x

Hitung-hitungan Peluang Juara LaLiga 2020-2021: Atletico Panik, Barcelona Salip Duo Madrid?

Sabtu, 8 Mei 2021 10:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pekan panas akan tersaji pada pekan ke-35 LaLiga Spanyol 2020-2021, bagaimana hitung-hitungan juara keempat tim teratas? peluang Juara LaLiga 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Pekan panas akan tersaji pada pekan ke-35 LaLiga Spanyol 2020-2021. Bak laga final, akhir pekan ini akan sangat menentukan persaingan gelar juara LaLiga Spanyol. 

Bagaimana tidak, empat tim teratas liga akan saling berhadapan satu sama lain. Tim peringkat ketiga, Barcelona, akan bersua dengan pemuncak klasemen, Atletico Madrid. 

Di lain tempat, klub penghuni posisi kedua akan ditantang tim peringkat keempat, Sevilla. Ketatnya perolehan poin keempat tim menjadikan petarungan pekan ke-35 spesial. 

Baca Juga
Baca Juga

Saat ini peringkat pertama dan keempat hanya berjarak enam poin. Atletico untuk sementara memimpin di puncak dengan 76 poin diikuti oleh rival sekota, Real Madrid dengan 74 poin. 

Kemudian di posisi ketiga ada Barcelona yang juga mengumpulkan 74 poin. Terakhir, di posisi keempat, ada Sevilla yang siap mengancam dengan 70 poin. 

Kompetisi LaLiga tinggal menyisakan empat laga lagi (12 poin diperebutkan). Itu artinya, kemenangan alias tiga poin akan sangat berharga bagi para pemenangnya di pekan ke-35 ini.

Untuk membahas dengan lengkap hitung-hitungan LaLiga musim 2020-2021, berikut kami telah siapkan perhitungan peluang juara tiap tim.

Atletico Madrid

Atletico Madrid jelas menjadi tim yang paling di atas angin dalam perburuan gelar musim ini. Sebab, mereka bisa bergantung pada diri sendiri untuk bisa memastikan gelar juara LaLiga Spanyol 2020-2021. 

Atletico saat ini memimpin dengan selisih dua poin dari tim peringkat kedua dan ketiga. Meski begitu, perjuangan mereka untuk mempertahankan posisi di puncak tidaklah mudah. 

Sebab, mereka masih harus berhadapan dengan tim kuat, Barcelona, pada pekan ke-35 ini. Jika mereka kalah, maka bisa dipastikan posisi puncak klasemen akan direbut oleh Barcelona atau Real Madrid. 

Jika yang terjadi demikian, maka Atletico harus bergantung pada hasil tim lainnya di tiga laga tersisa sambil berkonsentrasi memenangkan tiap laga. 

Pemandangan pertandingan LaLiga Spanyol antara Villarreal vs Atletico Madrid, Minggu (28/2/21).

Namun begitu, Atletico bukan tanpa peluang. Benar bahwa kekalahan atas Barcelona akan berisiko besar untuk Atletico. 

Akan tetapi, perjumpaan melawan Barcelona juga bisa dijadikan momen kunci untuk untuk Los Rojiblancos mengamankan gelar juara LaLiga 2020-2021. Ya, jika menang melawan Barcelona, maka Atletico akan memimpin dengan 79 poin, berselisih enam angka dengan Barca. 

Dengan sisa tiga laga, akan sulit bagi Barca memangkas jarak poin tersebut. Satu-satunya saingan terberat Atletico jika berhasil mengalahkan Barca adalah Real Madrid. Itu pun dengan syarat Real Madrid bisa menumbangkan Sevilla pekan ini. 

Jika Barca berhasil diatasi, maka perjuangan Atletico merebut gelar juara bak jalan tol. Sebab tiga lawan mereka berikutnya adalah tim-tim yang di atas kertas bisa dikalahkan. Mungkin Atletico harus lebih berwaspada dengan Real Sociedad. 

Jadwal 4 Pekan Tersisa Atletico Madrid
vs Barcelona (08/05/21) (A)
vs Real Sociedad (13/05/21) (H)
vs Osasuna (16/05/21) (H)
vs Real Valladolid (23/05/21) (A)

Real Madrid

Real Madrid harus membayar mahal kegagalan mereka meraih poin maksimal pada pekan ke-32 dan 33. Hasil imbang yang diraih melawan Betis dan Getafe membuat skuad asuhan Zinedine Zidane kehilangan empat poin berharga. 

Saat ini Madrid masih harus menguntit Atletico di posisi kedua klasemen dengan 74 poin (selisih 2 angka dari Atletico). Maka dari itu, Sergio Ramos dkk tak boleh lagi buang-buang poin jika ingin meraih gelar juara liga musim ini. 

Dibanding Barca dan Atletico, performa Real Madrid di liga terbilang yang paling baik. Mereka belum terkalahkan sejak pekan ke-22 dengan meraih 9 kemenangan dan 4 imbang. 

Los Blancos bertekad melanjutkan tren positif ini hingga akhir musim. Jika Madrid mampu mepertahankan performa mereka dan di waktu bersamaan Atletico tumbang dari Barcelona di pekan ke-35, maka peluang El Real merengkuh gelar juara menjadi lebih besar. 

Pertandingan El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona pada lanjutan pekan ke-30 LaLiga Spanyol 2020-2021.

Sayangnya, perjuangan Los Blancos masih akan cukup terjal. Sebab mereka masih harus bersua dengan empat tim kuda hitam di sisa pertandingan LaLiga musim ini. Mereka adalah Sevilla, Granada, Bilbao, dan Villarreal. 

Seperti diketahui, keempat lawan Madrid tersebut merupakan tim-tim pembunuh raksasa musim ini. Sevilla bahkan mampu bersaing dalam perburuan gelar. 

Begitu pun dengan Villarreal yang tembus ke final Liga Europa. Keempat tim memiliki potensi untuk menahan imbang atau bahkan memberikan kekalahan bagi El Real. 

Akan sangat rentan bagi Real Madrid untuk terpeleset. Maka dari itu, kemenangan atas Sevilla adalah harga mati karena di pekan yang sama Atletico bisa saja kalah dari Barcelona. 

Baca Juga
Baca Juga

Jika seri atau kalah di pekan ke-35, maka El Real harus bekerja ekstra keras untuk bisa sapu bersih di tiga laga sisa. Jika tidak, Real Madrid harus merelakan gelar liga musim ini dan bahkan berpotensi finis di posisi ketiga.   

Jadwal 4 Pekan Tersisa Real Madrid
vs Sevilla (10/05/21) (H)
vs Grabada (14/05/21) (A)
vs Bilbao (16/05/21) (A)
vs Villarreal (23/05/21) (H)


1. Barcelona

Ousmane Dembele (kiri) merayakan gol ke gawang lawan dalam laga pekan ke-29 LaLiga Spanyol antara Barcelona vs Valladolid.

Barcelona adalah tim paling mengejutkan di empat besar LaLiga musim ini. Memulai musim dengan sangat lambat, Barca tahu-tahu sudah berada di jalur persaingan juara. Blaugrana kini tinggal berselisih dua angka saja dari Real Madrid. 

Situasi ini jelas tidak akan disia-siakan oleh pasukan Ronald Koeman. Mereka akan mengerahkan segala kemampuan untuk mencapai kejayaan yang mereka rintis dengan susah payah musim ini. 

Melihat performa Lionel Messi dkk, target itu semestinya bisa dipenuhi. Skuad asuhan Ronald Koeman sukses mengemas 17 kemenangan, 3 imbang, dan hanya 2 kali kalah dari 22 laga terakhir LaLiga Spanyol. 

Itu artinya, cukup dengan menjaga standar permainan, Barca bisa menyelesaikan musim ini dengan baik. Hanya saja, mereka masih harus mewaspadai pertarungan di pekan ke-35 ini. 

Sebab lawan yang mereka hadapi adalah Atletico Madrid. Musim ini Barcelona tidak begitu dominan kala berjumpa tim-tim papan atas atau kuda hitam.

Barcelona mencatatkan dua kekalahan dari dua perjumpaan kandang-tandang melawan Real Madrid musim ini. Blaugrana juga kalah dari Atletico Madrid pada perjumpaan di putaran pertama. 

Itu artinya kekuatan Barca untuk membendung para tim tiga besar masih belum cukup. Namun begitu, Ronaldo Koeman diyakini akan mengevaluasi hal ini. 

Apalagi, laga melawan Atletico pekan ini akan sangat menentukan persaingan juara mereka. Meskipun sulit, Barca akan melakukan segala upaya untuk bisa mengalahkan Atletico Madrid dan merebut puncak klasemen. 

Jika gagal, maka Barca akan terpisah enam poin dari pemuncak klasemen dan siap mengatakan selamat tinggal dengan gelar LaLiga, 

Jadwal 4 Pekan Tersisa Barcelona
vs Atletico (08/05/21) (H)
vs Levante (12/05/21) (A)
vs Celta Vigo (16/05/21) H)
vs Eibar (23/05/21) (A)

Sevilla

Meski kerap tak diperhitungkan, namun Sevilla nyatanya masih berpeluang merebut gelar musim ini. Wakil dari Andalusia itu secara matematis masih bisa merebut gelar juara. 

Meski kenyataannya cukup sulit lantaran selisih enam poin dari pemuncak tidaklah sedikit. Namun begitu, nasib Sevilla bisa berputar 180 derajat bergantung pada hasil pekan ke-35 ini. 

Tim pemuncak klasemen, Atletico, harus bersua lawan kuat Barcelona. Peluang Atletico untuk kalah cukup besar. 

Jika Atletico kalah, ini bisa jadikan kesempatan emas bagi Sevilla untuk memangkas poin. Namun ada syarat lain yang mesti dipenuhi dan mungkin akan jadi syarat terberat. 

Laga antara Sevilla vs Atletico Madrid di pekan ke-29 LaLiga Spanyol, Senin (05/04/21) dini hari WIB.

Sevilla harus bisa menundukkan tuan rumah, Real Madrid, pada pekan ke-35. Jika skenario terbaik yang terwujud, maka Sevilla tinggal berselisih empat poin saja dengan pemuncak yang dikuasai oleh Barcelona. 

Dengan 9 poin yang masih bisa diperebutkan, Sevilla bisa berjuang hingga akhir musim. Namun, jika skenario terburuk yang terjadi, Sevilla harus mengucapkan selamat tinggal kepada gelar juara. 

Kekalahan atas Real Madrid berpotensi memperlebar jarak poin dengan Atletico Madrid menjadi 9 angka (jika Atletico menang) atau 7 angka dengan Barcelona (jika Barca menang). Dengan pekan yang tinggal menyisakan tiga laga, maka sangat sulit bagi Sevilla bisa menyalip ke puncak, apalagi masih ada Real Madrid. 

Jadwal 4 Pekan Tersisa Sevilla

vs Real Madrid (10/05/21) (A)
vs Valencia (13/05/21) (H)
vs Villarreal (16/05/21) (A)
vs Alaves (23/05/21) (H)

Real MadridAtletico MadridBarcelonaLaLiga SpanyolSevillaLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini

Berita Terpopuler