x

Duel Antarlini Barcelona vs Atletico Madrid: Dua Tim Lawan Sepadan

Sabtu, 8 Mei 2021 11:01 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
Memiliki materi pemain yang nyaris sepadan di setiap lini akan membuat laga antara Barcelona dan Atletico Madrid ini diprediksi bakal berjalan sangat alot.

INDOSPORT.COM – Duel sengit antara Barcelona dan Atletico Madrid akan tersaji dalam laga lanjutan LaLiga Spanyol pekan ke-35, Sabtu (08/05/21) malam ini.

Berlangsung di Camp Nou, Barcelona akan menjamu Atletico Madrid dalam laga panas perburuan gelar juara LaLiga Spanyol 2020/21.

Baca Juga
Baca Juga

Laga ini menjadi laga yang menentukan bagi kedua tim. Kemenangan untuk Atletico Madrid akan membuat posisi mereka paten di puncak klasemen.

Sementara kemenangan untuk Barcelona akan membuat mereka mengkudeta Los Rojiblancos di puncak klasemen untuk memperbesar kans mereka menjadi kampiun LaLiga Spanyol musim ini.

Kedua tim akan bertemu membawa inkonsistensi performa dalam lima laga terakhir di LaLiga Spanyol. Atletico Madrid sebagai tim tamu diketahui memiliki catatan yang lebih baik daripada Barcelona.

Anak asuh Diego Simeone tercatat mengantongi tiga kemenangan dengan satu kekalahan dan satu hasil imbang. Bandingkan dengan skuad Ronald Koeman yang mencatatkan tiga kemenangan dengan dua kekalahan.

Unggul dalam statistik pada lima laga terakhir di LaLiga Spanyol tidak menjadikan Atletico Madrid lebih baik dari Barcelona. Kedua tim diketahui memiliki materi pemain yang nyaris setara di setiap lininya.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan antar lini dari Barcelona dan Atletico Madrid yang dirangkum oleh redaksi INDOSPORT:

Kiper

Kedua tim diketahui memiliki kiper yang sama-sama diakui sebagai kiper terbaik di LaLiga Spanyol. Bahkan kedua penjaga gawang tersebut juga masuk ke dalam daftar 10 kiper terbaik dunia versi Four Four Two tahun 2020 silam.

Jan Oblak, tembok kokoh pertahanan terakhir Atletico Madrid ini diakui sebagai salah satu yang terbaik di posisinya. Ia merupakan penjaga gawang terbaik di dunia dalam daftar bikinan Four Four Two, mengalahkan Marc-Andre ter Stegen yang ‘hanya’ bisa berada di posisi ketiga.

Baca Juga
Baca Juga

Penampilan keduanya di bawah mistar akan menentukan hasil akhir dalam laga sengit antara Barcelona dan Atletico Madrid ini.

Jan Oblak dengan 17 kali clean sheets dalam 34 pertandingan LaLiga Spanyol akan beradu solid dengan Ter Stegen yang ‘hanya’ mampu mencatatkan 10 kali clean sheets dalam 28 pertandingan LaLiga Spanyol musim ini.


1. Pertahanan Atletico Madrid Jempolan, Barcelona Imbangi di Lini Tengah

Atletico Madrid diketahui memiliki pertahanan jempolan, sementara Barcelona memiliki lini tengah yang tak kalah kualitasnya dengan tim tamu.

Bek

Di jantung pertahanan, Atletico Madrid memiliki sosok bek yang lebih mumpuni dari Barcelona. Catatan 22 kebobolan yang juga menjadi catatan kebobolan paling sedikit di LaLiga Spanyol sepanjang musim ini adalah buktinya. Bandingkan dengan catatan kebobolan Barcelona yang mencapai angka 33.

Barisan belakang Barcelona dalam skema tiga bek a la Ronald Koeman yang biasa diisi oleh Gerard Pique, Clement Lenglet, dan Ronald Araujo terbukti lebih rapuh. Ketiga bek andalan Barcelona itu juga terbukti memiliki kualitas di bawah barisan bek Atletico Madrid.

Tim tamu diyakini masih akan mengandalkan ketangguhan Stefan Savic dalam menggalang pertahanan di lini belakang Atletico Madrid.

Batu karang asal Serbia itu merupakan salah satu aktor kunci di balik ketangguhan lini pertahanan Los Rojiblancos musim ini.

Gelandang

Duel seru akan terjadi di lini tengah. Jika gelandang Barcelona lebih difungsikan sebagai kreator serangan, lain cerita pada barisan gelandang Atletico Madrid yang terlihat seperti sekumpulan pasukan Sparta yang siap bertarung habis-habisan demi mempertahankan wilayahnya dari serangan pasukan Persia.

Sebagai kreator, para gelandang Barcelona di bawah komando Frenkie de Jong bertugas untuk menjaga suplai aliran bola agar tetap lancar mengalir ke lini serang mereka.

Hasilnya, catatan 80 gol yang juga merupakan catatan gol terbanyak di LaLiga musim ini menjadi kontribusi nyata yang diciptakan oleh De Jong dkk.

Sementara barisan Spartan pimpinan Koke di lini tengah Atletico Madrid memiliki tugas primer untuk memotong suplai bola lawan untuk kemudian menginisiasi serangan balik cepat sesuai dengan instruksi Diego Simeone.

Hasilnya tak buruk, Marcos Llorente (10 assists) dan Yannick Carrasco (8 assists) menjadi dua nama pemain Atletico Madrid yang bertengger di dalam daftar lima besar assists terbanyak LaLiga Spanyol musim ini.


2. Adu Tajam Messi dan Suarez

Lionel Messi dan Luis Suarez saat masih menjadi duet maut di Barcelona.

Penyerang

Di sektor ini semua mata akan tertuju pada duel antara Lionel Messi dan Luis Suarez. Messi yang berada di urutan teratas dalam daftar top skor sementara LaLiga Spanyol musim ini dengan 28 gol akan beradu tajam dengan Luis Suarez yang ada di posisi keempat dalam daftar top skor sementara dengan 19 gol.

Di kubu tuan rumah, Messi adalah mesin serangan Barcelona. Nyaris seperempat gol Barcelona tercipta dari aksi briliannya di atas lapangan. Ia merupakan top skor sekaligus top assists Barcelona musim ini.

Sementara hal berbeda terjadi di Atletico. Luis Suarez di ujung tombak berperan sebagai finisher sejati yang bertugas mencetak gol ke gawang lawan.

Atletico lebih unggul di sektor ini mengingat mereka memiliki beberapa pemain kreatif seperti Joao Felix dan Angel Correa yang tak hanya piawai mengancam gawang lawan, tetapi juga andal menciptakan peluang.

Sesuatu yang tak dimiliki oleh Barcelona yang terlalu bergantung pada ketajaman serta kreativitas milik Lionel Messi seorang.

Atletico MadridBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLuis SuarezMarc-Andre ter StegenJan OblakLiga SpanyolFrenkie de Jong

Berita Terkini

Berita Terpopuler