x

Gacor di Piala Menpora, 4 Pemain Ini Layak Debut di Timnas Indonesia

Selasa, 20 April 2021 15:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Senior Indonesia akan segera menggelar TC di bulan mei sebagai persiapan sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona asia.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia mulai menggeliat dengan hadirnya Piala Menpora 2021, setelah vakum setahun terakhir akibat pandemi. Beberapa pemain pun tampil bagus dan layak dipertimbangkan untuk dipanggil ke Timnas senior Indonesia.

INDOSPORT mengamati ada empat pemain yang tampil bagus selama Piala Menpora dari babak penyisihan grup hingga semifinal. Empat nama ini belum sekalipun mencicipi atau mengenakan jersey Timnas Indonesia dan patut dipertimbangkan pelatih Shin Tae-yong.

Apalagi, dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan guna menjalani tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga
Baca Juga

Lantas siapa saja pemain yang layak diberi debut di Timnas Indonesia? Berikut ulasannya.


1. 4 Pemain yang Layak Dipanggil

Kiper muda PSM Makassar, Hilmansyah salah satu pemain di Piala Menpora yang disebut layak dipanggil Timnas Indonesia.

Assanur Rijal 'Torres'

Pemain mungil ini mencuri perhatian di Piala Menpora 2021 karena menempati top skor sementara dengan empat gol. Menariknya, catatan itu ditorehkan dalam tiga laga di babak penyisihan Grup D.

Penempatan posisi dan sundulan maut jadi keunggulan pemain bertinggi 165cm itu. Rijal bahkan disebut mewarisi gaya sundulan legenda Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas oleh salah satu pundit sepak bola nasional.

Catatan Statoskop.id menempatkan Rijal Torres sebagai pemain dengan akurasi tembakan terbaik di babak grup Piala Menpora yakni mencapai 86 persen.

Sebelum moncer di pramusim tahun ini, Rijal Torres sejatinya sudah menunjukan ketajaman sejak bersama Aceh United di Liga 3 dan Persiraja di Liga 2 2019 lalu (topskor klub 12 dengan gol).

Dengan penampilan yang memukau di pramusim, dia layak diberi kesempatan pertama untuk bergabung ataupun seleksi di Timnas Indonesia dalam waktu dekat ataupun masa mendatang. Tapi, semua hal di atas bukan jaminan karena pelatih Timnas, Shin Tae-yong punya penilaian tersendiri.

Marc Klok

Pemain naturalisasi ini jadi nyawa penting di lini tengah Persija Jakarta di Piala Menpora 2021. Ia tak tergantikan dalam enam laga dari babak grup hingga semifinal dan mencetak satu gol serta dua assist.

Klok sudah menunjukan kelasnya sebelum bersama Persija yakni di PSM Makassar sejak 2017-2019 lalu. Ia menorehkan 14 gol dan mengantarkan PSM juara Piala Indonesia 2018.

Klok pernah bermain bersama beberapa klub di Eropa seperti di Belanda, Inggris dan Skotlandia sehingga pengalamannya akan sangat berguna jika dia dipanggil membela Timnas Indonesia. Pemain 28 tahun itu juga handal dalam bertahan maupun menyerang, yang jadi kelebihan yang bisa dipertimbangkan pelatih Timnas, Shin Tae-yong.

Baca Juga
Baca Juga

Hilmansyah

Kiper milik PSM Makassar ini jadi aktor paling krusial selama Piala Menpora 2021. Ketangkasan di bawah mistar gawang dan handal dalam adu penalti jadi atribut paling menonjol bagi Hilmansyah.

Pemain 23 tahun itu patut dipertimbangkan pelatih Shin Tae-yong untuk masuk ke Timnas Indonesia di masa sekarang ataupun nanti. Hilmansyah pernah dipanggil seleksi ke skuat Timnas U-22 pada 2019 lalu tapi terpaksa dicoret karena cedera.

Hilmansyah pernah membawa PSM meraih gelar juara Piala Indonesia 2018. Kini, ia jadi kiper utama setelah sebelumnya bergantian posisi dengan Rivky Mokodompit.

Frets Butuan

Gelandang sayap Persib Bandung ini tampil apik di Piala Menpora 2021 dengan torehan tiga gol dan dua assist. Catatan Statoskop.id juga menempatkan Frets sebagai pemain kunci atau punya akurasi umpan kunci terbaik.

Frets sudah menarik perhatian sejak membela PSMS Medan baik di Liga 2 dan Liga 1. Kecepatan dan insting mencetak gol yang tinggi jadi kelebihan pemain yang juga tercatat anggota TNI aktif itu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa memanggilnya untuk memberikan persaingan di posisi gelandang sayap. Pemain 24 tahun itu juga cukup sigap dalam membantu pertahanan sehingga patut dipertimbangkan tim pelatih skuat Garuda.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala MenporaMarc KlokHilmansyahShin Tae-yong

Berita Terkini

Berita Terpopuler