x

Dari Legenda hingga Jelmaan Messi, Ini 4 Pemain Vietnam di Liga Jepang

Kamis, 15 April 2021 15:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
4 Pemain Vietnam di Liga Jepang.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu kekuatan besar sepak bola di Asia Tenggara, Vietnam sempat mengirim beberapa pemain mereka berkompetisi di Liga Jepang alias J.League. Dari Sang Legenda, Timnas Vietnam, Le Cong Vinh hingga Messi dari Vietnam, Nguyen Cong Puong sempat mewarnai J. League.

Bangkitnya sepak bola Vietnam dalam dua dekade terakhir beriringan dengan para pemain mereka yang mulai berkelana ke luar negeri, tak terkecuali Negeri Sakura.

Tak sebanyak Thailand yang pernah memiliki belasan pemain di gelaran J.League, tercatat sampai musim ini ada empat pemain asal Vietnam yang pernah berkompetisi di Jepang.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut ini empat pemain Vietnam yang pernah merasakan kerasnya atmosfer J.League:


1. 4 Pemain Vietnam di Liga Jepang

Le Cong Vinh (kiri) saat membela Timnas Vietnam menghadapi Timnas Indonesia.

1. Le Cong Vinh (Hokkaido Consadole Sapporo - 2013)

Legenda timnas Vietnam, Le Cong Vinh, adalah pemain pertama asal Vietnam yang mencicipi kerasnya Liga Jepang.
Hal ini terjadi pada 2013 setelah Le Cong Vinh sudah jadi bintang besar di negaranya, termasuk membawa timnas Vietnam juara Piala AFF 2008 dan juga jadi Pemain Terbaik Vietnam tiga kali.

Le Cong Vinh bergabung dengan Hokkaido Consadole Sapporo pada musim panas 2013, tim yang saat itu masih bermain di J2 League alias kasta kedua Liga Jepang.

Selama empat bulan di Jepang, Cong Vinh mencetak empat gol dalam 11 laga, dengan dua gol dan sembilan partai di antaranya ia jalani di J2 League, sisanya di Piala Kaisar.

2. Nguyen Cong Puong (Mito Hollyhock - 2016)

Tiga tahun setelah Le Cong Vinh, Vietnam akhirnya memiliki lagi pemain di J.League dalam diri Nguyen Cong Puong. Pemain berjuluk Messi dari Vietnam ini dipinjam Mito Hollyhock pada musim 2016, klub yang saat itu bermain di J2 League alias kasta kedua.

Meski sudah didatangkan sejak awal musim, pemain yang biasanya berposisi sebagai sayap kanan ini baru menjalani debutnya saat melawan Giravanz Kitasyushu pada bulan Mei 2016.

Sayangnya, ia tak banyak bermain dan lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan atau bahkan tak masuk dalam skuad yang berlaga.
Total, Cong Puong hanya bermain lima kali di J2 League dan dua kali di Piala Kaisar, tanpa pernah mencetak gol.

Baca Juga
Baca Juga

3. Nguyen Tuan Anh (Yokohama FC – 2016)

Tuan Anh dipinjam oleh Yokohama FC yang saat itu juga berlaga di J2 League alias kasta kedua. Sayangnya, petualangan Tuan Anh di Jepang tak lebih sukses dari Cong Puong.

Tuan Anh sama sekali tak bermain di J.League sepanjang musim, ia bahkan hanya satu kali berada di daftar pemain cadangan, dengan sisanya tak masuk dalam skuad yang berlaga.

Ia hanya dua kali bermain di Piala Kaisar, dengan laga ronde ketiga melawan Nagano Parceiro jadi laga terbaiknya di Jepang.

4. Dang Van Lam (Cerezo Osaka – 2021)

Dang Van Lam sempat tampil apik bersama klub Liga Thailand, Muangthong United, selama satu setengah musim sejak 2019 lalu.

Pada awal 2021, setelah perseteruan kontrak dengan klubnya, FIFA memperbolehkan Dang Van Lam untuk mencari klub baru. 

Ia kemudian dikontrak oleh klub Meiji Yasuda J1 League, Cerezo Osaka. Hal ini membuat Dang Van Lam jadi pemain Vietnam pertama yang akan berkompetisi di kasta teratas Liga Jepang, dengan tiga pemain sebelumnya bermain di kasta kedua.

Sayang, jalan Dang Van Lam menuju J1 League tak bisa dibilang mulus. Karena pandemi, aturan ketat dilakukan Jepang soal orang asing yang ingin masuk ke Negeri Sakura.

Van Lam bersama banyak pemain asing lainnya tertahan dan tak bisa masuk ke Jepang, ia akhirnya baru bisa mendarat di sana pada awal April lalu, setelah ada izin khusus untuk para pemain asing J.League.

VietnamJ-LeagueLiga IndonesiaTimnas VietnamLiga Jepang

Berita Terkini