertahanan Juventus memang tidak sebagus musim lalu. 

Meski begitu, secara statistik, catatan Woljciech Szczesny terbilang masih lebih unggul dari kebanyakan kiper Serie A. Dari total 26 penampilan di semua laga, Szcezsny telah kebobolan 24 gol dan sukses mencatatkan 8 clean sheet. 

Sementara itu, jika Juventus punya Szczesny, maka Lazio akan mempercayakan gawangnya ke tangan kiper senior, Pepe Reina. Penjaga gawang 38 tahun itu tampil sebanyak 25 kali di semua kompetisi dengan catatan kebobolan 33 kali kali dan hanya menorehkan 6 clean sheet. 

Meski secara statistik di bawah Szczesny, namun Reina memiliki pengalaman melimpah dalam menjaga mistar gawang Lazio. 

BEK

Kedua tim memainkan formasi yang berbeda di mana Juventus kembali menerapkan formasi 4-4-2 milik Andrea Pirlo. Sementara Lazio tak pernah berpaling dari formasi 3-5-2. 

Andrea Pirlo belakangan memang jadi suka memakai formasi 4-4-2 setelah sempat berganti-ganti formasi sejak awal kedatangannya. Pirlo seperti gengsi untuk mengikuti pendahulu-pendahulunya yang memakai formasi 4-3-3. 

Dalam formasi 4-4-2, Pirlo pun akan menggunakan skema empat bek. Sayang pada pos ini Pirlo harus kehilangan Bonucci dan Chiellini yang cedera. 

Sebagai gantinya, Juventus akan menduetkan Sandro dan Demiral di posisi bek tengah. Sementara posisi fullback akan ditugaskan kepada Bernardeschi (kiri) dan Danilo (kanan). 

Sementara itu, di kubu Lazio, pelatih Simone Inzaghi akan skema tiga bek di lini belakang. Sama seperti Juventus, Biancocelesti juga ditinggal sejumlah pilarnya di lini belakang karena cedera. 

Baca Juga
Baca Juga

Stefan Radu (bek kiri), dan Luiz Felipe (tengah) harus menepi karena cedera. Sebagai gantinya, Inzaghi terpaksa menggeser Acerbi ke kiri menggantikan Radu dan posisi tengah diberikan kepada bek pelapis, Hoedt. Untuk posisi kiri, Inzaghi masih akan mempercayakan kepada Patric. 


1. TENGAH

Juventus vs Lazio.

Pertarungan sengit akan tersaji di lini tengah. Juventus akan mengandalkan empat gelandang dengan karakter kuat. 

Mereka adalah Federico Chiesa di kiri, Rabiot dan McKennie di tengah, dan Cuadrado di kanan. Kekuatan dua sayap Juventus, Chiesa dan Cuadrado, akan sangat diandalkan di laga ini. 

Sebab, formasi 3-5-2 akan begitu dominan di sayap dalam membantu transisi menyerang dan bertahan. Jika Juventus bisa menekan di posisi ini, maka bisa dipastikan permainan Lazio pun akan terhambat. 

Untuk merespons Juventus, Lazio masih bertahan dengan skema lima gelandang mereka. Di posisi sayap, ada Akpro yang menggantikan Manuel Lazzari di kanan. Sementara di posisi kiri ada Marusic. 

Sedangkan untuk tiga gelandang tengah, Inzaghi kembali mempercayakan kepada Alberto, Leiva, dan Milinkovic-Savic. Jika dalam performa terbaik, para gelandang Lazio bisa menandingi gelandang-gelandang Juventus. 

DEPAN

Untuk posisi depan kali ini kedua tim sama-sama sepakat memasang duet striker. Di kubu Juventus, Pirlo akan memasang duet Dejan Kulusevski dan Cristiano Ronaldo. 

Sementara di tim Lazio, duet Ciro Immobile dan Angel Correa akan kembali menjadi andalan. Secara statistik, lini serang Lazio masih kalah tajam dibanding Juventus. 

Sejauh ini, Juventus telah mencetak 48 gol di Liga Italia. Sementara Lazio baru 32 gol. Walau begitu, kedua tim sama-sama memiliki sosok striker mematikan yang patut diwaspadai. 

Di kubu lazio ada Cristiano Ronaldo yang menjadi top skor Serie A dengan 20 gol. Sementara Ciro Immobile ada di posisi keempat dengan 14 gol. Jika bicara efektivitas gol, maka duet Ciro Immobile dan Angel Correa masih lebih bagus ketimbang Ronaldo dan Kulusevski. 

Cristiano RonaldoJuventusLazioLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini

Berita Terpopuler